Sun. Dec 4th, 2022

Bagi pebisnis milenial di era modern seperti saat ini, payment gateway tentu bukan hal yang asing lagi. Sistem yang mengotorisasi proses pembayaran tersebut banyak digunakan oleh para pelaku bisnis ecommerce, karena mendukung kemudahan transaksi antara penjual dan pembeli. Berikut peran dari payment gateway Indonesia yang berguna untuk menunjang perkembangan bisnis.

Peran Sistem Payment Gateway untuk Bisnis

1. Membuat Bisnis Menjadi Auto-Pilot

Sistem payment gateway memiliki peran dalam membuat bisnis anda menjadi auto-pilot. Karena beberapa layanan seperti ini menawarkan sistem yang mampu memberikan kemudahan kepada para pemilik bisnis on-line. Dimana pemilik merchant bahkan tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran ketika bayaran dari pelanggan masuk.

Sehingga bagian finance perusahaan pun akan sangat tertolong dengan adanya sistem tersebut. Sebab dalam mengidentifikasi sumber dana yang masuk dapat dilakukan dengan mudah dan tidak butuh waktu lama. Alhasil pembuatan laporan keuangan bisnis juga bisa dilakukan lebih praktis.

2. Mempercepat Proses Transaksi

Bisnis harus berjalan lebih cepat jika ingin tetap bersaing di tengah persaingan ketat saat ini. Di sini, payment gateway Indonesia punya peran dalam mempercepat proses transaksi bagi bisnis anda. Karena pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan berbagai metode sesuai kondisi mereka hanya dalam waktu hitungan detik saja. Sehingga hal ini nantinya dapat membuat konsumen lebih loyal.

3. Perhitungan Total Biaya yang Lebih Akurat

Peran lainnya dari sistem payment gateway untuk bisnis yaitu menghadirkan perhitungan total biaya yang jauh lebih akurat dan juga efisien. Bahkan tidak hanya harga produk saja yang akan ditampilkan, namun lengkap dengan pajak dan ongkos yang harus dibayarkan oleh konsumen. Kemampuan dari sistem tersebut mencegah adanya kesalahpahaman yang dapat berujung pada kekecewaan pelanggan.

4. Mengamankan Proses Transaksi Non Tunai

Di era modern, memang pembayaran tidak hanya dapat dilakukan secara tunai saja. Namun masyarakat banyak yang sudah menggunakan sistem cashless, misalnya dengan transfer bank sampai melalui dompet digital. Cara cara seperti itu dinilai jauh lebih praktis, mudah, dan tidak merepotkan.

Dimana payment gateway di sini mampu memfasilitasi fenomena tersebut. Payment gateway Indonesia menghadirkan deretan metode pembayaran bagi konsumen. Kemudian mengumpulkan dana tersebut pada satu dashboard. Sehingga nantinya pemilik toko dapat menerima pembayaran tersebut dalam satu rekening.

5. Meningkatkan Penjualan

Peran payment gateway secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan. Sebab bisnis dapat menerima order kapan saja dan dimana saja dalam waktu bersamaan. Mengingat bahwa pelanggan tidak perlu mengantre untuk melakukan pembayaran. Dan prosesnya pun berjalan secara otomatis, sehingga peluang mendapat lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan ada di depan mata.

Bisa dibilang bahwa peran payment gateway bagi bisnis ecommerce memang sangat vital saat ini. Karena adanya sistem akan membuat proses pembayaran transaksi antara penjual dan pembeli menjadi lebih praktis, hingga membantu meningkatkan penjualan. Jadi anda bisa mencoba menggunakan Duitku, salah satu payment gateway dengan lisensi resmi dari Bank Indonesia, untuk bisnis anda.