Wed. May 25th, 2022

Gunungkidul kerap dibilang surganya pantai di Provinsi wilayah khas Yogyakarta. soalnya wilayah ini mempunyai lapis pantai yang bagus. Mulai dari pantai yang telah terkemuka semacam Pantai indrayanti, Pantai Siung, atau Pantai Baron, hangat hangat ini mulai banyak pantai yang dibuka buat wisata. Salah satunya merupakan Pantai Watu Lawang yang diapit oleh 2 pantai adalah Pantai Indrayanti yang berkecukupan di bagian barat serta Pantai Pok Tunggal yang berkecukupan di bagian timur.

Pantai Watu Lawang ini punya pesona keelokan bebatuan karang yang bergabung dengan pasir putih yang bersih. Pantai ini dikenal Pantai Watu lawang lantaran kedapatan liang batu yang dikenakan oleh rakyat buat perayaan terdapatt sadranan ataupun normal yang diucap dengan perayaan nyandran (perayaan adat yang dilaksanbakal pada bulan Sya’ban dalam takwim Muslim). ujar watu lawang didapat dari Bahasa Jawa dengan tutur ‘watu’ berarti batu serta ‘lawang’ yang berarti pintu, jadi ‘watu lawang’ berarti batu yang serupa dengan pintu, pintu batu itu cuma terbuka serta bisa dimasuki oleh orang banyak pada perayaan adat nyandran itu saja.

bagi rakyat kurang lebih goa itu yaitu sisa jejak dari Prabu Brawijaya VI. Pantai Watu Lawang terpecah selaku 2 adalah bagian barat goa kedapatan zona pantai yang tidak begitu lapang sementara itu di bagian timur goa kedapatan zona pantai yang agak lapang. Di pantai ini tamu bisa memandang cekungan-cekungan batu karang yang cuma dapat ditemui di pantai ini saja, di cekungan itu kedapatan ikan ikan kecil yang elok. Pantai Watu Lawang pula bisa dikenakan buat keaktifan camping lantaran mempunyai rataan yang dapat dikenakan buat mendirikan kamp, namun buat perlengkapan camping harus di persiapkan sendiri lantaran disini belum cawis tempat rental.

Diatas batu karang pula kedapatan gazebo ataupun gardu tatapan yang memfokus ke laut yang bisa dikenakan oleh tamu buat melihat lautan. lazimnya gazebo ini dikenakan tamu buat diambil foto, akan tetapi tidak cuma di gazeboa namun pula di jembatan bambu. tamu harus berhati-hati bila berharap menyebrang ke karang ataupun gazebo itu lantaran aliran yang besar bisa mencelakakan kebahagiaan. melainkan itu memandang sunset serta sunrise di pantai ini pula selaku kesukaan buat para tamu lantaran tamasya alam itu amat bagus.

jikalau kalian berharap bersambang ke Yogyakarta dengan gampang serta jimat, dapat memesan Paket Wisata Jogja di visit-jogja.com yuk…

 

Letak Pantai Watu Lawang

Lokasi Pantai Watu Lawang ini amat gampang buat dijangkau serta dilewati lantaran jalur ataupun aksesbilitas dari serta mengarah Pantai Samas ini telah pantas serta cantik. tetapi letak Pantai Watu Lawang ini amat jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

tujuan dari Pantai Watu Lawang persisnya berkecukupan di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, wilayah khas Yogyakarta.

 

Arah Mengarah Pantai Watu Lawang

Rute mengarah Pantai Watu Lawang ini amat gampang buat dijangkau. jikalau kalian dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur menjalani jalur KH. Ahmad Dahlan mengarah jalur Panembahan Senopati 9, dekati di perempatan ke arah selatan menjalani jalur Brigjen Katamso, kemudian lurus tetap dekati di perempatan kearah timur menjalani jalur Kolonel Sugiyono, dekati di pertigaan ke arah selatan menjalani jalur Sisingamangaraja, seterusnya lurus tetap mengarah jalur Imogiri Barat, dekati di pertigaan ke arah timur menjalani jalur bakulan Imogiri, dekati dipertigaan ke arah barat menjalani jalur Imogiri Siluk kemudian jalur tetap menjalani jalur Siluk Panggang, kemudian jalur tetap membuntuti jalur Siluk Panggang, kemudian dekati di pertigaan ke arah timur menjalani jalur Raya Panggang Wonosari, kemudian jalur tetap mengarah jalur Pantai Sel. Jawa, lurus tetap senantiasa berkecukupan di jalur Pantai Sel. Jawa, dekati di pertigaan ke arah timur ke jalur Trenggale Watulawang, ikuti tetap jalur yang ada sampai kalian akan dekati di Pantai Watu Lawang.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Watu Lawang kurang lebih merupakan 66,4 kilometer serta durasi tempuh wajar alat transportasi bermotor dari pusat Kota mengarah Pantai Watu Lawang kurang lebih 1 jam 51 menit.

 

Harga Tiket Masuk & Parkir Pantai Watu Lawang

Harga karcis masuk Pantai Watu Lawang ini ekonomis adalah Rp 10.000,-/orang. Dengan karcis masuk itu tamu pula bisa menikmati pantai pantai lainya semacam Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, Pantai Kukup serta yang lain. Harga karcis ini telah selaku standar buat merambah wilayah pantai di wilayah Gunungkidul.

sebaliknya buat anggaran parkir di Pantai Watu Lawang adalah Rp 5.000,- buat sepeda motor serta Rp 10.000,- buat parkir mobil. Baca juga wisata Pantai Slili di Gunungkidul, pantai yang indah dengan banyak tempat makan di pinggir pantai.

 

Sarana Pantai Watu Lawang

Fasilitas Pantai Watu Lawang telah agak sempurna buat para pengunjung yang berharap angkat kaki ke Pantai Watu Lawang, antara lain merupakan:

1. kedai makan

2. Kamar mandi

3. Tempat parkir

4. Gazebo

5. Musholla