Rekomendasi Buku Non Fiksi Untuk Remaja

Dibandingkan dengan novel berdasarkan imajinasi penulis, isi buku non-fiksi jika dicermati akan lebih masuk akal. Semua informasi yang terdapat dalam buku nonfiksi adalah data yang benar dan lengkap. Tak heran jika buku-buku nonfiksi dapat menambah pengetahuan yang segar dan menarik.

Buku non-fiksi dibagi menjadi berbagai sub-jenis, seperti pengembangan diri, parenting, dan biografi. Anda mungkin bingung saat memilih buku mana yang akan dibaca. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih buku non-fiksi dan merekomendasikan buku-buku terbaik. Selamat membaca!

1. Jatuh Hati Pada Montessori

Buku ini adalah buku Montessori pertama yang pernah saya baca. Isinya sangat lengkap seperti halnya buku malvorlagen weihnachten. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami oleh orang awam seperti saya saat itu.

Yang istimewa dari buku ini adalah menjelaskan perbedaan antara metode Montessori dan metode pengasuhan tradisional. Selain itu, buku ini juga memberikan tips memilih sekolah TK.

Ada dua bab dalam buku ini yang mungkin tidak berhubungan langsung dengan Montessori, tetapi cenderung terjadi pada anak-anak prasekolah. Salah satunya adalah kecemasan anak ditelantarkan oleh orang tuanya saat pertama kali masuk sekolah. Dalam bab ini, penulis juga memberikan beberapa tips bagi orang tua agar anak-anaknya tidak khawatir. Informasi dalam buku ini layak untuk disimak!

2. Teach Like Finland

Mereka yang ingin menjadi guru harus sangat menginginkan ruang kelas yang hidup, ceria, aktif, fokus, dan sejahtera. Kedengarannya ideal, bukan? Bahkan, dalam praktiknya, banyak anak sekolah yang tidak nyaman belajar di kelas dan lebih suka mendengar nada dering pulang.

Buku yang mengajarkan seperti Finlandia ini berisi 33 metode pengajaran yang menarik. Melalui buku ini, Anda akan belajar tentang berbagai teknik pengajaran yang diterapkan di Finlandia. Metode pengajarannya akan membuat kelas Anda lebih hidup, dan anak-anak akan senang belajar. Oleh karena itu, Anda dapat bekerja lebih efisien sebagai guru tanpa mengorbankan waktu pribadi.

Saya sangat merekomendasikannya kepada lulusan baru yang ingin menjadi pendidik. Mengajar seperti Finlandia, Anda dapat membuat panduan yang tepat. Saya harap Anda bisa menjadi pendidik yang dapat menginspirasi siswa Anda.

3. The Naked Traveler 8

The Trinity adalah salah satu pelopor penulis buku perjalanan Indonesia dan dikenal dengan seri buku “Nude Traveler”. Buku kedelapan ini merupakan puncak dari rangkaian kunjungan TNT ke 88 negara di dunia. Trinity masih menceritakan perjalanannya ke Islandia, Afghanistan, Iran, Eropa dan tempat-tempat lain dengan gaya penulisannya yang menarik.

Hal-hal menarik, sedih, menyentuh, menjengkelkan semuanya ada di dalam buku ini. Jika Anda menyukai buku perjalanan atau memiliki impian untuk berkeliling dunia, Anda harus memiliki buku ini. Membaca TNT edisi terbaru, rasanya seperti diajak keliling dunia bersama Trinity.

4. Mommyclopedia

Ketika anak Anda berusia 6 bulan, Anda harus mulai memberi makan bayi MPASI (suplemen ASI). Terkadang, ketika orang tua ingin memulai tahap ini, mereka sering bingung. Banyak pertanyaan yang muncul di benak, seperti “Makanan apa yang cocok untuk bayi? Bagaimana cara memasaknya?” dan lain-lain.

Untuk menjawab kebingungan orang tua pemula, dokter. Meta adalah seorang dokter anak yang menulis buku dengan serangkaian resep makanan tambahan. Semua resep dijamin teruji dan mengandung vitamin dan zat yang dibutuhkan bayi. Kini, Anda tidak perlu lagi bingung menyediakan menu MPASI.

5. The Book of Ikigai

Ikigai adalah filosofi hidup orang Jepang yang memungkinkan mereka untuk hidup dengan baik, bekerja dengan baik, dan memiliki harapan hidup yang panjang. Melalui kisah-kisah inspiratif yang ditulis dalam buku ini, Motegi mencoba menunjukkan keajaiban Ikigai. Dia juga menjelaskan lima pilar Ikigai yang harus dimiliki setiap orang.

Jika Anda merasa hidup butuh motivasi, jangan lupa masukkan buku ini ke dalam daftar bacaan Anda. Teruslah membaca dan temukan Ikigai Anda sendiri!

6. Jung’s Map of The Soul

Apakah kamu penggemar ARMY alias BTS dan tertarik dengan teori kepribadian manusia? Jika iya, tidak ada salahnya untuk membaca buku ini. Dengan kata lain, inspirasi untuk album BTS “Soul Map: Persona” berasal dari buku karya Murray Stein ini.

Buku ini berisi pemikiran Carl Gustav Jung, seorang psikiater dan pelopor psikologi analitis. Buku ini menggambarkan kepribadian manusia yang terbagi menjadi 4 tingkatan. Setelah membaca buku ini, Anda akan lebih mengenal diri sendiri.

7. I Want To Eat

Sangat mudah untuk mencintai dan menerima diri sendiri. Jika Anda masih berjuang untuk menerima diri sendiri, mungkin buku ini bisa memberi Anda inspirasi. Buku ini diangkat dari kisah nyata penulis yang menderita distimia dan harus berkali-kali berkonsultasi dengan psikiater.

Buku ini terdiri dari dialog dan artikel di akhir setiap bab. Semoga melalui buku ini, Anda bisa lebih menerima dan mencintai diri sendiri. Karena topiknya tentang kesehatan mental, maka tidak heran jika buku ini menempati urutan nomor satu buku terlaris di negara asalnya Korea Selatan.

8. Filosofi Teras

Menjadi orang yang terlalu banyak berpikir cenderung menghabiskan energi dan menguras emosi. Nah, melalui buku ini, Henry Manampiring mengajak para pembaca untuk belajar mengendalikan pikirannya sendiri, salah satunya dengan belajar filsafat Stoic.

Buku ini memberi tahu kita dengan cara yang mudah dipahami bahwa beberapa hal di dunia ini dapat dikendalikan dan beberapa hal di luar kendali manusia. Kita juga diajak untuk hidup lebih baik dan lebih mudah. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang indah, sehingga Anda tidak akan bosan.

9. The Danish Way of Parenting

Menurut data dari World Happiness Report, Denmark hampir selalu dinilai sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia. Menurut penelitian, ini tidak terlepas dari cara orang tua Denmark membesarkan anak-anaknya. Jika Anda tertarik dan ingin mempelajari pola asuh seperti ini, buku ini memberikan bocoran.

Dari buku ini, Anda akan memahami konsep orang tua, yang merupakan prinsip pengasuhan mereka. ORANG TUA adalah permainan, keaslian, rekonstruksi, empati, tidak ada ultimatum, persatuan dan hygge. Silakan baca buku untuk detailnya, lumayan!

10. Becoming

Perjalanan hidup Michelle Obama sebagai First Lady Amerika keturunan Afrika-Amerika tentu sangat menarik. Nah, Anda bisa membaca kisah ini melalui buku yang ditulis oleh Michelle Obama sendiri.

Penulisannya sederhana dan hangat, sehingga siapa pun yang membacanya akan tenggelam dalam ceritanya. Tak heran buku ini menjadi salah satu buku terlaris di Amerika Serikat. Jika Anda mencari biografi wanita yang menginspirasi, lihat buku ini.