Sun. Dec 4th, 2022

Safety driving mobil merupakan gaya berkendara. Jadi, secara umum safety driving ini merupakan cara mengendarai kendaraan dengan mengikuti standar keselamatan untuk meminimalisir resiko. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan asuransi mobil terbaik untuk melindungi diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pentingnya Safety Driving Mobil

Menjaga keselamatan diri sendiri dan keluarga selama mengendarai mobil merupakan sebuah kewajiban. Jika dilihat dari tingginya angka kecelakaan di jalan raya, maka sangat penting untuk mengetahui safety driving.

Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai pentingnya safety driving mobil bagi Anda dan keluarga.

1. Cara Mengemudi

Pertama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara berbelok yang benar. Ada dua tipe posisi tangan saat berbelok, yakni pull down dan push up.

  • Untuk pull down, Anda bisa memegang setir bagian atas, lalu bergerak ke samping hingga tangan berada di bawah.
  • Push up, anda memegang setir bagian bawah lalu ke bagian samping hingga tangan berada di atas.

2. Posisi Duduk

Selain cara mengemudi, posisi duduk pengemudi juga harus diperhatikan. Sebab, hal ini diharapkan bisa mengantisipasi sekaligus menghindari potensi adanya bahaya yang muncul selama berkendara.

Ada tiga poin yang perlu Anda pahami dalam posisi duduk mengemudi ini.

  • Kenyamanan, dimana Anda harus bisa duduk tanpa lelah selama 2 sampai 4 jam, dan tidak membuat bagian tubuh cedera.
  • Kontrol, dimana posisi kaki Anda harus pas. Selain itu, posisi tangan yang memegang setir haris di bawah jantung. Seluruh punggung juga harus rapat dengan sandaran agar tidak mudah lelah.
  • Komunikasi, dimana Anda harus mampu menggunakan instrumen di dasbor serta mampu melihat blindspot yang bisa tercipta.

3. Sikap Mengemudi

Safety driving mobil selanjutnya adalah sikap mengemudi itu sendiri. Dalam mengemudikan mobil, Anda harus mengetahui bagaimana sikap yang benar agar proses berkendara berjalan dengan lancar.

  • Pertama, cobalah untuk menekan pedal gas dengan lembut dan lakukan perpindahan gigi secara halus.
  • Jangan mementingkan emosi dalam mengemudi. Sebab, hal ini bisa membawa bahaya bagi Anda dan penumpang. Selain itu, Anda juga harus mampu mengontrol kecepatan mobil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Sikap mengemudi yang benar tidak hanya akan menguntungkan diri sendiri saja, melainkan juga untuk orang lain.

4. Bagaimana Cara Mendahului Mobil Lain?

Untuk bisa mendahului kendaraan lain atau overtaking istilahnya, ada beberapa langkah yang bisa Anda perhatikan agar lebih aman.

Hal yang perlu diperhatikan saat harus mendahului kendaraan lain adalah dengan menjaga jarak aman, memberikan lampu sein, meminimalisir blindspot, menggunakan gigi rendah, memutar kemudi dengan lembut, dan mengecek kondisi sekitar kendaraan.

5. Kenali Karakter Mobil Anda

Tips safety driving mobil selanjutnya adalah dengan mengenali karakter mobil Anda. Setiap mobil tentunya memiliki fitur dan kemampuan yang berbeda-beda.

Untuk itu, harus Anda harus bisa mengenali karakter mobil yang Anda gunakan. Cek seluruh fitur yang dimiliki oleh mobil tersebut agar Anda bisa lebih mudah dalam menggunakannya.

Ketika Anda duduk di kursi pengemudi, sebaiknya cek terlebih dahulu blindspot yang harus diminimalisir agar tetap aman selama berkendara.

Terakhir, jangan sampai Anda merasa asing dengan adanya perpindahan gigi selama berada di jalan. Hal tersebut tentunya bisa berbahaya juga untuk keselamatan diri sendiri maupun keluarga Anda.

Kesimpulan

Demikianlah tips safety driving mobil yang perlu Anda pelajari dan praktekkan ketika sedang berkendara, terutama ketika berkendara dengan mobil.

Selain memperhatikan safety driving, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi sebagai bentuk perlindungan.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari agen asuransi terbaik, maka bisa memilih Insureka. Insureka sendiri merupakan agen asuransi mobil yang sudah tersebar di banyak provinsi di Indonesia.

Untuk paket asuransi yang ditawarkan mulai dari Comprehensive Basic, Comprehensive Premium, dan Total Loss Only.

Bagi Anda yang mungkin ingin lebih mengenal agen asuransi Insureka ini, maka bisa mengunjungi situs website resminya.

By Drajad