• Sun. Apr 11th, 2021

Membersihkan Kumparan AC Anda Secara Teratur Meningkatkan Efisiensi dan Kehidupan

Bystarwarsgaming

Dec 1, 2020

 

Setiap unit AC memiliki dua kumparan yang membawa udara dingin, dan menghembuskan udara hangat: Kumparan evaporator, sering disebut “kumparan dalam ruangan” dan kumparan kondensor, yang sering disebut “kumparan luar ruangan.” Pada unit AC modern, biasanya ada kumparan yang terbuat dari tembaga berbentuk tabung atau sirip aluminium tipis. Menjaga kumparan ini terawat dengan baik, dan bebas dari debu dan kontaminasi, dapat memperpanjang umur AC Anda, dan memastikan kinerja puncak.

Coil Penanganan Udara

Di dalam rumah adalah penangan udara, dan di dalam unit ini terdapat koil evaporator. Koil ini menyerap panas dari udara di dalam rumah, mengirimkan udara yang lebih dingin sebagai gantinya. Kumparan ini sebagian dilindungi oleh filter AC, yang harus diganti setiap 30-90 hari. Tetapi meskipun telah disaring, kotoran dan puing-puing dari udara yang mengalir di atas kumparan mendarat di kumparan. Penting untuk membersihkan kotoran ini agar koil evaporator berfungsi dengan baik, dan memastikan pendinginan bangunan yang benar.

Koil Kondensor

Di luar rumah adalah kondensor AC. Unit ini termasuk koil kondensor, yang mengambil udara hangat yang telah dikeluarkan dari gedung dan menghembuskannya ke lingkungan luar. Kumparan kondensor ini terbuka untuk elemen; Meskipun hal ini diperlukan untuk aliran udara yang baik, ini juga berarti bahwa gulungan ini dapat menjadi kotor dengan kotoran dan kotoran, termasuk daun, potongan rumput, kuman, dan serangga.

The Horrors of Dirty Coils

Kumparan yang kotor kurang efisien dalam mentransfer panas. Dengan demikian, seluruh unit AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan bangunan. Hal ini memberikan tekanan tambahan pada unit, yang dapat menyebabkan kegagalan unit lebih awal, atau pendinginan yang tidak memadai. Selain menyebabkan kerusakan unit lebih awal, gulungan kotor sebenarnya dapat mengurangi efisiensi energi sistem pendingin hingga 30 persen.

Menjaga Gulungan Tetap Bersih

Menjaga kumparan dalam ruangan dari penangan udara tetap bersih biasanya membutuhkan ahli pendingin udara. Kumparan ini biasanya ditanam di dalam unit, di belakang filter atau panel akses. Kumparan sangat halus, dan perlu dibersihkan dengan tekanan udara dan larutan pembersih yang tepat. Pembersihan inti evaporator, jika dilakukan secara teratur sejak kumparan baru dan bersih, dapat dilakukan hanya dengan sikat berbulu lembut, atau udara paksa bertekanan rendah. Setelah koil menjadi lebih terkontaminasi, larutan pembersih ringan mungkin perlu diterapkan; larutan ini dibiarkan selama lima menit, lalu dibilas.

Pembersihan kumparan ini harus dilakukan setidaknya setahun sekali di area yang musim pendinginannya berlangsung selama empat hingga enam bulan, lebih sering di area atau bangunan yang lebih sering melakukan pendinginan. Penting juga untuk diingat untuk mengganti filter secara teratur, yang akan membantu menjaga koil lebih bersih, dan meningkatkan aliran udara ke unit, meningkatkan efisiensi.

Untuk menjaga kumparan luar ruangan dalam kondensor tetap sehat, dan untuk memastikan pendinginan gedung dalam jangka panjang, sangat penting untuk menjaga area di sekitar gelung bebas dari serpihan. Penting juga untuk membersihkan gelung itu sendiri, setidaknya setiap musim lainnya, sebaiknya setiap musim jika AC dijalankan selama lebih dari empat bulan dalam setahun.

Jika diabaikan, koil AC dapat menjadi sangat terkontaminasi, sebenarnya mengakibatkan degradasi koil, dan akhirnya kegagalan seluruh sistem pendingin. Namun, dengan perawatan rutin, sistem AC Anda dapat melakukan yang terbaik untuk mendinginkan rumah, dan dapat bertahan untuk waktu yang sangat lama.

 

sumber : service ac di pekanbaru