Situs Website Penyedia Gambar Lucu Dan Gratis

Buat Anda sudah memutuskan untuk mengambil gambar dari internet, Anda harus berhati-hati karena Anda tidak dapat memposting ulang semua gambar di situs web atau media sosial Anda secara langsung. Perlu kamu ketahui bahwa gambar yang bertebaran di Google memiliki hak cipta yang tidak boleh kamu klaim secara sepihak.

Dengan cara ini, jika Anda ingin memposting gambar di situs web atau media sosial, Anda tidak perlu khawatir lagi akan masalah hak cipta.

Meskipun dapat digunakan secara gratis, tapi sebaiknya kamu sertakan saja tautan langsung menuju halaman gambar (atau tautan ke situs web penyedia). Ini setidaknya untuk menghargai pekerjaan orang itu.

Gratis bukan berarti bisa digunakan sesuka hati yah teman-teman. Lisensi ini sendiri sudah dikelola oleh sebuah organisasi bernama Creative Commons (CC), yang menentukan jenis atribut tertentu dari gambar atau produk berhak cipta lainnya.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan gambar gratis, sebaiknya baca dulu “Syarat dan Ketentuan” yang disediakan oleh situs penyedia gambar gratis yah.

1. Pixabay

Situs penyedia gambar gratis pertama adalah Pixabay. Perlu kamu ketahui bahwa Pixabay merupakan sebuah situs penyedia gambar gratis yang paling populer belakangan ini.

Selain itu, Anda juga dapat mengunduh gambar dalam format JPG, dan ada beberapa resolusi gambar yang berbeda (dengan ukuran yang berbeda). Anda dapat mengunduh gambar secara langsung tanpa registrasi, tetapi Anda harus melewati kode verifikasi terlebih dahulu.

Jika Anda ingin lebih mudah menyimpan gambar, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan akun media sosial atau email Anda.

Jika ditampilkan gratis untuk penggunaan komersial dan tidak diperlukan atribusi, itu berarti gambar tersebut memang dapat digunakan kembali secara gratis.

2. Pexels

Situs penyedia gambar gratis berikutnya adalah Pexels. Pada situs web ini Anda dapat langsung menyimpan gambar gratis yang Anda inginkan tanpa mendaftar terlebih dahulu.

Anda dapat mengunduh gambar dengan resolusi yang Anda tentukan sendiri. Jadi, misalnya, jika Anda ingin memposting gambar dengan resolusi 800 x 800 piksel di Instagram, Anda dapat menentukannya langsung di Pexels.

3. Flickr

Meskipun Flickr tidak seperti penyedia layanan gambar domain publik 100% seperti pixabay atau Pexels, perlu kamu ketahui bahwa situs ini sendiri sudah memiliki jutaan gambar berkualitas tinggi yang dapat kamu gunakan kembali. Semua Gambar-gambar tesebut juga memiliki resolusi tinggi.

Flickr sendiri mengklaim dirinya sebagai komunitas fotografer-sentris yang terbesar di dunia. Jika Anda adalah penggemar fotografi, maka Anda dapat bertemu dengan orang yang sama seperti Anda di situs Flickr ini.

Anda dapat menggunakan alat pengeditan khusus yang sudah disediakan oleh beberapa penyedia layanan editing guna untuk mempercantik gambar yang ingin Anda unduh dari Flickr. Jangan lupa untuk memperhatikan lisensi gambar sebelum bersiap untuk mengunduh. Hal Ini dikarenakan sebagian besar gambar Flickr memerlukan kredit pemilik. Jadi, jangan diambil begitu saja.

4. FreeImages

Rekomendasi kami ke-4 adalah situs FreeImages yang menyediakan para penggunanya berbagai macam gambar menarik dan gratis untuk penggunaan pribadi atau bahkan komersial. Di situs sini, Anda dapat menemukan

Ada beberapa opsi resolusi untuk gambar yang dapat Anda simpan, seperti situs web di atas. Untuk dapat berbagi dengan cepat, Anda dapat menggunakan kode HTML gambar yang digunakan sebagai tautan langsung.

5. Freerange Stock

Untuk dapat mengakses ribuan stok foto yang berkualitas tinggi, Anda diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu.

Menurut sumber gipty.com, Freerange Stock juga menyediakan ribuan gambar domain publik yang dapat Anda modifikasi lalu memposting sepuasnya tanpa kredit pemiliknya (Copyright).

6. Gratisography

Jika Anda ingin mencari gambar gratis yang unik dan berkualitas tinggi, maka salah satu tempat terbaik adalah Freeography.

Gambar-gambar di sini dapat Anda gunakan kembali secara gratis tanpa kepercayaan harus menyertakan sumbernya.

Tapi, kamu juga boleh untuk memilih menyertakan sumber guna menghargai pemilik gambar tersebut.

Tidak ada salahnya juga kan menghargai karya milik orang lain?

7. Picjumbo

Jika kita perhatikan, Website ini desainnya hampir mirip dengan Gratisography. Situs web menunjukkan sebuah foto yang dibuat secara khusus oleh seseorang bernama Viktor Hanacek. Viktor Hanacek merupakan seorang fotografer yang sangat berbakat. Selain itu, berbagai macam Foto yang sudah disediakan di Picjumbo juga sangat unik dan asli karena dibuat oleh para ahli.

Tapi, tidak semua foto atau gambar yang ada di website ini semuanya tersedia secara gratis. Hanya ada beberapa saja gambar yang gratis yang bisa anda gunakan. Selain itu, website ini juga memiliki kualitas foto yang sangat bagus.