• Wed. Dec 2nd, 2020
Kombinasi Tepat Untuk Memberikan Makanan Gizi Seimbang Pada Anak

Tumbuh kembang si kecil begitu cepat, tidak terasa kalau sudah memasuki babak baru dalam kehidupannya. Dalam tahap ini Anda selaku orang tua harus memikirkan beberapa asupannya dan memberikan makanan gizi seimbang. Fungsinya untuk mendukung perkembangan mental dan kognitif pada si kecil agar menjadi anak yang sehat dan cerdas nantinya.

Berdasarkan informasi dari berbagai penelitian medis, menyebutkan bahwa perkembangan dan pertumbuhan balita tidak secepat pada saat mereka menginjak satu tahun pertama. Atas hal tersebut Anda harus memperhatikan kebutuhan gizi yang sehat untuk membantunya agar dapat lebih optimal. Berikut ini pembahasan mengenai makanan yang sehat dan penuh gizi.

Kombinasi Makanan yang Tepat

Untuk mendapatkan semuanya secara terukur dan jelas Anda harus memperhatikan kombinasinya, supaya dapat memberikan hasil yang maksimal. Ada beberapa hal yang perlu Anda simak, diantaranya sebagai berikut.

Porsi Sayuran

Untuk anak yang masih dibawah lima tahun, Anda harus memberikan porsi sayuran yang tepat. Dari berbagai info yang didapatkan, Anda bisa mencampurkan berbagai sayuran yang ada agar mendapatkan hasil yang tepat. Jumlah yang harus Anda berikan dalam sehari itu lebih baik untuk diatas dari 3 porsi agar mendapatkan hasil yang optimal.

Anda bisa melakukannya dengan mencampurnya sesuai dengan kebutuhan, dalam hal ini Anda dapat mencampurnya dengan dedaunan, jus, dan potongan mentah dari berbagai sayuran. Anda dapat memasak terlebih dahulu dan langsung memberikan secara mentah. Tetapi kami sarankan lebih baik untuk dimasak dulu saja.

Memilih Buah

Buah menjadi makanan yang baik dan sehat untuk tubuh, karena terkandung beberapa vitamin dan nutrisi yang memberikan manfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Hal inilah Anda harus memperhatikan konsumsi buah pada anak. Usahakan konsumsi setiap hari dengan takaran dan porsi yang yang pas agar mendapatkan hasil maksimal, biasanya lebih dari 2 kali sehari.

Anda dapat mengkombinasikannya dengan beberapa jenis buah-buahan, baik itu pisang, anggur, pir, dan apel. Semuanya memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tentunya mempunyai banyak manfaat. Hal inilah kenapa buah-buahan menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Protein dan Karbohidrat

Hal berikutnya yang penting untuk dilakukan adalah dengan memenuhi karbohidrat dan protein untuk tubuh si kecil. Dalam hal ini Anda dapat dengan mudah menemukan karbohidrat, baik itu didapatkan dari nasi, roti, dan berbagai lainnya. Untuk porsinya Anda dapat dengan menyajikan antara 6 sampai 10 setiap harinya.

Lalu untuk kebutuhan protein agar mendapatkan hal seimbang, Anda dapat menyajikan untuk si kecil antara lebih dari 2 porsi per hari. Untuk mendapatkan kandungan protein, Anda sangat mudah untuk mendapatkannya baik dari kacang-kacangan, telur atau lain sebagainya.

Susu dan Berbagai Produk Olahan

Produk berikutnya yang dapat dipilih untuk memenuhi nutrisi dan gizi pada si kecil, Anda dapat memilih susu dan produk olahan lainnya. Hal ini mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat untuk balita.

Demikianlah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan manfaat dalam memilih makanan gizi seimbang untuk si kecil.