Pantai Rancabuaya Garut, Arah Rekreasi Alternative di Kota Intan

Pantai Rancabuaya sebagai salah satunya pantai yang ada di kabupaten Garut. Sekarang ini pantai Rancabuaya mulai dikenali dan menjadi satu diantara arah rekreasi pantai selatan di kabupaten Garut. Pantai ini ada di Dusun Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut dan memiliki jarak lebih kurang 135 KM dari pusat perkotaan Garut.

Secara administrative, pantai Rancabuaya bersebelahan dengan Dusun Caringin di samping utara, dan dengan Samudra Hindia di samping barat. Samping selatan bersebelahan dengan Dusun Indralayang, dan di samping timur bersebelahan dengan Dusun Sinarjaya.

Lingkungan Alam

Pantai Rancabuaya ada di ketinggian 0-200 mtr. di permukaan laut dengan curahan hujan 1.200 mm/tahun dan pencahayaan matahari yang dan kemampuan tiupan angin kecil. Keadaan perairan pantai warna biru, berbau air normal, dan suhu normal.

Tinggi gelombang rerata kurang dari 1 mtr., dan bahan dasar laut berbentuk pasir lembut, batu karang, dan pasir kasar terhitung wilayah sejauh garis pantai.

Kemiringan laut agak miring, dan banyak rumput laut dan ganggang hijau sebagai flora laut menguasai. Dan fauna laut dominannya ialah ikan tuna dan ikan karang.

baca : 5 Tempat Rekreasi di Pelabuhan Ratu jawa barat

Lokasi Pantai Rancabuaya

Ada banyak jalur yang dapat anda pakai untuk capai pantai Rancabuaya. Anda dapat memakai lajur Garut – Pameungpeuk – Rancabuaya , dengan keadaan jalan yang baik.

Namun ada masih tetap ada jalan bergelombang disekitaran wilayah gunung gelap tetapi tidak begitu panjang. Lajur yang lain ialah lewat jalur Garut – Bungbulang – Rancabuay

baca : Yok, Telusuri 10 Tempat Liburan Di Raja Ampat Sangat Memesona!

Pantai Rancabuaya dari Bandung

Disamping itu ada jalur ke arah lokasi lewat Pangalengan Bandung. Lajur yang paling akhir jadi jalur favorite karena keadaan jalannya yang baik. Bila anda dari wilayah Bandung dan sekelilingnya, lajur ini lebih kami anjurkan buat anda mengambil.

Untuk ke arah pantai rancabuaya dari Bandung anda bisa lewat lajur Pangalengan – Rancabuaya. Lajur ini telah bagus, bahkan juga dari pangalengan s/d tepian Cisewu telah di hotmix dan lumayan lebar. lajur ini terhitung dalam lajur propinsi yang direncanakan akan jadi lajur termbus ke arah lajur selatan jawa barat.

Sejauh perjalanan anda akan disajikan panorama hijau ciri khas priangan hingga tidak berasa menjemukan. Namun agar lebih waspada karena jalannya yang berliku.

baca juga : paket pulau macan jakarta

Fasilitas

Di sekitar pantai rancabuaya telah ada beberapa hotel kecil dan villa yang dapat anda gunakan. Tempat parkir dan sarana umum seperti gazebo dan tolilet juga ada.

Pantai Rancabuaya sebagai type pantai batu karang dan berombak besar hingga kurang pas untuk berenang. Ketika kering, anda dapat menyaksikan banyak ikan kecil berwarna-warna yang terjerat di batu karang. Pantai ini tidak memiliki panorama matahari keluar (sunrise) tetapi lebih dikenali dengan keelokan sunsetnya.