Tue. Sep 27th, 2022

Pantai Jetis berada di Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag, Purworejo, Jateng 54265, Indonesia. Purworejo sebuah kabupaten yang terkenal dengan makanan keunikan yaitu rengginan yang begitu gurih dan renyah.

Selain terkenal dengan makanan antiknya, wilayah ini memiliki bermacam tempat rekreasi bahari yang begitu menarik lho. Oleh karena itu kami akan mengulas terkait satu diantaranya tempat rekreasi pantai yaitu Pantai Jetis Purworejo.

Pantai Jetis saat ini cukup populer di barisan wisatawan karena ada spot payung-payung yang menggantung di pohon. Sudah pasti, ada spot foto dari payung bermacam warna dapat membuat wisatawan memiliki foto liburan yang Instagramable.

Riwayat Pantai Jetis Porworejo

pantai Jetis ada di Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo yang berada bersisihan dengan Pantai Ketawang Elok. Sebagian orang menyangka Pantai Jetis sama dengan Pantai Ketawang. Tapi melalui informasi dari masyarakat Pantai Jetis dan Pantai Ketawang itu berbeda, tetapi lokasinya berdekatan.

Beritanya, Pantai Jetis dulunya terhitung Pantai Ketawang satu nama tetapi saat ini telah berpisah karena beberapa hal yang membuat ada nama Pantai baru.

Sebelum jadi sebuah tempat rekreasi pantai yang bisa dikunjungi oleh beberapa wisatawan, dahulu pantai ini sebagai kawasan yang digunakan sebagai galian tambang pasir besi oleh PT Berbagai Tambang.

Tapi pada tahun 2007 lalu PT itu mengakhiri kegiatan galian pasir besi di pantai ini. Oleh karena itu, karenanya pemerintah stempat mulai atur pantai ini dengan kerjakan reklamasi yang kelak memiliki arah jadi sebuah tempat rekreasi bahari untuk masyarakat atau wisatawan.

Karena tempat ini sebagai tersisa tambang pasir, pada sekitar tahun 200 kawasan pantai ini masih tetap ada ada banyak lubang galian tambang yang belum dirampungkan.

Tapi, bertepatan dengan berjalannya waktu pemerintah pada tempat dan ikut masayarakat terus usaha membuat dan menjadikan kawasan pantai ini sebagai lokasi wisata.

Harga Ticket Masuk Pantai Jetis

HTM masuk Pantai Jetis, Purworejo, Jateng hanya Rp 2000 untuk kendaraan bermotor. Dan kendaraan memiliki roda 4 atau mobil memiliki harga ticket masuk sebesar Rp 5000.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Jetis

Nach, jika Anda akan bertandang Pantai Jetis ini aksesnya cukup mudah kok. Ingat pantai ini berada di Kabupaten Purworejo, karenanya untuk sampai di tempat rekreasi ini bisa menggunakan bermacam alternatif. Anda bisa datang dari arah Yogyakarta, Kebumen atau Kota Purworejo sendiri.

Berikut lajur ke lokasi wisata pantai Jetis Purworejo:

1. Jalur Arah Purworejo – Wonosobo

Dari arah Purworejo kota atau dari Wonosobo, ke pantai Jetis cukup mudah untuk dicapai. Jika dari arah Wonosobo atau Purworejo kota bisa mengambil lajur jalan ke arah Kutoarjo.

Beberapa wisatawan bisa lewat samping atau selatan stasiun Kutoarjo seterusnya lurus langsung ke arah arah pantai, lalu wisatawan akan sampai di Jalan Deandles. Silahkan, Anda lurus terus setelah berjumpa jalan Deandles sudah terlihat Gapura pantai Jetis.

2. Jalur Arah Yogyakarta

Seterusnya, lajur dari arah Pantai Yogyakarta ke pantai Jetis bisa melalui Jalan Wates ke Purworejo. Patuhi jalan lurus kembali sampai Anda menjumpai ada gardu tercatat selamat datang Purworejo.

Apabila sudah menjumpai ada gardu itu karenanya wisatawan bisa ambil jalan belok kiri di pertigaan yang ada pos polisi Selanjutnya, Anda bisa lurus lewat jembatan Congot, ambil jalan lurus sampai lewat Jalan Deandles.

Selanjutnya, Anda lanjutkan perjalanan turuti arah lurus lewat pertigaan Pantai Jatimalang. Patuhi jalan lurus lewat pertigaan ke Pantai Keburuhan, lalu patuhi arah jalan lurus sampai Anda menjumpai ada tulisan pinggiran Desa Patutrejo, di sisi kiri ada tulisan Gerbang Pantai Jetis.

3. Jalur dari Kebumen

Anda juga bisa sampai di Pantai Jetis lewat lajur dari arah Kebumen. Akses jalannya bisa lewat Pantai Petanahan seterusnya ke Jalan Deandles. Dari arah Purworejo seterusnya lurus saja sampai menjumpai ada gerbang tulisan Pantai Jetis.

Object Rekreasi di Pantai Jetis

1. Taman Payung

Memiliki watak ombak yang cukup besar memang berpengaruh untuk wisatawan, oleh karena itu wisatawan pantai ini lebih dianjurkan untuk cicipi fasilitas yang ada di pinggir pantai dibandingkan berenang di tengah laut.

Satu diantaranya fasilitas yang ada di pinggir pantai ini yaitu Taman Payung. Taman Payung ini sebuah taman yang banyak dengan pohon pinus. Uniknya tiap atas jalan taman ini dihias dengan payung yang berwarna-warni.

Ada Taman Payung ini digunakan oleh wisatawan sebagai tempat rileks atau hunting foto. Oleh karena itu tempat ini menjadi favourite anak-anak muda sebagai spot yang instagramable.

2. Motor ATV

Seterusnya, fasilitas atau objek di Pantai Jetis ada penyewaan motor ATV. Kendaraan ini dapat digunakan oleh beberapa pengunjung untuk cicipi keindahan pantai dengan susuri bibir pantai yang cukup panjang. Ini karena pantai ini ialah pantai yang panjang di Purworejo.

3. Ombak Besar dan Pasir Hitam

Aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berlibur di pantai ini dengan bermain pasir. Daya tarik Pantai Jetis yaitu memiliki ombak yang besar dan pasir hitam, bentuk ombak-nya yang bergulung-gulung dapat menjadi spot foto ini. Beberapa wisatawan bisa melihat panorama pantai dengan duduk di gazebo yang berada di sepanjang bibir pantai.

4. Gardu Pandang atau Menara

Ada sebuah menara dari bambu dengan beberapa spot untuk berfoto yang paling Instagramable. Beberapa wisatawan bisa naik ke menara dikenakan biaya 5000 per-orang.

Gardu pandang yang dimiliki pantai ini memiliki bentuk dan tinggi yang lain tapi sudah pasti dibuat tetap menarik. Sebagai perhatian yaitu bila gardu pandang ini dihias dengan ukir-pahatan bunga yang membuat pola hati.

Dari ketinggian, Anda bisa makin suka melihat pemandangan pantai yang paling elok sekaligus cicipi suara deburan ombak yang gemuruh. Wisatawan tak perlu takut naiki gardu pandang karena tidak begitu tinggi dan bisa digunakan untuk spot photo dengan bermacam hiasan dan latar belakang panorama pantai.

5. Spot Photo Tulisan Love

Daya tarik tempat rekreasi di Pantai Jetis tidak cuma ada payung beberapa warna yang bergelantungan. Tapi ada spot foto tulisan ‘LOVE’ yang baru dibikin sampai dapat percantik foto Anda saat mendokumenkan foto di pantai ini. Tidak aneh bila sebagian besar pengunjung pantai ini adalah anak muda karena spot fotonya betul-betul populer.

6. Nikmati Sunset

Anda dapat melakukan aktivitas di pantai ini dengan semakin lama menghabiskan waktu dan sekalian menunggu sunset tiba. Ini bukan tanpa argument, karena itu menunggu sampai sore, Anda bisa menyaksikan panorama sunset yang begitu menarik. Ditambahkan dengan adanya hembusan angin laut dan sinaran cahaya orange yang kelihatan begitu hangat.

7. Pohon Mangrove

Kenali di sekitar pantai ada pemandangan rimba Mangrove yang percantik pantai, selain elok untuk dilihat sudah tentu jejeran pohon mangrove itu dapat menjadi spot foto yang Instagramable.

Sarana Pantai Jetis

Usaha yang telah dilaksanakan pemerintah pada tempat dan pengurus bukan hanya pada tempat rekreasi pantai saja, tapi ini bisa dilihat dari kenaikan fasilitas partisipan untuk wisatawan yang sudah ada, misalkan :

1. Tempat Parkir

Tempat parkir ini sudah dipersiapkan lengkap dengan petugas parkir yang siap membantu wisatawan saat kerjakan parkir, sampai wisatawan tidak kesulitan saat kerjakan parkir kendaraan.

2. Gazebo

Di sekitar kawasan pantai ada beberapa gazebo yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk istirahat. Tapi, ternyata agar bisa menggunakannya wisatawan akan dikenai biaya sewa.

Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk sewa gazebo, karenanya Anda sebaiknya membawa alas sendiri sebagai alas untuk istirahat ya.

3. Warung Makan

Saat bertandang pantai ini tapi kekurangan bekal makanan atau malah memanglah tidak membawa perbekalan pun tidak jadi persoalan. Karena di pantai ini ada bermacam warung makan yang siapkan makanan dan minuman dengan pilihan yang beragam jenis.

Oleh karena itu, Anda dapat membeli makanan atau minuman di pantai ini untuk isi perut sekaligus tenaga yang sudah terkuras. Toilet diimbangi dengan tempat bersihkan bisa juga Anda gunakan saat berwisata di pantai ini.

Jika kamu ingin bepergian bersama keluarga, kamu bisa menggunakan layanan sewa bus Jogja milik Genjos Holiday. Sehingga kamu tidak perlu repot lagi memikirkan rute, harga tiket, dan lain-lain.

Tapi menurut kami fasilitas toilet ini perlu diperbanyak agar tidak ada barisan yang panjang saat keadaan pantai ramai dikunjungi wisatawan.