• Wed. Dec 2nd, 2020
Nikmati Secangkir Americano Coffee Dengan Rasa yang Nikmat

Americano coffee adalah minuman espresso dengan air panas. Nama Americano diambil dari cara orang Amerika minum espresso. Dengan kata lain, menyebut Americano dianggap sebagai lelucon dan sebuah ejekan kepada orang Amerika yang suka espresso yang lebih encer.

Berbagai minuman berbahan dasar espresso sudah populer di banyak kedai kopi di Indonesia. Minuman kopi pun beragam, mulai dari espresso itu sendiri, lalu latte, mocha, cappuccino, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak variasi kopi, sudahkan anda mencoba kopi Americano?

Apa Itu Americano Coffee?

Secara sederhana, kopi Americano mirip dengan kopi hitam (black coffee) atau sering disebut dengan kopi tubruk. Namun, cara pembuatan kopi americano sebenarnya tidak seperti kopi hitam. Kopi Amerika dibuat dengan satu atau dua cangkir espresso, dan kemudian air panas ditambahkan diatasnya. Sedangkan kopi hitam adalah seduhan bubuk kopi tanpa espresso. Oleh karena itu jangan sampai salah karena kopi hitam berbeda dengan kopi hitam.

Anda tidak akan menemukan krema yaitu buih berwarna cokelat yang pekat dan kental seperti espresso di kopi americano. Pasalnya, krema yang biasanya ada di permukaan espresso sudah terpecah oleh air panas. Hal ini yang menyebabkan bentuk Americano hampir menyerupai kopi hitam.

Rasio espresso dan air panas yang paling umum digunakan dalam penyajian adalah 1: 4. Satu digunakan untuk single atau double shot espresso, sisanya rasio 4 digunakan untuk air panas. Secangkir Americano biasanya disajikan dalam gelas berukuran 240 ml.

Selain rasio tersebut, beberapa orang menggunakan rasio 1: 2 atau bahkan 1: 1 tergantung selera  karena rasa kopi yang disukai setiap orang berbeda. Kalau bicara soal rasa, tidak ada kopi terbaik untuk membuat kopi americano. Anda dapat menggunakan single origin atau coffee blend.

Rasa yang Dihasilkan Americano

Berdasarkan proses pembuatannya yang relatif mudah, sebagian orang mengira Americano menghasilkan rasa yang sama dengan espresso. Nyatanya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena kopi americano ini rasanya lebih ringan dari espresso.

Tidak hanya itu, Americano juga disajikan dengan suhu cenderung lebih tinggi dibanding menu varian kopi lainnya. Kini kopi klasik americano ini sudah menjadi menu populer karena rasanya yang unik. Jika Anda tertarik menikmatinya di rumah, Anda bisa menggunakan metode filter atau French press.

Untuk mempercepat dan mempermudah proses pembuatan americano, NESCAFɮDolce Gusto dapat dijadikan sebagai alternatif untuk membuat secangkir Kopi Americano yang nikmat dan aroma yang menenangkan. NESCAFɮDolce Gusto adalah mesin modern yang mudah digunakan dan dilengkapi dengan berbagai varian kapsul pintar, termasuk kapsul NESCAFɮDolce Gusto Americano.

Kapsul pintar adalah jenis kapsul yang secara otomatis mengatur tekanan yang harus dikeluarkan saat membuat kopi termasuk americano coffee. Misalnya kopi bertekanan tinggi digunakan untuk kopi espresso ukuran kecil, dan kopi bertekanan rendah digunakan untuk membuat secangkir Latte Macchiato dengan busa tebal di atasnya.