Sejarah & Fungsi Website

Website adalah kumpulan informasi / kumpulan halaman yang umumnya diakses melalui internet. Semua orang di berbagai tempat setiap saat dan dapat digunakan, jika terhubung secara online ke jaringan internet.

Secara teknis, situs web adalah kumpulan halaman, yang ditempatkan di domain atau subdomain tertentu. Situs web di Internet World Wide Web (WWW).

Sejarah Website

Siapa yang membuat situs web yang sedang Anda kunjungi? Berikut ini akan kita bahas secara singkat dan jelas. Kami meringkasnya dari situs resmi World Wide Web Foundation. Dengarkan lagi!

Donornya adalah Sir Tim Berners-Lee. Dia adalah seorang ilmuwan komputer di Inggris. Berners lahir di London, dan orang tuanya juga bisa menjadi ilmuwan komputer di awal komputasi.

Jika Anda membutuhkan jasa website bali, bisa kunjungi pada tautan tersebut.

Setelah Berners lulus dari Universitas Oxford, Berners-Lee akhirnya menjadi insinyur perangkat lunak di CERN. CERN adalah laboratorium fisika (partikel besar) yang terletak di dekat Jenewa, Swiss. Akhirnya, ilmuwan hebat datang ke seluruh dunia untuk menggunakan akselerator, tetapi Berners menemukan bahwa mereka mengalami masalah saat berbagi informasi satu sama lain.

Berners juga menulis editor / browser halaman web pertama (“WorldWideWeb.app”) dan server web pertama (“httpd”). Pada akhir 1990-an, halaman web pertama akhirnya diterbitkan di internet. Kemudian pada tahun 1991, diluar CERN termasuk masyarakat umum dapat diajak bergabung dalam komunitas di website baru ini.

Fungsi Website

Website ini pasti sangat bermanfaat. Jadi, jika kita ingin mengetahui fungsi dari sebuah website, bisa dibagi ke dalam kategori menurut jenisnya. Jenis website yang berbeda tentunya memiliki fungsi yang berbeda pula. Apa yang salah? Mari cari tahu lebih lanjut!

1. Website Sebagai Sarana Informasi

Inilah fungsi utama dari sebuah website pada umumnya yaitu sebagai sarana informasi. Website tersebut dapat menjadi media untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas. Idealnya, website digunakan sebagai sarana untuk mengajarkan berbagai topik yang ada. Misalnya, Anda dapat menemukan situs web yang berisi berita, tip, tutorial, pengumuman penting, dan lainnya.

2. Website Sebagai Sarana Hiburan

Menjadi sarana hiburan bagi masyarakat juga termasuk dalam fungsi website. Misalnya saat membaca majalah online, berita gaya hidup, atau review film dan karya seni lainnya dari website yang ada. Dalam hal navigasi, situs web yang ditujukan untuk hiburan biasanya memprioritaskan navigasi yang mudah bagi pengunjung web dan biasanya estetika visual yang optimal. Untuk jenis konten yang satu ini biasanya terdapat banyak video, berbagai gambar, galeri foto, atau podcast.

3. Website Sebagai Sarana Jual Beli/eCommerce (Toko Online)

Pernah dengar situs belanja besar seperti Tokopedia, Bukalapak, atau situs beli tiket transportasi dari Traveloka? Ini termasuk mengaktifkan situs web untuk menjadi e-niaga. Tujuan pembuatan website seperti ini adalah agar pelanggan dapat bertransaksi, meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan dengan merek perusahaan.

Situs web ini tidak hanya berisi konten informatif tetapi juga mendukung fitur-fitur tertentu seperti gateway pembayaran. Ada beberapa elemen website yang perlu dioptimalkan agar sukses dalam e-commerce, yaitu kemudahan proses transaksi bagi pengunjung web, tampilan website yang baik, produk populer, good deal, berbagai metode pembayaran, dan desain. ramah seluler (asumsikan bahwa banyak orang memiliki akses ke ponsel).

4. Website Sebagai Blog

Pernahkah Anda mendengar istilah profesi blogger? Berfungsi sebagai web blog untuk mengupdate isi yang baru diminta / belum dibaca atau menjadi catatan pribadi orang lain (milik mereka dan orang lain). Namun blog tidak hanya dibuat oleh perorangan, tetapi banyak brand ternama yang memiliki blog sendiri sebagai cara / strategi untuk meningkatkan brand korporatnya dan mengarahkan pembaca untuk membeli produk. Blog perusahaan juga bisa menjadi sarana pengumuman / informasi sekaligus jika ada hal baru yang perlu diketahui pelanggan.

Butuh jasa seo bali dan sekitarnya? yuk gunakan jasa kami, tentunya dengan pengalaman profesional sesuai dibidangnya.