• Sat. Jun 19th, 2021

10 Cara Membuka Usaha di Negara Cina

Byghost writer

May 17, 2021

Lou Hoffman, CEO dari firma jalinan orang The Hoffman Agen, ingin memasangkan iklan penerimaan dalam sebuah koran berbahasa Mandarin untuk kantor anyarnya di Beijing.

Kembali pada rumah di San Jose, California, ia akan kirimkan lewat faks ke koran lokal.

Di Beijing, ia mesti mendapati kesepakatan dari 4 badan pemerintahan yang beda – dengan cara langsung.

“Ini kota besar, serta jalan raya macet 9-5,” ingatnya. “Kami ke agen pertama, dan mereka mendukungnya. Kami datang ke agency seterusnya serta mereka menyepakatinya. Kami ke agen ke-3 dan mereka berujar, ‘Anda mesti mengganti ini.’ Jadi kami penting kembali lagi ke agen pertama karena apa yang mereka menyetujui sudahlah tidak betul kembali. ”

Mendapati satu iklan baris disepakati memerlukan waktu keseluruhan Hoffman kira-kira 18 jam.

“Dalam pola besar, ini bukan akhir dunia,” ujarnya, “tetapi itu merupakan lambang kalau gue ada dalam dunia yang tidak sama serta bagaimana mereka selesaikan suatu sungguh-sungguh tidak serupa.”

Ini yakni realisasi yang penting ditemui semua pemilik usaha asing yang masuk pasar China, serta walau kemungkinan membikin frustasi buat lupakan semua kesensitifan Barat kamu, beberapa pakar menyampaikan itu pantas buat menaruhkan claim kamu di pasar pelanggan yang berkembang ini.

“Kejadian ini hari ialah terkait pelanggan China yang baru. Ada perkembangan besar dalam penghasilan yang bisa dibuang, dan orang China siap buat belanja,” kata Robert Collins, penulis bersama Doing Business in China for Dummies.

“Eropa terjerumus ke lumpur. Ekonomi AS datar . Maka di mana laganya? Di China,” kata Collins. “Kalau kamu mau bermain, kamu harus ada di dalam sini.”

Kami sudah membagi 10 cara yang penting kamu mengambil buat hingga sampai ke situ, dan ini menyertakan lebih dari sekedar mendapati visa.

1. Dalami Culture di Sana

Mujurnya kamu. kamu bukan masyarakat negara Amerika Serikat pertama-tama yang masuk ke dalam pasar China, jadi kamu tak usah mendalami pelajaran susah dengan susah (yah, paling tidak tidak semua).

“Tidak ada argumen buat membentuk kembali beberapa hal yang udah dijalankan orang awalnya yang bisa dijauhi,” kata John Frisbie, presiden Dewan Usaha AS-China, yang berbasiskan di Washington, D.C.

Berbicaralah sama orang yang sudah buka kantor di China. Tanya pada mereka bagaimana mereka sukses serta terpenting bagaimana mereka tidak berhasil. Tidak sekedar orang Amerika yang harus kamu ajak bercakap. Frisbie menuturkan kamu mesti lakukan perjalanan ke China dan memulai membuat jaringan di pameran dagang lokal, karena jalinan sangat perlu untuk melaksanakan usaha di negara itu. Kalender pameran dagang ada di sini.

Yakini kamu mendapatkan info mengenai kondisi industri tempat kamu ada. Banyak analisis ini bisa dilaksanakan dari rumah kamu sendiri. Tonton ide lima tahun yang diedarkan pemerintahan China, yang menguraikan type usaha yang mereka mencari.

Dan Harris, seorang blogger yang berbasiskan di Seattle dan anggota pendiri firma hukum usaha internasional Harris serta Moure, berbicara, “China inginkan technologi tinggi. China tak mengharapkan pencemaran. Mereka mengharapkan usaha yang bakal memberinya banyak orang-orang pekerjaan yang bagus, serta mereka mau memajukan pembangunan di pedalaman. ”

Sebab pemerintahan China berafiliasi kuat dengan usahanya, mengerti apa yang dikehendaki pemerintahan bakal menolong kamu membuat gagasan usaha di masa datang.

2. Pilih Lokasi Yang Tepat

Di titik ini, kamu mempunyai seluruhnya negara yang kamu butuhkan, tapi kamu tidak bisa turunkan usaha kamu dimanapun dan mengharap buat sukses.

Pertama, pahami beberapa kota besar. Shanghai, Beijing dan Guangzhou yakni pusat usaha, pemerintah, serta industri pokok. Karakter usaha kamu barangkali mensyaratkan kamu ada di satu diantaranya kota besar. Bila kamu ialah perusahaan technologi, semisalnya, Beijing barangkali daerah yang benar untuk kamu. Cari kabar di mana perbuatan itu terjadi di industri kamu.

Pusat usaha khusus bukan cuma satu opsi kamu. Beberapa perusahaan merasa berpindah ke pedalaman jadi opsi yang lebih bagus. Ken Wong, presiden perusahaan induk Covenant Kelompok of China merekomendasikan untuk menanyakan dalam diri sendiri beberapa pertanyaan berikut, bila terlebih kamu jual barang dibanding layanan, untuk memastikan berapa dekat atau jauh dari pantai yang kamu butuhkan:

  • Apa keperluan transportasi kamu?
  • Apa kepentingan logistik kamu?
  • Apa kamu memercayakan barang yang kemungkinan di impor ke China?
  • Bagaimana kamu dapat memperoleh barang dari dermaga ke tempat kamu?
  • Pemeriksaan dan limitasi pemerintahan apa yang dapat kamu kerjakan?
  • Seusai kamu berada pada sebuah daerah, kamu harus cari kantor, sebab kamu butuh bukti sewa untuk mendaftar usaha kamu.

“kamu harus mendapati persetujuan sewa kantor serta kamu bisa menggunakan selaku alamat kantor kamu,” kata Thomas Yang, konselor hukum yang berbasiskan di Philadelphia dengan Stevens serta Lee, serta eks hakim dan pembela perkara perusahaan dari China. Kesepakatan itu secara prinsip janjikan kamu tempat dengan prasyarat usaha kamu disepakati.

Dapatkan ruangan kantor lewat makelar, seperti saat kamu kembali lagi ke rumah. Apa saja area yang kamu tentukan, yakini itu digolongkan untuk type usaha yang kamu inginkan untuk dibuka.

3. Tentukan posisi entitas bisnis

Sebelumnya kamu daftar dengan pemerintahan, kamu butuh memutus tipe tubuh upaya apa yang dapat didaftarkan. Yang sangat umum untuk usaha asing ialah upaya patungan, kantor perwakilan, dan perusahaan yang seluruhnya dipunyai asing. Semasing, tentu, punyai kontra serta pro.

Usaha patungan butuh kolaborasi di antara pemilik usaha asing serta masyarakat negara Cina. Walau upaya patungan kemungkinan kedengar seperti jalur teraman, banyak pakar mengingatkan supaya tak melakukan. Kritikus menuturkan kasus sangat umum dengan upaya patungan tak lebih pada kejadian classic sindrom “dipan yang serupa, mimpi tidak sama”.

“Mereka tidak berhasil sembilan dari 10 kali. kamu bekerja dengan satu orang yang dekat dengan lokasi di area mereka, serta mereka dapat selesai dengan usaha itu,” kata Harris.

Kantor perwakilan yakni teknik yang ringan serta memiliki biaya rendah, akan tetapi secara mencolok membataskan area area atas sesuatu yang bisa kamu kerjakan di China. Sama yang dijelaskan Yang, “Kantor perwakilan berada di sana buat sebagai wakil substansi luar negeri kamu.” Lewat kata lain, kamu tidak bisa memberinya service atau produk apa saja, yang bermakna kamu pula tidak bisa mendatangkan penerimaan. Kantor perwakilan memberinya kamu sedikit lebih dari potensi buat memperlihatkan muka kamu serta bangun nama brand kamu.

Tipe substansi yang sangat umum, oleh karenanya, ialah perusahaan yang seluruhnya dipunyai asing, yang dikenali sebagai WFOE. Menurut Frisbie, “75 % investasi Amerika di China sekarang ini yaitu 100 % sarana punya Amerika,” sebab hal semacam itu memberinya pemilik usaha kekangan kualitas yang optimal.

Wajar, biarpun, WFOE jauh makin sulit buat disediakan. Diperlukan makin banyak waktu buat mendapat kesepakatan dari pemerintahan, serta itu perlu investasi modal sedikitnya yang perlu kamu masukan ke bank Cina. Kata Harris. Dan, ia menulis: “Jumlah itu bisa begitu bermacam-macam terkait pada karakter usaha kamu dan di mana kamu mendirikannya.”

4. Ciptakan ide usaha

Ide usaha lima tahun yang detil begitu penting, lantaran demikian pemerintahan menyepakatinya, kamu cuma bisa bekerja sama pedomannya. Bila kamu mulai menjajakan produk atau pelayanan yang tidak ada pada gagasan usaha kamu, pemerintahan China bisa tutup usaha kamu. Hal sama berlaku buat di mana serta bagaimana kamu bekerja.

“Yakini gagasan usaha kamu selebar kemungkinan untuk memungkinkannya perusahaan bekerja dengan bebas,” kata Collins. “Perusahaan AS mengharapkan buat bekerja dengan langkah spesifik di sini dan mereka memahami ijin usaha mereka barangkali tak meluluskan mereka untuk melaksanakan itu.”

Walaupun harus luas, akan tetapi mesti detil. Yakinkan kamu masukkan tempat kamu, pemasukan yang dibayangkan, deskripsi produk atau service, jumlah pegawai yang didambakan dan kriteria biaya dalam gagasan itu.

Semestinya kamu pun sesuaikan gagasan kamu dengan gagasan lima tahun China.

“Apabila kamu bikin perabotan rumput berteknologi tinggi, dan kamu cuma melamar dengan menyampaikan, ‘Saya akan membuat perabotan rumput’, mereka akan tidak memandang kamu secara bagus,” kata Harris. “Namun kalau kamu menuturkan gue miliki perlengkapan rumput anyar yang dilakukan oleh fitur lunak dan berteknologi tinggi yang bakal membikin 20 insinyur piranti lunak di China selekasnya bekerja, karena itu merupakan project yang lain.”

Buat sampaikan pesan itu, tentu, kamu butuh perwakilan yang pas.

5. Mencari perantara atau agensi

Tidak perduli berapa banyak data yang kamu mempunyai, kamu tak segera bisa maju tanpa ada konsultasi dengan perwakilan untuk mendaftar usaha kamu. Menurut Collins, ada beberapa organisasi di Amerika Serikat yang bisa menolong kamu mengarahkan proses program yang susah. Tanyakan dengan Dewan Usaha AS-China atau Kementerian Perdagangan di konsulat China.

Wong pula memberi saran untuk mengontak kantor Pelayanan Komersil A.S., yang bisa arahkan kamu ke kantor lokal di semuanya China. Seluruhnya sumber daya ini mesti bisa menyarankan pembela perkara perusahaan internasional yang bisa dipercayai buat kamu.

Harris menyampaikan untuk berwaspada kepada agen usaha Cina lokal yang kenakan ongkos $ 800 untuk terjemahan bahasa Inggris yang jelek dari terapan usaha. “Kesempatan kamu buat mendaftar perusahaan kamu merupakan 0,” ujarnya. Melakukan kontrol background utuh atau bahas dengan pemilik usaha Amerika yang lain untuk cari tahu siapa yang umum mereka daftarkan.

“Kami gunakan Baker dan McKenzie, dan harga mahal, akan tetapi kamu mendapat apa yang kamu bayar,” kata Hoffman. “Mereka mengerjakan suatu pekerjaan yang gemilang.”

Seseorang perantara yang penuhi persyaratan harus bisa memberi kabar kamu ke mana kamu harus pergi buat mendaftarkan, apa itu pemerintahan lokal, propinsi atau nasional, serta harus berkata demikian kamu sampai di situ. Harris bercakap, “kamu butuh satu orang yang sudah membicarakan tempat itu sekian kali awal kalinya dan kamu serius harus punya orang yang berkata bahasa Mandarin untuk bersua dengan petinggi lokal.”

6. Siapkan Dokumen Yang Dibutuhkan

“Ada hukum tercatat di China dan ada fakta di dalam lapangan,” kata Harris. Tidak ada teori ini yang berjalan lebih dari pada di document apa yang harus kamu daftarkan.

Kendati naskah yang kamu perlu untuk mendaftarkan WFOE dapat bervariatif dari 1 tempat ke lain tempat, kamu dapat

7. Merk dagang kekayaan cendekiawan kamu.

Pelanggaran kekayaan cendekiawan ialah persoalan besar untuk investor asing di China. Banyak pabrikasi A.S. yakin karena akibat mereka punyai merk dagang dalam rumah, itu akan berada di China, namun bukan itu permasalahannya. Di China, orang pertama-tama yang mendaftar brand dagang miliki hak atas brand itu, lepas dari apa orang itu yaitu orang pertama-tama yang memakai merk dagang itu atau mungkin tidak.

“Seorang bisa mendaftar apa yang kamu berpikir adalah merk dagang kamu,” kata Harris. “Setelah itu, di saat kamu dapat mengirim produk sebesar $ tiga juta, dan produk kamu ditahan di dermaga, kamu mendapatkan panggilan telpon dari satu orang yang menuturkan, ‘Anda gunakan brand dagang ane, dan ane mau menjualnya ke kamu untuk $ 300.000 satu tahun. ‘ Apabila kamu tidak bayar mereka untuk brand dagang itu, barang kamu tak akan tinggalkan China. ”

kamu bisa mendapati terapan merk dagang di sini.

8. Buat Akun bank

Sisi ini mesti mudah dan cepat, lantaran terdapat banyak bank dengan kemunculan besar di China. Coba HSBC, yang berbasiskan di Hong Kong, atau Bank of America, yang bisa kamu dapatkan di semua negeri.

“Apabila kamu bermasalah dengan bank yang tak mempunyai interaksi apa saja dengan bank di Amerika Serikat, dapat sukar buat mencari uang kamu,” kata Wong. “kamu ingin menegaskan kamu miliki bank di Amerika Serikat serta bank di China yang punyai pertalian yang sama, maka perbankan kamu lebih terbuka.”

9. Mulai Hire staff.

Mengaryakan di Cina merupakan proses yang sulit, terlebih bila tersangkut penerimaan manager. Gak boleh berpikiran jika karena hanya bahasa Inggris satu orang prima, mereka bisa dapat menjalankan usaha secara baik.

“Kalau seluruh perihal yang sama,” kata Frisbie, “keahlian bahasa dapat begitu berfaedah, akan tetapi lebih penting buat punya orang usaha yang pintar dalam andil itu yang dapat jalankan perusahaan sama hal yang kamu perlukan.”

Dalam perkara Hoffman, ia lacak seorang professional jalinan penduduk China dan meminta tiba ke kantor pusat perusahaan di Silicon Valley untuk pelajari seluk-beluknya sepanjang beberapa waktu. Ia lantas kembali pada China dengan semua nilai serta praktek perusahaan dalam pemikirannya serta mulai usaha.

“Aku pikirkan itu benar-benar menolong kami,” ingatnya.

Ada alternatif lain, tentu. Coba mengontak konselor sumber daya manusia dan agency pengayauan di China, serta tidak boleh lewatkan pula masyarakat China atau China kelahiran Amerika yang bersekolah di Amerika.

“Serius pikirkan buat gunakan talenta yang punyai pengalaman di luar negeri yang sudah sanggup mempertemukan komune AS serta dunia usaha China,” Collins mereferensikan.

Kemampuan yang bagus mahal, menurut beberapa pakar, maka kalau kamu mengidamkan yang terbaik, kamu harus siap bayar mereka sesuai sama harga mereka.

“Kalau kamu ke China berharap perjanjian, kamu akan sedih,” kata Hoffman.

Seusai kamu miliki pimpinan tepercaya, mereka harusnya bisa menolong kamu memperkerjakan staff yang lain. Ingat, bagaimanapun juga, kamu penting punya kontrak buat tiap-tiap pekerja yang kamu karyakan, dan manual pekerja. Tanpa ada ke-2 nya, kata Harris, “kamu nyaris tak mungkin menyingkirkan siapa saja.”

“Di China, kamu memerlukan argumen untuk mencoret seorang,” katanya. “Argumen itu butuh ditentukan dalam manual pekerja kamu, apabila tak, eks pekerja kamu bisa tuntut kamu buat mendapat banyak penghasilan.”

10. Tenang saja

Saat ini seusai kamu siap, kamu harus mengatur harapan. Bila narasi Hoffman perihal iklan penerimaan menyatakan suatu hal, hal tersebut bisa jalan lamban di negara yang berkembang cepat ini.

“Kalau kamu tidak tinggalkan lensa Barat kamu, itu dapat bikin frustasi,” kata Hoffman.

Janganlah lekas membuat perjanjian usaha cepat cuma buat mendatangkan keuntungan. Habiskan waktu buat membentuk interaksi usaha di situ. “Ini jauh beda dari AS dalam soal jumlah saat yang dihabiskan buat meningkatkan pertalian usaha saat sebelum kesepahaman yang sebetulnya teraih,” kata Wong.

Apa yang bakal membikin kamu sukses di pasar Cina yakni kesabaran. “Orang Cina sudah menggerakkan usaha lewat cara khusus waktu beberapa ribu tahun. Jangan sampai pikir sesaat jika kamu dapat menggantinya.”

Untuk Anda yang ingin membuka usaha di negeri tirai bambu, SMEBro Company Registration China dapat membantu Anda mengurus semua dokumen dan membantu setiap tahapan yang dibutuhkan untuk mendapapatkan izin usaha di sana.