Penyebab Dan Cara Menghilangkan Kutu Kucing Mandiri Di Rumah

6 Fakta Tentang Kucing Bengal, Kucing Langka dari Amerika

Bulu kucing yang indah menjadi salah satu faktor yang membuat banyak orang terpikat dan tertarik memelihara kucing. Akan tetapi saying sekali rasanya jika bulu kucing yang lebat dan indah tersebut terserang oleh parasite seperti kutu. Bukan hanya membuat kucing tidak nyaman, tentu saja jika dibiarkan terus menerus, kutu yang menempel di tubuh kucing akan menjadi penyakit berbahaya nantinya. Hal ini karena serangga berukuran kecil ini akan menghisap darah mamalia yang dihinggapinya. Karena itulah penting segera mencari tahu bagaimana cara menghilangkan kutu kucing dengan cepat.

Penyebab Kucing Terkena Kutu

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan kucing terkena kutu yang bahkan tidak disadari pemiliknya. Bisa melalui manusia, hewan lainnya, atau bisa juga karena kendang yang kotor.

Melalui Manusia

Tanpa disadari, manusia bisa jadi penyebab kucing terkena kutu. Hal ini dikarenakan manusia dapat menjadi “media” bagi kutu untuk pindah ke kucing. Bisa saja berasal dari tangan, pakaian, hingga rambut manusia.

Melalui Hewan Lain

Penyebab kucing terkena kutu gatal juga bisa berasal dari hewan lainnya yang berada di sekitar kucing, misalnya saja hewan pengerat di rumah seperti tikus. Mengingat hewan pengerat seperti itu terkenal kotor, bukan tidak mungkin akan banyak bakteri dan kutu yang menempel di tubuhnya. Jika banyak hewan pengerat seperti ini di rumah anda, bisa saja hal ini menyebar ke kucing anda di rumah.

Kandang Yang Kotor

Kandang yang kotor juga bisa menjadi penyebab kucing terserang kutu. Kandang yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan berkumpulkan bakteri dan kutu. Karena itu penting untuk membersihkan kendang kucing anda 2 hari sekali. Tak hanya membuat kucing nyaman, tentu saja ini akan membuat kucing bebas dari kutu.

Perawatan Kucing Yang Terkena Kutu

Ketika anda menemukan kucing anda terserang kutu gatal, maka segera lakukan perawatan khusus sebagai cara menghilangkan kutu kucing. Anda tak perlu khawatir, perawatan ini bisa dilakukan di rumah dengan mudah.

1. Mandikan Kucing Menggunakan Shampo Khusus

Mandi menjadi perawatan wajib yang perlu dilakukan pemilik kucing, bukan hanya membersihkan tubuh dan bulu kucing namun hal ini juga akan membantu menghilangkan kutu dan telur kutu kucing. Namun agar hasilnya lebih maksimal, gunakan shampoo khsusus yang memang direkomendasikan untuk menghilangkan kutu beserta telur-telurnya. Saat ini sudah banyak shampoo khusus untuk mengatasi kutu kucing yang mudah anda temukan di petshop.

2. Manfaatkan Minyak Telon

Anda bisa menggunakan minyak telon untuk cara menghilangkan kutu kucing. Minyak telon banyak digunakan pemilik kucing untuk memberantas kutu kucing dengan mudah. Usapkan saja minyak telon di bagian tubuh kucing yang terdapat banyak kutu. Akan tetapi perlu diperhatikan dalam penggunaan minyak telon sebagai cara menghilangkan kutu kucing yaitu jangan mengoleskan terlalu banyak sehingga tidak smapai terjilat oleh kucing

3. Memastikan Kutu Tidak Datang Kembali

Setelah merawat dan membasmi kutu kucing beserta telur telurnya, maka kini cara menghilangkan kutu kucing selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memastikan kutu tidak datang kembali menyerang kucing anda. Rawat Kesehatan dan kebersihan hewan peliharaan anda. Kutu adalah parasite yang dapat menyerang hewan peliharaan yang memiliki kekebalan tubuh rendah. Pastikan Kesehatan kucing anda dan ini menjadi poin yang utama yang perlu diperhatikan.

Jangan lupa memandikan hewan peliharaan anda 1x seminggu sehingga bulunya tetap terjaga kebersihannya dan tetap wangi. Selain itu pastikan menjaga kebersihan rumah demi membasmi kutu atau telur-telurnya yang bisa saja masih tersisa di sekitar lingkungan rumah. Cara menghilangkan kutu kucing diatas harus anda lakukan segera agar jangan sampai membuat kucing anda terserang penyakit yang disebabkan oleh kutu gatal.