Sun. Dec 4th, 2022

Bacaan Doa Pagi Hari untuk Umat Katolik

Salah satu cara untuk berkomunikasi dengan tuhan adalah dengan berdoa. Membaca doa pagi katolik bisa Anda lakukan pada saat batu bangun tidur. Rutinitas yang satu ini bisa menjadi bekal untuk menyambut hari. Membaca doa yang tertuang dalam Alkitab ini bisa membuat kita lebih tenang. Bagi Anda yang ingin membaca doa pagi yuk kita simak beberapa doa yang telah di himpun dari alkitab

 

Doa-doa Katolik di Pagi Hari

  • Versi Singkat
  • “Allah, Bapa kami yang ada di dalam surga, kami berterima kasih kepada-Mu karena hari yang baru ini. Berilah kami iman yang hidup, harapan yang kuat dan cinta yang ikhlas.
  • Kami akan berusaha sungguh-sungguh agar segala pikiran, perkataan yang akan kami ucapkan pada hari ini, dan segala perbuatanku berkenan kepada-Mu. Dan bimbinglah kami dengan terang Roh Kudus-Mu agar kami semakin serupa dengan Yesus Kristus, Putra-Mu.

Berkatilah keluarga kami dan semua orang yang akan kami jumpai hari ini. Berkatilah pula persaudaraan kami dengan mereka, agar menunjukkan kebaikan, seperti Engkau baik hati bagi semua orang. Semoga teladan Santa Perawan Maria dalam kesetiaan kepada-Mu dan keprihatinannya terhadap sesama menjadi semangat hidup kami pada hari ini. Ini semua kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.”

  • Versi Panjang

“Ya Allah, Bapa sumber segala kerahiman. Pada awal hari baru ini aku menghaturkan puji dan syukur kepada-Mu atas perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Aku bersyukur atas hari baru yang membawa kesegaran dan membangkitkan semangat baru bagi hidupku. Berilah aku kemampuan baru untuk menghayati iman dan mengamalkan kasih sepanjang hari ini.

Bimbinglah aku sepanjang hari ini; arahkanlah pikiran dan budiku, jangan sampai akal merancang pikiran benci dan dendam, tindakan marah dan cemburu, keinginan jahat dan mementingkan diri.

Jagalah lidah dan bibirku, jangan sampai terucap kata yang menyakitkan hati, kata yang kejam menusuk rasa, kata yang tidak benar, kata yang menghina.

Tuntunlah tingkah laku dan perbuatanku, supaya sepanjang hari ini aku bekerja sebaik baiknya, tidak pernah jemu menolong sesama, selalu ramah dan tahu terima kasih, menghayati iman dan mengamalkannya dengan sekuat tenagaku. Semua ini kami sampaikan kepada-Mu, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.”

 

Doa Katolik Sambut Pagi dengan Syukur

“Terima kasih Tuhan, untuk pagi dan hari yang baru ini. Terima kasih pula untuk malam yang telah kulewati. Dimana aku boleh mengalami perlindungan-perlindungan-Mu dalam tidurku. Sertailah dan berkatilah hari ini, pekerjaanku, keluargaku, sahabat-sahabatku dan semua kejadian serta orang yang akan kujumpai hari ini. Supaya pada malam hari nanti apabila aku menutup hari ini, aku patut melambungkan puji dan syukur kepada-Mu, Tuhan yang Maha kasih. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.”

 

Doa Katolik Berangkat Sekolah

“Tuhan Allah, kami membawa sekolah kami ke dalam tangan-Mu yang perkasa. Semoga Engkau memberkati para pembelajar, guru, dan staf yang bekerja di sini sehingga proses pembelajaran, untuk menemukan betapa hebatnya Engkau, terjadi dengan lancar.

Semoga Engkau, Tuhan Yang Maha Esa, menjadikan sekolah kami sebagai tempat penemuan besar, petualangan, dan juga tempat di mana kami semua belajar untuk mencintai sekaligus mencintai untuk belajar. Bantu kami untuk menghormati, menghargai, dan memperlakukan satu sama lain sebagai saudara dan saudari. Kami berdoa ini melalui Yesus Kristus Tuhan dan Juru selamat kami. Amin.”

By Drajad