Menanam Sayuran Dalam Pot

Dewasa ini, menanam sayuran dalam pot menjadi salah satu media berkebun yang dapat dipraktekkan di Rumah. Cara seperti ini sangat efektif bagi pemilik rumah yang tidak memiliki halaman rumah cukup luas untuk menanam sayuran segar organik.

Cara Menanam Sayuran Organik Dalam Pot

Ada banyak jenis tanaman sayuran segera oranik yang dapat ditanam dan dirawat di halaman rumah dengan menggunakan media pot, antara lain cabai, kangkung, tomat, sawi, dan selada. Berikut ini tips menanam sayuran dalam pot dengan benar, yaitu:

1. Menyiapkan Pot

Cara menanam sayuran dalam pot yang pertama adalah, siapkan pot berukuran besar, sedang, atau kecil sesuai selera. Namun, jangan menggunakan pot berukuran dibawah 20 cm, karena ini akan mengganggu pertumbuhan sayuran di dalam pot tersebut.

2. Tambahkan Tanah Humus dan Pupuk Kompos

Selanjutnya, gunakan tanah humus yang masih gembur dan pupuk kompos. Tujuannya adalah, agar sayuran yang kamu tanam mendapatkan oksigen berlebih untuk tumbuh, serta sayuran yang dihasilkan akan lebih segar dan kaya vitamin .

3. Siapkan Bibit Sayur yang telah Disemai

Cara menanam sayuran dalam pot berikutnya, siapkan bibit sayur yang telah di semai. Gunakan bibit sayuran yang telah tumbuh sehelai daun, dan pastikan kondisi tanah yang akan ditanam benar-benar lembab. Sehingga, tanaman akan terlihat subur.

4. Lakukan Penyiraman Setelah Lebih 3-5 Hari

Jangan lakukan penyiraman setelah menanam sayuran kedalam pot, namun tempatkan sayuran yang baru ditanam ketempat yang sejuk. Tujuannya, agar tanaman tidak cepat mati dan membusuk. Kamu bisa melakukan penyiraman setelah 3 hingga 5 hari.

5. Rawat dengan Rutin

Setelah sayuran yang ditanam mulai tumbuh besar, selanjtunya, rawatlah tanaman tersebut dengan sangat rutin. Kamu bisa mulai melakukan perawatan rutin, mulai dari penyiraman, pemberian pupuk , menggunting daun kering, dan mencabut gulma.

Demikianlah informasi menarik tentang cara menanam sayur dalam pot dengan baik dan benar. Apalagi dimasa pandem seperti sekarang ini, menyalurkan hobi dan kegiatan positif menanam sayuran dapat menjadi solusi efektif menjaga stamina tubuh.