Sun. Dec 4th, 2022

Jika bunda suka mengkonsumsi masakan Sunda, pasti tidak asing dengan lalapan yang bernama leunca. Hadir bersamaan dengan sayuran hijau lainnya, leunca akan memberikan sensasi saat dimakan bersama teman makan lainnya, terutama saat dicocolkan dengan sambal yang menggugah selera.

Meski banyak yang memakannya secara mentah sebagai lalapan, ada juga yang memasukkannya ke dalam masakan untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat. Selain itu, banyak negara yang sudah merasakan manfaatnya secara tradisinal dan turun temurun untuk kesehatan.

3+ Khasiat Sayur Leunca

  1. Pencegahan Kanker

Penyakit Kanker sering dianggap sebagai salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi semua orang. Solasonine, solasodine, solamargine, dan juga solanine di dalam leunca diklaim dapat mencegah terjadinya sel kanker yang tidak dapat terkendali.

  1. Menghilangkan Rasa Sakit

Manfaat paling umum yang dirasakan saat mengkonsumsi leunca yaitu kekuatannya untuk meningkatkan kekebalan dan juga kemampuan yang menghilangkan rasa sakit karena mengurangi peradangan dan juga pembengkakan di dalam tubuh.

  1. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Biji buah leunca hitam yang dikeringkan secara alami dengan udara dan juga matahari terbuka, dan kemudian akan dijadikan sebagai bubuk serta dicampur dengan susu dan diminum pada malam hari, akan membuat seseorang tidur akan lebih nyenyak.

Baca Juga: Khasiat Buah Nangka Madu

By Drajad