• Thu. Dec 3rd, 2020

Review HP Realme C3

Byzuzum gaul

Oct 26, 2020

Setelah Realme berhasil menjadi salah satu dari lima merek smartphone teratas di Indonesia dalam kurun waktu setahun, Realme nampaknya enggan untuk memoderasi serangannya.

Setelah peluncuran Realm 5i baru-baru ini terkait dengan jajaran Buds Air, kini hadir smartphone dengan harga lebih murah, kisaran C3.

Mengikuti jejak pendahulunya yang disambut baik oleh para pecinta smartphone di Indonesia, Realme C3 menawarkan peningkatan yang lebih baik untuk memenuhi tuntutan generasi digital saat ini.

Pertanyaannya adalah, apakah Realm C3 merupakan upgrade yang layak dibeli jika Anda adalah pengguna Realm C2?

Sekilas, Realme C3 tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Smartphone ini masih memiliki desain full screen full screen dengan poni dot-drop andalannya.

Hanya saja layarnya kini memiliki bentang lebih lebar, hingga 6,5 ‚Äč‚Äčinci yang tentunya menawarkan pengalaman yang sedikit berbeda dalam melihat berbagai macam konten. Layar ini sendiri memiliki resolusi 1600 x 720 piksel.

Dari segi kualitas, layar Realme C3 mampu menampilkan gambar yang tajam dan memiliki tingkat kecerahan yang baik. Isinya masih bisa terlihat cukup jelas di bawah terik matahari dengan informasi yang maksimal.

Sebaliknya, tampilan kerajaan C3 sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Desain potongan berlian hilang karena telah diganti dengan desain Sunrise, yang meniru cahaya matahari terbit seperti pada kisaran 5C.

Bedanya, efek ini kini tampak seperti kamera dan memberi kesan bahwa kamera menjadi salah satu daya tarik utama smartphone ini. Tidak ketinggalan tekstur halus guratan-guratan di bagian punggung yang membuat smartphone ini terlihat lebih bersih akibat noda yang sulit menempel di permukaan.

Dengan begini saya tidak perlu khawatir bagian belakang smartphone cepat kotor saat mencari sensor fingercan.

Dibandingkan desain Diamond Cut yang menjadi andalan tahun lalu, jajaran C3 terlihat lebih simpel dan kurang mewah dibanding pendahulunya. Kali ini, C3 Reality terlihat seperti smartphone kelas menengah tanpa menjadikannya sesuatu yang istimewa.

Sisi positifnya, smartphone ini lebih nyaman untuk digenggam, yang tentunya menjadi salah satu hal yang secara tidak sengaja mempengaruhi pengalaman sehari-hari. Selain itu bodi smartphone sudah tidak licin lagi, jadi menurut saya tidak perlu lagi menggunakan case tambahan.

Salah satu keunggulan utama Realme C3 adalah kapasitas baterainya kini meningkat menjadi 5.000 mAh. Perubahan yang disambut baik karena smartphone pada dasarnya adalah perangkat portabel.

Dengan baterai yang lebih besar, smartphone bisa digunakan lebih lama sebelum harus diisi ulang setiap hari. Dengan spek yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, semoga baterai smartphone ini bisa bertahan lama.

Saat diuji dengan aplikasi benchmark PCMark for Android pada kecerahan 50%, Realme C3 mampu bertahan 13 jam 34 menit dan mengalahkan Realme C2 yang sebelumnya hanya berjalan 11 jam 36 menit.

Tes sintetis yang mensimulasikan aktivitas pengguna harian ini memiliki beban daya yang sama, sehingga dapat dibuktikan bahwa upgrade baterai Realme C3 layak mendapatkan fitur-fitur utama tersebut.

Meski begitu, belum lengkap rasanya jika kemampuan baterainya tidak diuji keasliannya. Untuk melakukan ini, saya mencoba menonton video YouTube di jaringan WiFi selama 2 jam tanpa henti.

Alhasil, baterai Realme C3 hanya terkuras 8% yang artinya secara teoritis saya bisa menggunakannya untuk menonton video YouTube selama lebih dari 20 jam. Cukup untuk menemani perjalanan yang sangat jauh saat pergi kemana saja.

Juga, saya mencoba untuk terus bermain PUBG Mobile di jaringan yang sama. Dalam pengujian yang lebih ketat ini, Realme C3 melewatinya tanpa masalah, karena baterainya hanya berkurang 10% setelah diputar selama 1 jam tanpa gangguan.

Ternyata dari berbagai eksperimen yang saya lakukan, Realme C3 bisa dengan mudah menemani penggunanya hingga penghujung hari. Jika Anda ingin memainkan game yang terkenal bisa menghabiskan baterai di waktu senggang, jangan khawatir.

Selain itu, Realme C3 memiliki fungsi recharge yang melengkapi kapasitas baterai yang besar sehingga smartphone lain yang membutuhkannya bisa terisi.

Artikel ini dipersembahkan untuk tekno farm dengan url resminya teknofarm.net, terima kasih sudah membaca artikel ini.