• Wed. Dec 2nd, 2020

Pengertian, Fungsi & Contoh Dokumen

Byzuzum gaul

Oct 31, 2020

Dokumen merupakan salah satu elemen terpenting dalam manajemen kantor karena seorang pekerja kantoran harus sangat paham dengan hal yang satu ini. Namun, cukup banyak orang yang mengetahui pentingnya dokumen.

Singkatnya, dokumen dapat diartikan sebagai surat berharga tertulis dan tercetak yang berfungsi sebagai bukti atau informasi. Misalnya, isi dokumen ini mungkin mirip dengan biografi atau profil perusahaan, atau isi ringkasan hasil laba rugi perusahaan.

Definisi dokumen

Dokumen tersebut berasal dari bahasa Inggris dan Belanda. Dokumen yang menurut kamus besar bahasa Indonesia diartikan sebagai sesuatu yang tertulis atau dicetak untuk dijadikan bukti atau informasi bisa sangat banyak jumlahnya dan jenisnya.

Karena jumlah dan jenisnya sangat besar, biasanya jenis dokumen yang berbeda perlu diatur dengan benar agar lebih mudah disimpan dan lebih mudah ditemukan kapan saja.

Definisi lainnya adalah bahwa suatu dokumen dapat diartikan dalam bentuk surat atau benda berharga yang memuat hal-hal penting termasuk catatan dan dapat digunakan sebagai bukti pendukung suatu informasi agar lebih persuasif.

Menurut kamus pribadi, dokumen dipahami sebagai semua catatan tertulis yang dicetak dan tidak dicetak serta semua objek yang memiliki informasi pilihan yang dikumpulkan, disusun, disediakan dan / atau didistribusikan.

Fungsi dokumen

  • Banyak pihak yang mencari dan membutuhkan informasi yang isinya berkaitan dengan isi dokumen.
  • Digunakan untuk memastikan kebutuhan dan keaslian atau keaslian informasi yang terkandung dalam suatu dokumen.
  • Digunakan untuk menyimpan dokumen sedemikian rupa sehingga keasliannya tidak rusak.
  • Merupakan bukti deskripsi suatu tipe dokumen.
  • Digunakan sebagai alternatif untuk menyimpan dan menyimpan dokumen secara fisik.
  • Dalam dunia penerbangan, khususnya dalam hal ini bisnis kargo, terdapat contoh nyata bagaimana sebuah dokumen bekerja dalam kehidupan nyata. Dokumen merupakan elemen yang sangat penting dalam kelengkapan dan pengaturannya.
  • Selain itu, pengolahannya juga mencakup jasa operator gudang. Artinya dokumen yang dihasilkan harus rapi dan benar setelah dibuat. Ini dilakukan untuk menghindari kebingungan.

Contoh dokumen

  • Dokumen Verbatim, contoh dokumen verbatim termasuk perpustakaan atau sektor publik seperti buku, majalah, laporan seperti koran, disertai brosur dan skripsi.
  • Dokumen perusahaan, misalnya dokumen ini, meliputi area yang kental dengan sejarah yaitu museum seperti fosil, arca atau candi, mata uang kuno dan pakaian adat.
  • Surat Kuasa adalah dokumen yang memuat surat kuasa atau surat kuasa untuk seseorang yang dipercaya untuk bertindak atas nama orang lain pemberi surat kuasa. Ini karena pemberi tidak bisa melakukan pekerjaan itu.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Tunggu artikel menarik lainnya.

Lagi butuh jasa ketik dokumen? bisa kunjungi tautan tersebut, jasa pengetikan di rismanbro cukup berkualitas & hasil memuaskan.