• Sun. Apr 11th, 2021

Cara Menanam Mangga dengan Benar

Bystarwarsgaming

Dec 18, 2020

Buah-buahan seperti mangga lebih disukai masyarakat, anak-anak dan dewasa. Tanaman mangga banyak terdapat di daerah tropis seperti Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buahnya memiliki rasa yang manis saat masak. Bahkan buah-buahan yang masih muda sering dimakan sebagai lalapan atau makanan lainnya.

Harga mangga yang tergolong murah dan harga yang tinggi kini mangga banyak ditanam dan ditanam. Hal ini dikarenakan konsumsi dan permintaan mangga yang cukup besar serta banyak dimakan tanpa musim tertentu. Ini membuat bisnis penjualan cukup menjanjikan untuk Anda kerjakan.

Tanaman mangga sangat cocok ditanam di daerah tropis seperti Indonesia. Cara menanam mangga juga tidak sulit dan bisa anda lakukan walaupun anda masih pemula dalam berkebun atau bertani. Cara penanaman mangga biasanya dilakukan dengan cara okulasi atau menggunakan bibit mangga bebas penyakit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika Anda membutuhkan pupuk organik cair, silahkan bisa kunjungi tautan tersebut untuk mengetahui info lebih lanjutnya.

Bagi Anda yang masih pemula, metode listing adalah cara yang jauh lebih baik dengan hasil yang lebih cepat dan mudah. Bagi anda yang ingin menanam tanaman mangga, berikut kami akan berikan informasi cara menanam mangga yang baik agar bisa menghasilkan buah dengan menggunakan cara tanam.

Namun sebelumnya silahkan klik disini untuk melihat keragaman bibit mangga yang tersedia.

Cara Menanam Buah Mangga

Ada beberapa tahapan dalam penanaman mangga dengan teknik okulasi, pertama menyiapkan bibit mangga yang baik dan unggul, kemudian menyiapkan areal tanam, proses penanaman serta merawat buah dan pohon mangga agar subur dan sehat.

Persiapan Bibit Mangga Cangkokan

Pertama-tama yang perlu Anda persiapkan adalah memilih atau membuat biji mangga yang sudah dicangkok dan unggul. Untuk bibit mangga yang ditanam bisa dibuat sendiri jika sudah ahli dan jika mempunyai pohon mangga yang bagus dan indah.

Tapi Anda juga bisa membeli bibit mangga ini di toko tanaman atau online. Pastikan anda membeli atau membuat bibit mangga, tidak ada hama atau penyakit tanaman pada bijinya agar nantinya tanaman mangga dapat tumbuh dan menghasilkan buah yang baik.

Persiapan Lahan Tanam

Cara lain dalam menanam mangga adalah dengan menyiapkan lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam tanaman mangga. Kita bisa memanfaatkan tanah atau pekarangan. Sebaiknya pilih atau jauh dari rumah karena nanti filmnya bisa buka atap rumah atau kalah menyusul. Kamu hanya perlu mengencangkan tanah dengan membersihkan area rerumputan dan juga menggemburkan tanah menggunakan cangkul.

Setelah itu buat jarak dari satu pohon ke pohon lainnya dengan jarak sekitar 10 meter per pohon. Kemudian buat lubang persegi panjang kira-kira 50 cm sampai 1 meter pada tiap sisinya, tergantung ukuran bibit mangga yang dicangkokkan yang digunakan. Tambahkan pupuk ke lubang dan tutupi tanah setengah meter, sisakan setengah meter untuk menanam bibit mangga.

Penanaman dan Perawatan

Setelah lubang tanam dibuat, sekarang saatnya memasukkan bibit mangga ke dalam lubang yang telah dibuahi sebelumnya. Masukkan bibit furadan ke dalam lubang dan keluarkan bibit mangga dari polybag atau wadah lain dan letakkan di lubang tanam. Tutupi tanah kemudian siram pagi dan sore hari sampai cukup umur. Nanti Anda hanya perlu minum sehari atau tidak membutuhkan air saat hujan.

Selanjutnya tentang cara menanam mangga, yang terakhir adalah perawatan. Hal ini penting dilakukan agar tanaman mangga dapat tumbuh dengan sehat dan sehat. Ambil ganja dengan cara membersihkan tanaman atau tumbuhan liar yang ada di dahan pohon mangga.

Kemudian gemburkan juga tanah sebulan sekali sampai tanah tidak padat dan bisa minum air dengan baik. Pastikan juga Anda melindungi tanaman mangga Anda dari serangan hama dan penyakit tanaman yang bisa menyerang tanaman mangga.