Sun. Nov 27th, 2022

Selain tim pemasaran, ada bagian yang posisinya sangat krusial dan akan  berpengaruh pada seluruh eleman dalam perusahan manufaktur.

Posisi ini adalah bagian produksi, dimana mesin di operasikan setiap harinya.

Ketika bagian ini tergantgu, maka akan berdampak signifikan pada bagian lain dalam organisasi prusahaan. Oleh karenanya harus mendapatkan perhatian lebih.

Salah elemen yang mesti kita perhatikan soal keamanan kerja. Ini sudah menjadi isu utama beberapa decade belakangan ini. Bahkan sudah banyak regulasi yang mengaturnya.

Nah, agar perusahaan anda tidak tergangung dan tidak memiliki masalah dengan aturan pemerintah, maka ada baiknya meningkatkan keamanan saat bekerja di pabrik.

Pada postingan dibawah ini akan kami urai apa saja yang kami sarankan untuk meingkatkan keamanan kerja saat berada di pabrik.

Pelatihan keselamatan kerja

LAngkah awal yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti pelatihan keselamatan kerja. Kita belajar betapa pentingnya keselamatan kerja bagi sebuah perusahaan.

Tidak itu saja, kelalaian yang dikira kecil akan berdampak sangat buruk pada pekerja maupun perusahaan secara umum. Sehingga tidak boleh diabaikan begitu saja.

Dengan mengikuti pelatihan kerja tentunya kita berharap tidak terjadi kecelakaan kerja karena kurangnya kesadaran atas keselamtan saat bekerja.

Intinya, setiap pekerja harus tahu urgensi keselamatan bekerja, sehingga mereka tidak menganggap enteng saat diminta menggunakan peralatan safety.

Padahal perusahaan sudah mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit untuk menyediakan peralatan safety untuk bekerja, tapi tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Perlu juga diketahui bahwa kualitas peralatan safety juga harus menjadi pertimbangan penting, karena ternyata ada beberapa distributor peralatan safety yang tidak jujur.

Aset Berkinerja Tinggi Adalah Aset yang Aman

Seperti kata pepatah, “Anda bisa melukai diri sendiri jauh lebih buruk dengan pisau tumpul daripada yang tajam.” Ini juga berlaku untuk alat berat. Mesin baru bekerja dengan mudah dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Namun, setelah keausan yang cukup, setiap mesin mencapai titik puncaknya. Jika Anda menjalankan peralatan melewati batas yang direkomendasikan dan tidak memperhatikan kinerja dan kondisinya,

Anda sedang memancing masalah. Situasi ini dapat mengakibatkan daftar masalah yang tidak ada habisnya yang menciptakan bahaya bagi pengguna dan juga orang di sekitar mesin.

Menggunakan oli  yang tepat akan membantu menjaga mesin berfungsi pada tingkat tertinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. Sebaliknya, salah satu cara tercepat untuk menjalankan mesin adalah dengan tidak melumasinya atau melumasinya secara teratur.

Hal ini tidak hanya menyebabkan alat berat yang berfungsi dengan cara yang tidak terduga, tetapi juga alat yang dapat mogok secara tidak terduga dan bahkan membahayakan operator dalam prosesnya.

Strategi pemeliharaan seperti pemeliharaan prediktif sangat berguna dalam meningkatkan keandalan dan ketersediaan aset kritis.

Dengan lebih memahami peralatan Anda dan mengidentifikasi kapan akan mulai aus, Anda akan tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerusakan mesin. Pada akhirnya, mesin yang dioperasikan dalam kondisi optimal oleh orang yang tahu cara berinteraksi dengannya sangat kecil kemungkinannya untuk menimbulkan masalah keselamatan.

Jaga Fasilitas Anda Rapi dan Terorganisir

Adalah umum untuk berpacu dengan waktu sepanjang hari. Di sebuah pabrik di mana banyak orang mengoperasikan mesin besar dan setiap individu berusaha bekerja secepat mungkin untuk membuat kemajuan pada jadwal yang sibuk, kecelakaan dapat terjadi yang seharusnya dapat dicegah.

Ini mungkin melibatkan kotak kosong yang menghalangi jalan, tumpahan cairan yang akan dibersihkan nanti, kabel dan selotip yang akan disingkirkan segera setelah pesanan berikutnya diisi, dll.

Selama tekanan hari itu, dapat dimengerti bahwa tugas mengatur dan membersihkan dapat didorong kembali ke setiap kali seseorang memiliki waktu. Namun, pada akhirnya, ini bisa menjadi masalah keamanan yang besar.

Tinjau Tata Letak Fasilitas Anda untuk Kemungkinan Bahaya

Anda mungkin telah bekerja di fasilitas Anda selama bertahun-tahun dan tahu di mana semuanya berada, tetapi itu tidak berarti semua orang juga melakukannya. Pastikan bahwa ada pencahayaan berkualitas di setiap area fasilitas Anda, terutama di sekitar rambu.

Juga, pesan di balik setiap tanda harus dipahami sepenuhnya oleh semua karyawan untuk memastikan semua orang tahu tindakan pencegahan keselamatan apa yang harus diambil.

Jika fasilitas Anda memiliki sistem perpipaan, berhati-hatilah dalam memberi label pada setiap isi pipa. Bila ada pipa yang rusak, perbaiki atau ganti sebelum kerusakan bertambah. Selalu mengharapkan yang terburuk dan bersiaplah sesuai dengan itu.

 

By Drajad