Wed. May 25th, 2022

Bagi Anda yang membutuhkan city car terbaik yang gesit dikendarai di daerah perkotaan, maka Suzuki Ignis GL MT merupakan pilihan yang tepat bagi Anda. Mengapa mobil ini disebut gesit? Alasannya, bodi mobil ini  tergolong kecil sehingga mudah untuk menerobos kemacetan yang sering terjadi pada lalu lintas perkotaan.

Bayangkan saja, dimensi Suzuki Ignis GL MT hanya sebesar 3.700 x 1.660 x 1.595 mm ( Panjang X Lebar X Tinggi). Dengan ukuran panjang yang tidak mencapai 4 meter, menjadikannya sangat cocok dikendarai di tengah-tengah lalu lintas yang padat. Terlebih lagi radius putarannya sepanjang 4,7 meter, sehingga praktis ketika mobil memutar.

Meskipun city car merupakan mobil yang mudah dikendarai di dalam kota sebagaimana jenis city car lainnya, tapi Ignis masih memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki jenis city car lainnya. Kelebihan tersebut berupa ground clearance yang berukuran 180 mm. Makanya, tinggi mobil ini dianggap selaras dengan aplikasi gaya eksterior tangguh ala SUV.

Kualitas Mesin Suzuki Ignis GL MT

Suzuki Ignis GL MT memiliki mesin 4-silinder 1.200 cc berkode K12M. Dengan penggunaan sistem pengabutan berupa Multi Point Injection untuk bahan bakarnya, menjadikan mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 83 PS atau sekitar 81,5 HP untuk setiap putaran mesin 6.000 rpm. Torsinya sebesar 113 Nm pada 4.200 rpm. Untuk menyalurkan tenaga dan torsi ke dua roda bagian depan. Digunakanlah transmisi manual 5-percepatan.

Keunggulan city car yang satu ini juga diketahui dari penggunaan bahan bakar yang sangat hemat. Bahkan, telah dilakukan sebagian uji coba yang menunjukkan hematnya mobil ini. Dalam sebuah uji coba, mobil ini dikendarai dalam kecepatan konstan 90 km/jam. Hasilnya, mobil ini ternyata mampu menempuh jarak 22,7 km dan hanya menghabiskan 1 liter BBM beroktan 92.

Desain Bodi Suzuki Ignis GL MT

Dari segi desain bodi,  Suzuki Ignis GL MT memiliki tampilan eksterior yang lebih clean dibandingkan dengan tipe GX. Bahkan, kesan sporty sangat kental pada mobil ini berkat desain bumper depan dan grille-nya.

Sayangnya, lampu utama Suzuki Ignis GL MT masih tertinggal dari city car lainnya. Pasalnya, lampu utamanya masih menggunakan multi reflektor biasa plus bohlam jenis halogen. Tentunya hal ini merupakan salah satu kekurangan yang dimilki oleh mobil ini. Meskipun demikian, bohlam jenis halogen memiliki manfaat yang lain yang sangat besar, yaitu tetap bekerja maksimal dalam memberikan penerangan meskipun kondisi hujan lebat dan berkabut.

Desain Interior Suzuki Ignis GL MT

Berbicara lebih lanjut mengenai desain Suzuki Ignis GL MT, tidak terlihat adanya perubahan yang jelas dari versi sebelum facelift. Tidak perlu heran, karena layout dashboardnya memang sama sekali tidak mengalami perubahan sejak 2017. Meskipun demikian, tempat penyimpanan terbuka dan tertutup yang terdapat di dashboard mobil bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Tidak heran jika barang bawaan yang banyak bisa diikutkan di mobil ini. Dengan begitu, mobil ini sangat efektif digunakan berbelanja ke pasar.

Jumlah penumpang yang bisa dibawa oleh mobil ini sebanyak 5 orang. Hanya, empat orang saja yang bisa mendapatkan headrest proper. Demikian pula seatbelt 3 titik, hanya empat penumpang dan seorang pengemudi saja yang bisa menggunakan.

Demikianlah ulasan mengenai Suzuki Ignis pada postingan kali ini. Jika Anda berada di Surakarta, dan berminat membeli mobil ini silahkan kunjungi suzukisurakarta.com website dealer resmi Suzuki Solo serta dapatkan penawaran promo menarik mobil ini.