Sun. Dec 4th, 2022

arti kata

Arti suatu kata adalah arti yang terdapat dalam kamus, sehingga dapat dikatakan bahwa arti suatu kata termasuk arti harafiah atau arti sebenarnya. Selanjutnya, makna leksikal mengacu pada simbol-simbol kebahasaan yang memiliki makna dasar. Dari sudut pandang linguistik, makna ini mengacu pada makna sebenarnya yang ada secara independen dari konteks. Proses makna leksikal atau unsur leksikal adalah sebagai berikut.

 

Penamaan atau pelabelan: Pengalaman dan pengetahuan seseorang digunakan di sini secara empiris sebagai simbol, diwujudkan dalam sebuah kata.

 

Parafrase: Analisis yang lebih mendalam dari komponen makna dengan mempertimbangkan sudut pandang deskripsi.

 

Definisi: Parafrase dikembangkan sehingga makna dapat dijelaskan secara lebih rinci

 

Klasifikasi: Kategori kata terkait yang dapat menyertai fitur-fiturnya.

 

  1. Sinonim

 

Sinonim adalah sinonim untuk kata-kata. Kamus (kamus) berisi kata-kata yang memiliki hubungan makna dengan kata lain, seperti

 

pria – pria – anak laki-laki – pria – jacquard

tampan – tampan – tampan – tampan – tampan – tampan

pintar – pintar – terbaik – cendekiawan – cerdas

jenaka – lucu – lucu

cinta – cinta – cinta – asmara

 

Baca Juga : contoh karya ilmiah

 

  1. Antonim

 

Antonim adalah antonim. Faktanya, mengidentifikasi antonim lebih sulit daripada mengidentifikasi sinonim. Ini karena antonim antara dua kata tidak selalu berlawanan. Misalnya, sejak kecil kita terbiasa mengatakan bahwa panas adalah lawan dari dingin. Namun, ada situasi lain antara panas dan dingin, suam-suam kuku. Selain itu, ada kondisi di arah sebaliknya atau sebaliknya, seperti penghapusan arah sebaliknya dengan memakai. Artinya, diperlukan kepekaan terhadap makna ketika menentukan antonim. Singkatnya, antonim dll dapat dicontohkan.

 

  1. Homonim

 

Homofon adalah kata yang tidak hanya diucapkan sama dengan kata lain, tetapi juga dieja menurut PUEBI. Namun, homofon memiliki arti yang berbeda. Misalnya, dalam beberapa kasus, kata bulan bisa memiliki banyak arti. Bulan diartikan sebagai satelit bumi, yang memantulkan cahaya dari matahari ke bumi dan menjadi cahaya bumi pada malam hari. Di sisi lain, bulan diartikan sebagai unit dalam kalender. Lebih jauh, kata jarak dapat menunjukkan tidak hanya pemisahan spasial antara dua bahan, tetapi juga semak belukar (Ricinus Communis).

 

  1. Hiponim

 

Hiponim adalah kata-kata yang secara leksikal mewakili kelompok atau kumpulan tertentu. Kata-kata yang mengandung satu makna leksikal mewakili banyak hal dan oleh karena itu dapat digeneralisasikan. Misalnya, kamus kendaraan mewakili kata-kata seperti sepeda motor, bus, mobil, skuter, dll.

 

  1. Meronimi

 

Berbeda dengan hiponim, meronim adalah kata-kata yang mewakili bagian dari keseluruhan. Artinya, meronim dapat berdiri untuk arti lain yang lebih komprehensif. Misalnya, kata jari mewakili bagian dari keseluruhan, tangan; kata halaman mewakili bagian dari keseluruhan, buku; kata jendela mewakili bagian dari keseluruhan, rumah.

 

arti gramatikal

Makna gramatikal adalah makna yang dihasilkan dari susunan kata menjadi kalimat. Dengan kata lain, makna muncul dalam perilaku sintaksisnya. Ada beberapa jenis makna ini setelah afiksasi, pengulangan, pembentukan, pembentukan frasa, klausa, dan akhiran kalimat. Dilihat dari struktur bahasa dan perilaku sintaksisnya, makna gramatikal dapat dibagi menjadi beberapa kategori.

 

  1. Interpretasi

 

Prafrase adalah menata ulang kata-kata untuk membentuk kalimat baru dengan tetap mempertahankan makna atau ide aslinya. Ini muncul dari konsep linguistik bahwa ada banyak cara untuk mencapai suatu makna. Misalnya saya anak tunggal bisa diatur ulang karena saya tidak punya saudara. Juga, bentuk Anastasia Selalu Datang pada Waktu yang Tepat dapat diatur ulang menjadi Anastasia Tidak Pernah Terlambat.

 

  1. Otorisasi

 

Makna yang muncul dari proses pembentukan tersebut juga berkaitan dengan makna lainnya. Suatu makna dapat berupa rangkuman dari makna lain yang terkait. Misalnya, Luffy saat ini tidak bekerja dengan Luffy yang saat ini menganggur. Contoh lain, Derana bersekolah di SMAN 99 Jakarta seolah-olah Derana adalah siswa SMAN 99 Jakarta.

 

 

  1. Prasangka

 

Nama lain dari preset adalah preset yang artinya dari preset. Misalnya orang kaya semua menarik, orang kampung ramah, orang hidung mancung cantik, dll.

 

  1. Kontradiksi

 

Kontradiksi adalah istilah yang mengacu pada hasil dari suatu kontradiksi. Misal, orang miskin punya mobil, merasa sedih, senang, dan sebagainya.

 

  1. Tautologi

 

Tautologi dapat diartikan sebagai istilah yang mengacu pada makna hasil yang tetap. Artinya, karena semua orang setuju, tidak ada isi dalam kalimat tersebut. Misalnya ibu saya perempuan, Presiden Soekarno laki-laki, dll.

By Drajad