Sun. Nov 27th, 2022

 

Gudang adalah fasilitas yang berfungsi sebagai lokasi sampai dengan persediaan dikirim ke pemasok. Hal ini memicu munculnya kebijakan perusahaan untuk secara cermat dan tepat waktu memperkirakan persediaan dan memastikan barang-barang yang dikirim memiliki kualitas barang. Ekspedisi Surabaya Makassar

 

Pengertian gudang menurut para ahli

1.        Perpu No. 5 Tahun 1962

Gudang umumnya merupakan unit stasioner yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan, bukan untuk dikunjungi.

2.        Bowersox (1978: 293)

Gudang adalah tempat di mana Anda dapat menggunakan produk Anda untuk tujuan distribusi.

3.        Perpu No. 5 Tahun 1962

Gudang mungkin ditutup untuk tujuan pemindahan tetapi umumnya tidak dapat diakses, tetapi digunakan untuk menyimpan barang dengan cara khusus untuk menjaga kualitas barang.

Manfaat gudang

1.        Persediaan

Sangat sulit untuk memprediksi permintaan produk yang tepat untuk melayani pelanggan ketika operasi gudang dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan alternatif barang sebelum dikirim ke konsumen.

2.        Sebagai perlindungan barang

Dengan sistem keamanan yang dapat diandalkan, seperti perlindungan, barang mendapat jaminan keamanan dari pencurian, kebakaran, banjir dan keselamatan lainnya.

Produk campuran

Dalam sistem penanganan material, pengiriman dapat dilakukan secara otomatis atau manual dari berbagai sumber sebelum menyortir dan menyiapkan barang sebelum dikirim ke konsumen.

3.        Dalam sistem gudang

Bahan berbahaya dan tidak berbahaya dari bahan berbahaya dan terkontaminasi. Oleh karena itu, diperlukan kode keamanan untuk menghadapi hal tersebut.

Pendukung Produksi (Mendukung Proses Produksi)

Gudang berperan penting dalam meningkatkan produktivitas dengan mendukung proses produksi melalui penyimpanan, transportasi, penanganan materi, dan fungsi lainnya di gudang.

4.        Produk campuran

Pengiriman berbagai jenis barang secara otomatis dan manual dengan sumber dan sistem penanganan untuk memproses dan menyiapkan pesanan pelanggan dan kemudian mengirimkannya ke pelanggan.

Tujuan gudang

1.        Akses gudang

Gudang pasti dibutuhkan untuk memproduksi barang dengan berbagai jenis dan karakteristik. Ada berbagai jenis barang yang bisa langsung digunakan dan ada barang yang harus disimpan sebelum dimakan. Oleh karena itu, peran penyimpanan sangat penting dalam produksi produk.

2.        Kebutuhan pasar

Ada begitu banyak jenis yang sulit untuk dikatakan. Oleh karena itu, diperlukan gudang agar suplai barang ke konsumen tidak terganggu. Gudang dapat digunakan sebagai media distribusi untuk memenuhi kebutuhan pasar.

3.        Pengurangan biaya transportasi dan produksi

Sementara gudang memainkan peran penting dalam mengendalikan dan mengurangi biaya transportasi yang terkait dengan persediaan, gudang dapat mengurangi biaya transportasi selama proses produksi.

4.        Koordinasi penawaran dan permintaan

Gudang memainkan peran penting dalam mengaktifkan penawaran dan permintaan. Ini karena permintaan pasar tidak dapat diprediksi dan rantai pasokan perlu dilanjutkan. Oleh karena itu, ketika produksi meningkat dan permintaan menurun, diperlukan gudang untuk menyimpan barang.

Sistem penyimpanan gudang

Ada dua jenis sistem penyimpanan gudang di perusahaan manufaktur, satu untuk sistem pemesanan dan yang lainnya untuk sistem penyimpanan penyimpanan. Berikut penjelasannya :

        Menyediakan untuk memesan sistem gudang ketika perusahaan menerima banyak permintaan pelanggan. Sektor manufaktur lebih mengutamakan arus penjualan pelanggan dibandingkan dengan produksi barang yang tidak terjual.

          Korporasi adalah sistem gudang di mana produk jadi disimpan. Perusahaan mengembalikan produk ke gudangnya dan memproduksinya (setidaknya      batas stok) saat stok habis.

Perencanaan tata letak gudang yang baik

Sistem pergudangan atau gudang harus dirancang dengan baik agar dapat bekerja dengan baik. Selain mengurangi biaya material handling, sistem penyimpanan yang baik dapat mempengaruhi efisiensi proses penyimpanan.

Ada beberapa metode yang dapat digunakan perusahaan untuk merancang tata letak gudang mereka. Teknik yang dapat digunakan perusahaan untuk merancang tata letak gudang:

           Metode penyimpanan spesifik adalah metode penyimpanan produk dengan menempatkan setiap produk di area penyimpanan tertentu di gudang.

  Sistem penyimpanan berbasis kelas adalah sistem tata letak penyimpanan yang membagi produk menjadi tiga bagian A, B dan C, dengan mempertimbangkan jenis dan ukuran produk.

          Metode Penyimpanan Bersama Dengan menggunakan prinsip FIFO (First In First Out), penyimpanan produk disimpan pada ruangan di sebelah             gerbang I/O.

           Metode continuous storage, yaitu metode penyimpanan produk dengan menempatkan barang dalam batas waktu antar pesanan. Oleh karena itu,             metode ini menggunakan prinsip produksi sesuai pesanan, yaitu penyimpanan barang berdasarkan pesanan pelanggan. Selain itu, sistem penyimpanan   berkelanjutan ini berfokus pada stok tinggi dan stok kecil untuk menekan biaya yang dikeluarkan perusahaan.

Metode masing-masing penempatan gudang di atas memiliki karakteristik dan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Perusahaan dapat mengevaluasi berdasarkan persyaratan kinerja yang harus dipilih oleh perusahaan. Perusahaan harus mempertimbangkan jarak yang ditempuh selama proses penyimpanan/pembuangan serta kenyamanan pengelola pergudangan saat mencari barang di gudang. https://padicargosurabaya.com