Sun. Dec 4th, 2022

Walaupun terkesan tidak penting, tapi rupanya banyak yang membutuhkan aplikasi perekam suara tambahan di smartphone. Meskipun di Android sudah ada audio recorder bawaan.

 

Tetapi tentu saja dengan fitur dan kualitas yang terbatas. Umumnya, kebutuhan tertentu seperti merekam suara untuk membuat lagu, YouTube atau lainnya harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Karena selain fitur-fiturnya lebih lengkap, kualitas audionya juga tidak kalah bagus. 

 

Haris ada beberapa rekomendasi deretan perekam suara terbaik untuk pengguna Android adalah sebagai berikut:

 

  1. Dolby On bisa kamu unduh dan instal secara gratis. Selain fitur perekaman, Dolby On juga menyediakan berbagai filter untuk meningkatkan kualitas suara yang baik. Kamu juga dapat melakukan editing di Dolby On seperti mengurangi noise, menambahkan efek fade in or fade out, dan lain sebagainya. 

  2. Easy Voice Recorder yang paling mudah dan memiliki tampilan yang sederhana. Menggunakan Easy Voice Recorder  bisa membuat kamu untuk membagikan hasil rekaman langsung ke media sosial dan email. Bukan cuma itu saja, aplikasi ini juga mendukung beberapa format suara seperti PCM atau AAC dan kompatibel untuk berbagai tipe Android. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini via Google Play Store secara gratis.

  3. Evernote memiliki keunggulan yaitu bisa sharing hasil rekaman lebih mudah dengan pengguna Evernote lainnya.

  4. Smart Voice Recorder merupakan sebuah aplikasi perekaman yang sederhana dan mudah digunakan. Jauh lebih unggul daripada built-in voice recorder bawaan ponsel kamu, karena dilengkapi dengan berbagai fitur yang bermanfaat. 

  5. ASR Voice Recorder juga menjadi pilihan aplikasi untuk merekam suara yang paling bagus dan sangat mudah. Aplikasi ini mendukung bermacam format populer seperti MP3, FLAC, WAV, OGG dan M4A. Selain itu, aplikasi juga sudah terintegrasi dengan cloud sehingga kamu dapat dengan mudah membagikan atau mengunggah hasil rekaman ke Dropbox, Google Drive, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat menikmati fitur editing. Misalnya kontrol kecepatan putaran, saklar penguatan, dukungan untuk perangkat Bluetooth, dan lain sebagainya.