Thu. Jan 20th, 2022

Sebuah resepsi pernikahan tentu saja kurang lengkap tanpa adanya cincin. Sebelumnya coba kamu paham dengan tips memilih cincin pernikahan

Makna Cincin Bagi Sebuah Resepsi Pernikahan

Cincin nikah sebenarnya bukan hanya sebagai pengikat saja untuk pasangan yang sudah dalam hubungan pernikahan. Bukan juga sebagai simbol atau perhiasan yang bisa seenaknya dilepas begitu saja.

Budaya Dalam Pemakaian Cincin Pernikahan

Sejarah menggunakan cincin dimulai sejak 4800 tahun silam. Ada beberapa budaya yang beredar dalam pemakaian cincin kawin ini. Apa saja? Simak berikut ini.

1. Budaya Mesir

Mesir kuno dan bangsa Romawi telah lebih dulu memakai cincin kawin di jari manis tangan kiri. Filosofi cincin di jari manis ini, karena diyakini dengan adanya pembuluh darah yang sejajar dengan letak jantung.

2. Budaya Cina

Di Cina cincin kawin diletakkan di jari manis tangan kiri. Dalam budaya ini setiap jari memiliki arti serta perlambangan tersendiri yang berbeda-beda.

3. Budaya Yunani

Budaya Yunani menganut peletakkan cincin yang beda dengan bangsa Mesir kuno maupun Romawi. Di Yunani sebelum menikah cincin kawin diletakkan di jari sebelah kiri, namun jika sudah selesai upacara pernikahan maka dipindahkan ke tangan kanan.

4. Budaya Yahudi

Berbeda dengan budaya yahudi, mengikat pasangan dengan cincin untuk dipakai di jari telunjuk selama upacara pernikahan. Setelah itu maka cincin tersebut akan dipindahkan ke jari manis.

5. Budaya Indonesia

Indonesia sendiri lebih mengikuti budaya Yunani. Yaitu, cincin tunangan di jari manis kiri lalu cincin kawin di jari sebelah kanan. Atau bahkan ada juga yang sebaliknya, yang mengikuti bangsa Mesir kuno dan Romawi.

Makna Cincin Pernikahan Yang Sakral

Mengenai bentuk dan juga peletakkan cincin di jari manis terkandung makna yang cukup dalam. Apa saja makna dari sebuah cincin pernikahan.

1. Bentuk Lingkaran

Bentuk lingkaran ini dipilih tentu memiliki makna tersendiri. Simbol cincin pernikahan yang berbentuk lingkaran, menandakan sebuah hubungan yang tidak pernah berakhir.

2. Simbol Untuk Saling Terikat

Makna dari sebuah cincin pernikahan itu adalah simbol untuk saling mengikat dan terikat. Artinya, kamu dan pasangan telah diikat dalam komitmen dan mengikat kalian untuk tetap setia terhadap komitmen tersebut.

3. Perlambangan Cinta

Makna cincin dalam perkawinan itu adalah perlambangan dari kekuatan cinta. Batu mulia dan emas dipilih sebagai bahan utamanya bukan tanpa alasan. Berarti tidak ada yang bisa mematahkan cinta antara kamu dan pasangan seperti batu mulia yang kuat dan keras.

4. Pengingat Diri

Untuk terpeliharanya komitmen dan cinta butuh kesetiaan yang kuat. Mungkin ada suatu waktu kamu melakukan perbuatan yang akan membuat pasanganmu sedih. Dengan adanya cincin pernikahan maka kamu bisa untuk terus ingat komitmen diri dan pasangan dalam pernikahan.

Makna yang terkandung dalam cincin pernikahan adalah perlambangan cinta yang kuat dan besar. Cari tahu lewat tips memilih cincin pernikahan yang memang terbaik dan bagus untuk kamu.