Sun. Nov 27th, 2022

Teks Biografi: Pengertian, Struktur, dan Cirinya | Bahasa Indonesia Kelas 10

Biographical Text – Kali ini saya akan menjelaskan tentang Biographical Text. Daripada penasaran, berikut penjelasan lengkapnya.

Definisi Teks Biografi

Teks biografi adalah teks yang menceritakan kisah seseorang, biasanya orang yang berpengaruh, pahlawan atau selebritas di masyarakat. Teks biografi dapat menceritakan kisah lengkap dari karakter masa kecil atau hanya menceritakan beberapa cerita selama rentang waktu tertentu. Artikel ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang berbagai aspek tokoh yang diceritakan.

 

Baca Juga : Publikasi Jurnal Cepat

Ciri-ciri Teks Biografi

  • Menulis menurut pola-pola tertentu berdasarkan alur cerita, seperti alur maju, gaya penulisan, sudut pandang, penggunaan bahasa, dan penekanan cerita.
  • Dapat ditulis dalam bentuk fiksi atau nonfiksi.
  • Dapat dikembangkan baik secara naratif maupun deskriptif.
  • Karakter tokoh dapat ditulis secara langsung maupun tidak langsung.
  • Bicara tentang karakter yang menjadi panutan atau membuat perbedaan dalam komunitas.
  • Melibatkan beberapa elemen linguistik seperti kata referensi, konjungsi, waktu, kata kerja, tempat, dan aktivitas.
  • Ditulis dalam bentuk peristiwa, arah atau relokasi menurut struktur tertentu.
  • Pola perkembangan teks biografi biasanya kronologis.

 

Jenis Teks Biografi

  1. Menurut biografi penulis

Jenis biografi ini ditulis sepenuhnya berdasarkan pendapat penulis tentang orang yang diceritakan. Artikel ini dibagi menjadi biografi dan otobiografi.

  1. Biografi berdasarkan konten

Ada dua jenis biografi, yaitu biografi tentang riwayat karier dan riwayat hidup tokoh yang ditulisnya. Biografi jalur karier memuat riwayat pekerjaan yang dilakukan seorang tokoh untuk mencapai keberhasilan yang patut diteladani, sedangkan perjalanan hidup memuat rangkaian peristiwa yang terjadi dalam kehidupan tokoh.

Struktur Teks Biografi

Untuk membuat teks biografi yang baik dan benar, kita harus memahami struktur teks biografi. Ini adalah struktur teks yang dapat Anda terapkan untuk membuat teks biografi yang baik dan benar.

  1. Orientasi

Fase orientasi adalah fase dimana karakter diperkenalkan. Pada tahap ini Anda harus memperkenalkan gambar awal karakter. Maksud dari orientasi awal ini adalah untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang pentingnya tokoh-tokoh yang akan dibahas dalam teks biografi.

  1. Bagian konten

Bagian ini akan menceritakan lebih banyak tentang kehidupan karakter. Biasanya dimulai dari masa kanak-kanak hingga dewasa. Selain itu, bagian konten akan menjelaskan perjuangan para karakter untuk menjadi seperti sekarang ini.

  1. Reposisi

Pada bagian ini, kesimpulan yang terkait dengan peran akan diberikan.

Aturan Bahasa Teks Biografi

  • Kata sifat banyak digunakan untuk menggambarkan orang.
  • Saat mendeskripsikan karakter, penulis menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal, yaitu dia, dia, atau dia. Ini dapat digunakan secara bergantian dengan nama yang menyebutkan karakter.
  • Kata kerja pasif sering digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang dialami oleh karakter.
  • Karena menjelaskan peristiwa atau tindakan yang dilakukan karakter, teks biografi menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskannya.

Contoh Teks Biografi

  1. Contoh Biografi Susi Pudjiastuti

Putus sekolah untuk berjualan ikan adalah hal yang pernah dilakukan Susi Pudjiastuti. Kini, ia dikenal sebagai salah satu pengusaha wanita sukses di Indonesia. Bidang usahanya lebih banyak di bidang perikanan dan hasil laut serta transportasi udara.

Usaha pertamanya sebagai pengumpul ikan di Pangandaran, Banten pada tahun 1983, dibiayai dengan menjual perhiasannya.

Pada tahun 1996, Susi Pudjiastuti mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product, produk unggulan ekspor lobster ke luar negeri.

Ini menjual produk dari Asia ke Amerika. Pada tahun 2004, Susi Pudjiastuti mengambil risiko meminjam 20 miliar dari bank untuk membeli pesawat Cessna Caravan dan mendirikan perusahaan transportasi udara bernama PT ASI Pudjiastuti Aviation.

Bisnis transportasi udara juga berkembang pesat. Dari hanya 1 pesawat, Susi Pudjiastuti kini memiliki puluhan pesawat yang disewakan, baik untuk seafood maupun penumpang.

Selain berkarir sebagai pengusaha makanan laut dan angkutan udara, Susi Pudjiastuti juga pernah menjabat Menteri Perikanan dan Kelautan di era Presiden Joko Widodo.

  1. Contoh Biografi Einstein

Seorang anak laki-laki, lahir pada 14 Maret 1875 di Jerman dari pasangan Pauline dan Hermann Einstein, yang adalah Albert Einstein. Ia juga seorang fisikawan, sering disebut sebagai bapak fisika modern, sayangnya Albert Einstein meninggal beberapa tahun yang lalu, pada tanggal 18 April 1955, di Amerika Serikat.

Masa kecil Albert Einstein sering dianggap sebagai anak autis dan keterbelakangan mental karena kemampuan bahasanya yang lambat, ketenangannya, dan kesukaannya pada kesendirian.

Einstein menjadi tertarik pada fisika pada usia 5 tahun. Ketika ayahnya, Hermann Einstein, memberi Einstein sebuah kompas sebagai hadiah, dia terpesona oleh hadiah itu dan bertanya-tanya apakah ada misteri yang luar biasa.

Sejak saat itu, Albert Einstein sangat gemar mendalami, mempelajari dan memahami segala macam hal, terutama yang berkaitan dengan fisika, seperti kompas dan sebagainya.

Banyak hal dari kehidupan Einstein yang bisa dijadikan pelajaran hidupnya, terutama prinsip atau sifat pantang menyerah pada kegagalan. Jika dulu ia sering disebut sebagai anak autis dan keterbelakangan mental, kini Albert Einstein dianggap sebagai manusia paling berbakat dan juga dikenal sebagai bapak fisika modern.

Yaitu pemahaman, ciri, struktur, jenis, kaidah kebahasaan, dan contoh teks biografi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

By Drajad