Wed. May 25th, 2022
beli rumah

Membeli rumah tentu saja tidak sama dengan membeli pakaian di mall. Kita harus mempertimbangkan banyak hal.

Bahkan kita harus ekstra hati-hati karena uang yang akan kita keluarkan bukanlah dalam jumlah yang sedikit, kalau cash anda bisa keluaran ratusan juta.

Oleh karenanya, kita tida boleh gegabah dan salah langkah. Tidak ada toleransi untuk salah agar anda tidak menyesal di kemudian hari.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin berbagai beberapa tips yang perlu anda ketahui saat ingin membeli rumah pertama anda.

Mari kita bahas sama-sama.

Lokasi dan akses

Pertimbangan pertama yang harus anda lakukan saat akan membeli rumah, baik kredit maupun cash adalah lokasi rumah tersebut.

Pastikan memiliki akses yang bagus ke beberapa spot yang penting. Terutama jalan utama yang akan anda gunakan setiap harinya. Pastikan jalannya juga bagus.

Jarak dari tempat anda beraktifitas juga perlu di pertimbangkan. Karena tentu saja ini akan menghabiskan uang anda untuk transportasi.

Jika anda sudah punya anak usia sekolah, usahakan tidak jauh dari sekolah tersebut.

Banyak yang tidak menyadari bahwa pada akhirnya mereka harus mengeluarkan biaya ekstra hanya karena salah memilih lokasi rumah, terutama biaya untuk transportasi.

Kebutuhan keluarga

Perhatikan anggota keluarga anda. Rumah yang anda butuhkan tentu saja dipengaruhi oleh jumlah anggota keluarga anda.

Keluarga dengan 5 orang anak tentu saja berbeda dengan keluarga 1 orang anak. Ada kebutuhan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda.

Bahkan kalaupun anda membeli tanah, anda butuh tanah yang lebih luas dari biasanya.

Ini pertlu dipertimbangkan sejak awal agar anda tidak berfikir lagi untuk membeli rumah lain yang lebih layak dari rumah sekarang, biasanya ini justru meningkatkan jumlah uang ynag keluar.

Kredit atau Cash

Kita juga perlu mempertimbangkan untuk membeli secara kredit maupun cash.

Harus dipelajari dan dianalisa secara mendalam. Karena masing-masing keluarga tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga pertimbangannya juga berbeda.

Jika anda membutuhkan biaya yang lumayan besar dalam waktu dekat sementara penghasilan tidak terlalu stabil, maka kami sarankan untuk kredit saja.

Tapi, jika anda punya penghasilan tetap. Kami sarankan untuk cash, sehingga tidak perlu memikirkan cicilan setiap harinya. Pastikan kreditnya system syariah ya.

Legalitas dan izin

Ini adalah bagian yang paling sering dianggap sepele oleh pembeli pemula.

Padahal ini adalah elemen paling penting saat kita membeli rumah. Kita harus memastikan tempat kita membeli rumah tersebut sudah lengkap surat-suratnya.

Terutama surat IMB dan SLF. Ini penting untuk anda miliki.

Jika anda tidak tahu apa itu SLF, kami sarankan untuk bertanya langsung pada konsultan SLF terdekat, karena ini penting untuk anda ketahui.

Setidaknya itulah beberapa hal yang perlu anda perhatika nsaat ingin membeli rumah. Jangan sampai anda salah membeli rumah dan rugi ratusan juta.

By Mister Jago

Kami hadir dengan berbagai harapan untuk membagikan berbagai informasi menarik melalui postingan blog. Kunjungi kami di https://litleproject.my.id