Persyaratan Pembangunan Desa Wisata

Tinggal di sebuah pedesaan memiliki kelebihan daripada memilih untuk tetap berada di perkotaan yang penuh kebisingan. Kekurangan tinggal di desa satu-satunya ialah tentang pekerjaan dan bagaimana cara untuk membangun usaha di desa.

Untuk itu kami tuliskan sebuah artikel bagaimana cara untuk membangun sebuah desa wisata. Membuka peluang usaha baru di sektor wisata pedesaan yang asri dan nyaman untuk disinggahi.

Persyaratan Pembangunan Desa Wisata

Telah banyak desa wisata yang sukses membangun desa wisata yang perlu ditiru untuk memperbaiki perekonomian masyarakat di desa tersebut.

Apa saja persyaratan untuk membuat sebuah dewa wisata yang harus di penuhi? untuk itu simak beberapa hal persyaratan pembangunan desa wisata berikut ini:

1. Objek

Syarat pembangunan dewa wisata adalah memiliki objek untuk dikunjungi wisatawan seperti keindahan alam atau budaya adat masyarakat.

2. Jalur Transportasi

Persyaratan pembangunan desa wisata yang kedua adalah memiliki jalur transportasi yang memadai agar nantinya para wisatawan yang ingin berkunjung dapat dengan mudah sampai ke tempat wisata yang dituju terutama di daerah pengunungan atau rawa yang biasanya memiliki pemandangan alam yang indah dan sangat jarang ditemukan di kota.

3. Kenyamanan

Selain memiliki akses jalur yang memadai, faktor keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung juga wajib di pertimbangkan baik dari faktor alam seperti kondisi tanah labil atau binatang buas.

4. Rumah Makan dan Penginapan

Wisatawan yang berkunjung tidak semua menyiapkan bekal makanan, untuk membangun desa wisata juga harus dibarengi dengan pembangunan tempat makan dan tempat beristirahat yang layak. Memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang.

5. Toilet Umum

Hal sepele namun wajib disediakan di tempat wisata manapun yaitu toilet umum.

6. Pengolahan Sampah

Semakin terkenal sebuah desa wisata berarti juga akan membuat sampah wisata menumpuk. untuk tetap menjaga kesehatan lingkungan desa wisata yang nyaman, pengolahan sampah juga wajib di perhatikan selain.

7. Tempat Ibadah

Menghabiskan waktu seharian di desa wisata bagi para wisatawan membutuhkan tempat untuk melakukan kewajiban beribadah seperti solat bagi umat muslim yang mana kita tahu ada lima waktu untuk melakukan kewajiban tersebut, jadi pastikan dalam membangun desa wisata juga harus menyediakan tempat peribadatan yang layak.

Jika Anda memiliki ide untuk membangun sebuah desa wisata yang layak dan memiliki legalitas dari pemerintah pastikan untuk berkonsultasi ke konsultan pariwisata dan RIPPARDA.

RIPPARDA adalah dasar dalam penyusunan program pembangunan daerah sektor pariwisata dan dalam penyusunan rencana pengembangan objek wisata secara lebih mendetail.

Memberikan peluang lebih besar untuk kemajuan wisata, mempermudah mendapatkan sponsor dengan legalitas dan perencanaan yang matang.