Ingin Usaha Laku, Lakukan 15 Langkah Belajar SEO Berikut

Kamu punya usaha, dan ingin semua barang dagangan laris semua, tanpa tersisa sedikit pun? Nampaknya kamu harus mempelajari sekaligus mengikuti langkah belajar seo.

Dengan mengetahui langkah belajar seo, kamu akan mudah dalam mengoptimasi website. Mengingat di zaman sekarang, kegiatan tersebut dikatakan lumayan penting terutama bagi mereka yang sengaja mengembangkan sayap usahanya ke sektor online. Dan jasa SEO kini pun bermunculan.

Tidak hanya itu, langkah belajar seo juga dapat mengefektifkan dan menghemat biaya pemasaran secara drastis dengan sebab kamu tidak perlu mencetak brosur, melabeli harga barang, sampai mendatangi tempat yang jadi target utama pemasaran.  Selain belajar SEO secara mandiri, kamu juga bisa manfaatkan pakar SEO.

Daftar Langkah Belajar SEO untuk Jualan Online

Lantas apa sajakah langkah dalam mempelajari search engine optimization supaya maksimal ?. Singkatnya langsung saja, berikut adalah ringkasannya :

  • Langkah Belajar SEO: Membaca Artikel Tentang SEO

Ibarat artis, materi seo ini sering jadi bahan perbincangan oleh sebagian kalangan, terutama para pelaku usaha online maupun pemilik blog. Sehingga tidak mengherankan ada banyak artikel yang membahas tentang hal ini.

Dari mulai website yang memang sudah terkenal sejak dulu, sebut saja tribun dan lain sebagainya. Blog kecil berusia kurang dari 12 bulan pun tidak ingin kalah dan ikut – ikutan membahasnya, walau trafik pengunjung masih terlalu kecil.

Karena sudah melimpah artikel membahas tentang langkah belajar seo. Maka sebelum kamu memutuskan masuk ke dunia ini, pastikan kamu telah membaca artikel materi tentang ini. Baca dengan seksama agar tidak gagal paham.

Tujuannya sendiri supaya kamu tidak terlalu buta terhadap sektor ini. Kemudian pastikan juga kamu membaca artikel dari berbagai sumber terpercaya. Dapat itu jurnal penelitian tertentu, dan lain sebagainya.

  • Langkah Belajar SEO: Menyiapkan Dana

Belajar seo dapat dilakukan secara otodidak. Sayangnya kalau kamu suatu saat mengalami kesulitan, anggap saja situs gagal dideteksi oleh mesin pencari. Atau malah artikel tiba – tiba diblokir dengan alasan melanggar kebijakan google. Kamu tidak tahu kemana harus mengadu.

Berbeda halnya kalau kamu belajar seo lewat kursus. Mentor atau narasumber atau tenaga pengajar nantinya bakal terus membantu kamu dalam mengembangkan situs, meski periode kursus tersebut sudah lewat dari seharusnya,

Sebagaimana kita ketahui, tidak ada kursus gratis. Ada biaya yang mesti dibayarkan ke pihak penyelenggara. Maka oleh sebab itu, siapkan dana secukupnya. Bisa meminta dari orang tua ataupun meminjam ke teman terdekat.

Berbicara tentang nominalnya sendiri, disesuaikan dengan kebijakan serta kemampuan kamu sebagai peserta. Berdasarkan penelusuran penulis, rerata biaya kurus itu 1-4 juta rupiah. Ada juga yang mematok lebih daripada angka tersebut.

  • Langkah Belajar SEO: Ikuti Kursus

Dalam rangka merespon tingginya minat masyarakat terhadap dunia jualan online, para mastah pun sering menyelenggarakan kursus. Durasi kursusnya sendiri biasanya 2 – 3 hari, bisa lebih tergantung keinginan sang penyelenggara.

Nah kalau sekiranya kamu ingin tahu tentang search engine optimization secara lengkap, mungkin kamu dapat mengikuti kursus yang digelar oleh mereka. Adapun syarat utamanya sendiri tentu saja membayar sejumlah uang.

Syarat lainnya yang sebenarnya bukan syarat mutlak ialah punya usaha online, bawa buku demi mencatat semua materi, sampai bekal mengingat otakmu butuh tenaga untuk mencerna semua informasi dari narasumber.

  • Pengaturan Awal

Setelah kamu mengikuti kursus, menyiapkan dana, dan membaca artikel tentang seo. Langkah belajar seo selanjutnya ialah mempraktikan semua ilmu yang didapatkan. Sementara itu, hal paling awal yang wajib dilakukan yaitu mengatur pengaturan awal.

Apa maksud dari mengatur pengaturan awal ?. Maksudnya adalah kamu harus memasang aplikasi atau alat menjadi pondasi utama dalam membangun seo. Apa sajakah alat dan fungsinya tersebut ?

  1. Google Webmaster Tools adalah alat pembangun fondasi seo utama. Fungsi dari alat ini ialah untuk membuat situs terlihat di mata mesin pencari.
  2. Google Adword adalah alat periset kata kunci gratis maupun berbayar milik google. Fungsinya mengidentifikasi kata kunci apa yang punya tingkat persaingan rendah.
  3. Google Analytic yaitu alat penganalisis situs dari google. Fungsinya menganalisis mengenai jumlah pengunjuung, sumber trafik, usia dari pengunjung sampai melacak bagaimana pengunjung berinteraksi pada situsmu.
  • Audit Algoritma

Sebagaimana kita ketahui, algoritma google hampir setiap bulan berubah atas dasar alasan keamanan sistem.

Berdasarkan informasi tersebut, kamu harus mengaudit apa saja yang menjadi fitur atau sistematikan algoritma google versi terbaru agar situs mampu muncul di halaman pertama, walau tidak pada peringkat pertama.

Lantas bagaimana kita mengetahui tentang sistematika algoritma google ?. Gampang sekali, kamu cukup  membaca artikel sebanyak mungkin. Sekiranya kamu punya teman yang memang telah berpengalaman di bidang ini selama bertahun – tahun, kamu boleh menanyakan tentang hal ini kepada dirinya.

  • Pilih Antara Dengan Atau Tanpa www

World Wide Web (www) adalah karakter yang pasti ada sebelum nama domain disebutkan. Ketiga karakter ini biasanya disertai dengan kode https:

Modern ini, kamu harus memperhatikan dengan benar tentang ketiga karakter ini. Karena sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini tidak semua situs punya kode www sebelum nama situs mereka disebut.

  • Meneliti Kata Kunci

Berdasarkan pendapat para ahli, kata kunci ini merupakan komponen paling penting dalam membangun seo.

Kemudian atas dasar pendapat tersebut, langkah belajar seo selanjutnya ialah kamu harus meriset kata kunci, baik melalui media berupa alat khusus atau plugin sebagaimana terdapat pada platform wordpress.

Pastikan semua alat atau plugin yang kamu gunakan untuk meriset kata kunci punya tingkat keakurasian sangat tinggi. Hindari juga alat yang mengharuskan kamu menggelontorkan uang dalam jumlah tertentu, kalau kamu ingin sedikit berhemat.

  • Gambar Berkualitas

Kunci dari laku tidaknya barang di internet ialah gambar. Semakin baik gambar yang ditampilkan pada situs, semakin tinggi juga barang tersebut laris di pasaran.

Sebagai pelaku usaha online, otomatis kamu harus memastikan bahwa setiap gambar yang tersemat di postingan website punya kualitas bagus. Sekurang – kurangnya bisa dilihat dengan jelas oleh pengguna.

Tidak hanya itu, setiap gambar tersebut mesti disematkan judul beserta caption untuk menambah nilai gambar di mata mesin pencari. Ukuran gambar pun mesti disesuaikan agar saat muncul pada perangkat tertentu, misalnya ponsel, tidak terlalu besar.

  • Sitemap Baik

Langkah belajar seo untuk toko online selanjutnya ialah kamu wajib membuat atau menggunakan site map dengan baik.

Dengan site map yang baik, maka akan mempermudah sistem dalam menggaet dan mengindeks situs kamu ke dalam data base mereka. Sehingga mempermudah kamu untuk menampilkan salah satu konten di page rank google.

Kemudian sitemap juga berakibat kepada meningkatnya penilaian mesin pencari terhadap situs yang kamu buat sebelumnya. Alhasil kamu harus benar – benar membuatnya sebaik mungkin. Dan melakukannya sendiri, kamu boleh menggunakan bantuan dari alat yang disediakan oleh pihak ketiga di dashboard wordpress.