Sun. Dec 4th, 2022

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan

Jika Anda tidak dapat membayangkan hidup tanpa secangkir kopi pagi, ada kabar baik. Ini bukan hanya cara yang lezat dan berenergi untuk bangun. Ini terkait dengan daftar manfaat kesehatan yang terus bertambah. “ Studi memuji kopi dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit hati, batu empedu, kanker, dan diabetes tipe 2,” kata Leann Poston , MD, penasihat medis untuk Impakt Fitness.

Ya itu betul. Secangkir kopi hitam Anda yang sederhana penuh dengan senyawa berharga seperti antioksidan yang mengatasi radikal bebas berbahaya, mengurangi peradangan, dan menjaga dari penyakit.

10 manfaat kopi

Ada sebagian produsen yang memproduksi Kopi Yang Mengandung Kafein Tinggi dengan berbagai menfaat yang bisa dirasakan oleh enikmat kopi jika anda berani mencoba, daftar kopi yang memiliki kafein tinggi bisa anda lihat di artikel Nusantara Coffee yang sudah kami rilis

Manfaat kesehatan dari kopi sangat beragam mulai dari mengurangi risiko stroke dan penyakit kognitif hingga penurunan berat badan. Berikut adalah beberapa alasan untuk menambahkan dua atau tiga cangkir ke dalam rutinitas harian Anda:

1. Meningkatkan tingkat energi

Kopi kaya akan kafein stimulan. “Kafein dapat meningkatkan tingkat energi Anda ketika dikonsumsi secara moderat karena meningkatkan tingkat metabolisme dan pelepasan adrenalin, hormon di otak yang bertanggung jawab untuk pelepasan energi,” kata Daniel Boyer , MD, seorang peneliti di Farr Institute di West Des Moines, rendah.

“Ini juga bertindak melawan kelelahan dengan merusak sementara aksi adenosin, stimulan sistem saraf pusat yang menurunkan aktivitas neuron, membuat Anda merasa lelah,” tambah Dr. Boyer. Kopi berkafein juga meningkatkan dopamin , zat kimia yang membuat otak Anda merasa baik. Ya, efek samping minum kopi mungkin termasuk peningkatan risiko kebahagiaan.

2. Mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan berat badan yang sehat

“Kafein juga dapat meningkatkan berat badan yang sehat, mengurangi risiko kondisi tertentu yang terkait dengan kelebihan berat badan seperti masalah jantung dengan mendukung kesehatan usus dan mengubah penyimpanan lemak, yang semuanya terkait dengan pengelolaan berat badan,” kata Dr. Boyer. Dan bukti setuju.  

Dalam ulasan tahun 2019 , para peneliti menemukan bahwa tingkat konsumsi kopi yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat lemak tubuh yang lebih rendah, terutama pada pria. Penelitian tahun 2020 lebih lanjut menunjukkan efek serupa pada wanita.

3. Meningkatkan aktivitas fisik

Para peneliti dalam  studi 2018 mengaitkan konsumsi kopi dengan peningkatan aktivitas fisik. Mereka menemukan bahwa peminum kopi wanita yang mengonsumsi satu hingga dua cangkir kopi setiap hari memiliki kemungkinan 17% lebih tinggi untuk memenuhi tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan daripada mereka yang minum lebih sedikit.

4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis yang memengaruhi cara tubuh menggunakan gula. Ketika gula darah tetap tinggi, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Minum kopi dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan kondisi ini.

Sebuah tinjauan tahun 2018 menemukan bahwa risiko Anda terkena diabetes tipe 2 turun ketika membandingkan kelompok individu dengan konsumsi kopi tinggi (median 5 cangkir per hari) dengan kelompok konsumsi rendah (median 0 cangkir per hari)—dan ini berlaku apakah kopi yang dikonsumsi berkafein atau tidak. Efek ini mungkin karena kopi melindungi fungsi sel beta di pankreas , yang memproduksi insulin yang mengatur kadar gula darah. Kopi juga mengandung magnesium , yang membantu tubuh memecah gula.

5. Mengurangi risiko penyakit liver

Penyakit hati adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang mengancam jiwa, termasuk sirosis. Namun, tampaknya kopi dapat mendukung kesehatan hati.

Sebuah tinjauan tahun 2017 mencatat bahwa secangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit hati kronis sebesar 15%. Pecinta kopi mungkin senang mengetahui bahwa minum empat cangkir per hari sama dengan risiko 71% lebih rendah. Selain itu, “Mengambil 2 cangkir kopi dapat menurunkan risiko jaringan parut hati pada orang dengan masalah hati,” tambah Dr. Boyer.

Minum dua cangkir kopi juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker hati hingga 43% .

6. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah gangguan otak progresif yang menyebabkan hilangnya memori dan gangguan berpikir. Saat ini tidak ada penawar, tetapi diagnosis dan penyembuhan dini dapat membantu memperlambat perkembangannya.

Dalam tinjauan besar studi tahun 2016 yang melibatkan lebih dari 29.000 peserta, hasilnya menunjukkan bahwa semakin banyak orang mengonsumsi kopi, semakin rendah risiko mereka terkena penyakit Alzheimer.

7. Mengurangi risiko penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah kondisi neurologis progresif yang menyebabkan masalah dengan gerakan dan keseimbangan. Seperti Alzheimer, tidak ada penawar, tetapi ada perawatan untuk memperlambat perkembangan penyakit.

Namun, peminum kopi biasa tampaknya memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena penyakit ini, menurut  tinjauan tahun 2020 . Ini juga dapat memperlambat perkembangan penyakit.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Kopi dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung. Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Dengan melindungi kesehatan jantung, kopi juga dapat mengurangi risiko kematian.

Sebuah tinjauan tahun 2018 mencatat bahwa orang yang minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan 15% lebih kecil untuk mengembangkan penyakit jantung. Studi besar lainnya pada tahun 2021 terhadap lebih dari 21.000 orang mendukung temuan ini dan menyimpulkan bahwa peningkatan asupan kopi secara signifikan menurunkan risiko gagal jantung.

Ini juga dapat menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah studi tahun 2017 , para peneliti menemukan bahwa minum 7 cangkir per hari berarti 9% penurunan risiko hipertensi, dengan penurunan lebih lanjut 1% untuk setiap cangkir tambahan. 

9. Meningkatkan kesehatan sperma

Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa rata-rata motilitas sperma meningkat sejalan dengan konsumsi kopi. Bahkan pria yang minum lebih dari enam cangkir per hari memiliki motilitas sperma lebih tinggi daripada mereka yang tidak minum kopi.

Kopi juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat. Satu studi menunjukkan penurunan risiko pada pria yang minum kopi biasa atau tanpa kafein.

10. Meningkatkan kesehatan kulit

Kopi juga memiliki manfaat untuk kulit Anda. Biji kopi mengandung kafein dan polifenol seperti asam klorogenat (CGA) yang mungkin memiliki efek anti-inflamasi dan antimikroba serta melindungi dari penuaan dini .

Menerapkan kopi cair ke kulit atau sebagai scrub yang terbuat dari bubuk dapat membantu masalah kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat. Konsumsi kopi juga dikaitkan dengan  penurunan risiko karsinoma sel basal , kanker kulit yang umum.