• Tue. Mar 2nd, 2021

Kriteria Tabungan Anak Terbaik

Bystarwarsgaming

Jan 23, 2021

Sebelum memilih tabungan anak terbaik, Anda perlu mengetahui kriteria apa yang bisa membuat tabungan anak terbaik. Berikut adalah beberapa tip menabung terbaik untuk anak-anak yang perlu diingat.

1. Jumlah Setoran Awal Kecil

Layaknya membuka rekening tabungan pada umumnya, saat membuka rekening tabungan anak, pihak bank akan meminta uang yang akan dijadikan setoran awal. Jumlah setoran awal yang diminta umumnya lebih kecil dari simpanan biasa, tetapi setiap bank memiliki jumlah setoran awal yang berbeda. Pilih bank yang membutuhkan setoran awal terkecil. Hal ini agar simpanan awal bisa diisi dengan simpanan sendiri sehingga merasa bangga memiliki simpanan sendiri.

2. Jumlah Saldo Minimum

Ada beberapa bank yang menentukan saldo minimum yang harus ditabung dan ada yang tidak. Jadi, lebih baik Anda mengetahui hal ini agar Anda tidak bertindak salah dan kalah. Biasanya, bank yang memiliki saldo minimum ditentukan akan dikenakan biaya jika saldo anak Anda di bawah saldo minimum yang ditentukan oleh bank.

Baca juga yuk cara atasi speech delay pada Anak, di situs website generos, silahkan Anda bisa klik pada tautan tersebut.

3. Persyaratan Pengajuan Mudah

Sebelum membuka rekening tabungan anak, Anda akan diminta melengkapi persyaratan yang dipersyaratkan. Sebaiknya pilih bank yang persyaratan pengajuannya mudah, tujuannya agar lebih mudah. Jika proses pengajuannya mudah, Anda tidak perlu repot lagi.

Biasanya, kondisi bank itulah yang mendorong pengajuan KTP orang tua, akta kelahiran anak, dan usia anak saat itu. Proses pembukaan rekening tabungan anak akan lebih mudah jika sudah memiliki rekening di bank yang sama, sehingga tidak perlu membuka rekening baru.

4. Buku Tabungan Atas Nama Anak

Seperti biasa, setelah memiliki rekening tabungan, bank akan memberikan Anda buku tabungan. Yang perlu Anda perhatikan hanyalah nama buku paspor. Pada dasarnya memang tidak ada pengaruhnya terhadap tabung, namun bila buku tabungan kepada anak Anda, akan memberikan rasa bangga dan cinta yang pada akhirnya akan mempengaruhi pekerjaan di toko tersebut.

5. Mendapatkan Kartu ATM

Pada tabungan anak di beberapa bank, ada yang menyediakan kartu ATM dan ada yang tidak. Anda lebih memilih bank yang menyediakan kartu ATM. Tujuannya hampir sama dengan buku tabungan nama anak, yaitu menanamkan rasa bangga sehingga seringkali berakhir dengan menabung.

6. Desain Kartu yang Menarik

Desain kartu ATM yang lucu akan lebih baik untuk anak kecil. Apalagi jika nama anak bisa tercetak di kartu ATM. Mereka bahkan bisa lebih bangga memiliki uang dengan nama dan desain yang bagus. Secara tidak langsung desain kartu yang baik dan nama anak pada kartu ATM tersebut akan memotivasi anak untuk rajin menabung.

7. Biaya lainnya

Hal ini mutlak perlu anda ketahui sebelum membuka rekening tabungan biaya karena akan mengurangi pengaruh menabung anak dan dapat mengurangi bunga menabung. Ada beberapa biaya lain yang perlu Anda ketahui tentang tabungan anak, seperti biaya penutupan rekening, biaya saldo minimum, dan biaya administrasi.

Namun kabar baiknya adalah ada juga bank yang tidak mengenakan biaya ini. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan ini sebelum membuka akun. Kecil atau bahkan jika harganya tidak seberapa, semakin baik.

8. Punya promo menarik

Beberapa bank menawarkan promo menarik untuk tabungan anak. Seperti diskon persewaan anak, hadiah instan, dan tambahan bunga. Sebaiknya Anda memilih menabung anak dengan memberikan banyak penawaran bagus agar lebih termotivasi untuk lebih rajin menyelamatkan anak Anda.

9. Memiliki Point Reward

Tidak semua tabungan anak memiliki poin reward, namun hal ini juga harus diperhatikan karena dengan poin reward anak bisa lebih rajin menabung. Gift point biasanya bisa didapat jika menabung banyak dan bisa ditukar dengan mainan atau hadiah anak lainnya karena ini adalah tujuan agar mereka semakin rajin.

10. Bunga Tabungan Tinggi

Bunga simpanan anak sebenarnya lebih kecil dari simpanan biasa, tetapi setiap bank memiliki simpanan yang berbeda, yang mungkin lebih tinggi dari yang lain. Selain itu juga meningkatkan minat menabung, sehingga anak bisa merasa lebih berguna menabung hingga saat ini.