Wed. Nov 30th, 2022

Pembangunan infrastruktur yang merata merupakan salah satu faktor penting pada kemajuan suatu negara. Indonesia pun menjadi salah satu negara yang sudah melakukan pengembangan infrastruktur pada berbagai sektor operasional untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik. oleh sebabnya hingga kini pembangunan infrastruktur masih terus dikembangkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal di masa depan.

Salah satu lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia yang fokus pada sektor infrastruktur adalah PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Lembaga pembiayaan ini berdiri di bawah Kementerian Keuangan Indonesia di mana seluruh modalnya dimiliki oleh negara. Kehadirannya tentu telah memberikan banyak keuntungan bagi berbagai pihak, khususnya dalam pengadaan infrastruktur di berbagai wilayah.

Apa saja keuntungannya? Simak ulasannya di bawah ini.

Memiliki Produk Pembiayaan yang Inovatif

Keuntungan pertama adalah lembaga pembiayaan pembangunan infrastruktur sendiri memiliki produk pembiayaan yang inovatif. Hal tersebut diberikan oleh PT SMI kepada pemerintah maupun swasta yang membutuhkan dana untuk membangun proyek-proyek infrastruktur. Pemberian produk pembiayaan inovatif tentunya akan membuat pengerjaan pembangunan pun dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Bunga Kompetitif

PT SMI sebagai lembaga pembiayaan tentunya telah menawarkan berbagai jenis kemudahan untuk membuat pemerintah maupun swasta merasa lebih mudah dalam membangun infrastruktur. Salah satunya dengan memberikan bunga yang kompetitif. Keuntungan satu ini tentunya akan membuat para pemilik kepentingan bisa mendapatkan pendanaan yang fleksibel dengan bunga yang cukup terjangkau. Selain itu, tenor yang diberikan pun cukup panjang (> 5 tahun).

Proses Pembangunan Proyek Bisa Berlangsung Cepat

Tahukah Anda bila kehadiran lembaga pembiayaan seperti PT SMI ini dapat membuat proses pembangunan proyek menjadi lebih cepat dilakukan? Ya, hal ini dikarenakan proyek dipastikan tidak akan kekurangan dana dan bisa selesai sesuai dengan rencana yang sudah dirancang. Maka dari itu peran lembaga pembiayaan seperti ini sangat penting dalam pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah. Sebab pembangunannya dapat dilakukan dengan cepat karena pembiayaan yang optimal.

Meningkatkan Perekonomian Daerah

Infrastruktur tentunya akan membuat perekonomian setiap daerah menjadi lebih meningkat. Mengapa demikian? Sebab dengan infrastruktur yang memadai berbagai kegiatan perekonomian pun akan semakin cepat untuk dilakukan. Hal inilah yang akan membuat pendapatan per kapita masing-masing daerah menjadi lebih meningkat bila memiliki infrastruktur yang memadai. Maka dari itu pemerintah daerah perlu membangun dan mengembangkan infrastruktur agar bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi negara.

Nah, itulah ragam keuntungan dari kehadirannya lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia seperti PT Sarana Mitra Infrastruktur (Persero). Lembaga ini memang memiliki tugas utama untuk memberikan pendanaan atau pembiayaan pada pengerjaan proyek infrastruktur di berbagai wilayah. Maka dari itu kehadirannya pun mampu memberikan dampak besar bagi pembangunan Indonesia, khususnya pada sektor infrastruktur.