Sun. Dec 4th, 2022

Skala validitas tes MMPI online ternyata merupakan bagian penting. Melakukan tes MMPI secara online mungkin sekarang ini menjadi salah satu hal mudah. Dengan melakukan tes tersebut kita bisa mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan diri kita sendiri. Mengetahui bagaimana emosional kita. Apakah kita merupakan orang-orang yang mudah depresi akut atau lainnya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai skala validitas tersebut, ketahuilah bahwasanya adanya tes MMPI pertama kali pada akhir tahun 1930. Sekarang ini sudah terdapat banyak perubahan untuk meningkatkan akurasi serta validitasnya.

Prosedur melakukan tes ini bertujuan untuk menguji orang-orang yang terduga mempunyai gangguan jiwa atau klinis lainnya. Meskipun begitu bukan berarti hasil tes ini tidak bisa dilakukan untuk bidang lain.

Hasil tes tersebut juga berfungsi dalam bidang psikologi klinis untuk kasus kriminal, evaluasi efektivitas program terapi, serta skrining pekerjaan. Untuk melakukan tes ini sebenarnya Anda tidak perlu melakukan persiapan khusus. Responden nantinya hanya akan diminta untuk menjawab semua pertanyaan dengan jujur. 

Skala Validitas Tes MMPI Online, Apa Saja?

Meskipun tidak ada persiapan khusus yang harus Anda lakukan, tetapi salah satu tips yang harus Anda ketahui ketika menjalankan tes MMPI adalah tidak berbohong dalam menjawab pertanyaan. Jangan terlalu banyak berpikir untuk menghemat waktu dan bersikap konsisten dalam menjawab pertanyaan.

Terdapat beberapa istilah penting dalam menjalankan tes MMPI ini. Apalagi memang tes ini tidak hanya terdiri dari satu macam saja. Setiap 1 macam mempunyai tujuan tertentu dan untuk kalangan tertentu. Setelah Anda menjawab semua pertanyaan nantinya akan diinterpretasikan oleh psikolog klinis atau psychiater. Kemudian psychiater tersebut akan menuliskan hasil tes ke dalam laporan.

Salah satu hal yang sifatnya tidak kalah penting dalam tes MMPI online ini adalah skala validitas. Semua tes MMPI menggunakan skala validitas yang beragam. Tujuannya adalah untuk membantu menilai keakuratan jawaban setiap responden.

Karena memang tes ini bisa berfungsi untuk pemeriksaan pekerjaan, pemeriksaan hak asuh. Bukan tidak mungkin juga apabila responden nantinya itu tidak jujur dalam menjawab.

Dengan adanya skala validitas juga akan menunjukkan seberapa akurat tes tersebut dan sejauh mana jawaban responden telah terdistorsi. Nah, untuk mempermudah memberikan pemahaman, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Skala L dan F

Untuk skala validitas tes MMPI online yang pertama adalah skala L. Banyak yang menyebutkan skala ini merupakan skala kebohongan atau skala validitas kebajikan yang tidak biasa.

Hal ini dikembangkan untuk mendeteksi upaya respon dan guna menampilkan diri mereka dalam cahaya yang sifatnya menguntungkan. Apabila Anda mendapatkan skor tinggi pada skala ini dengan menampilkan diri pada hal yang positif, berarti orang tersebut menolak karakteristik yang sifatnya tidak menguntungkan.

Berbeda lagi dengan skala F. Berfungsi untuk mendeteksi upaya pelaporan yang sangat berlebihan. Orang yang mendapatkan skor tinggi pada segala ini mempunyai usaha untuk tampil lebih buruk daripada sebenarnya. 

Mereka merasa sedang berada dalam tekanan psikologis parah. Bisa jadi mereka juga hanya menjawab pertanyaan secara acak tidak memperhatikan pertanyaan itu sendiri. 

K dan ? Skala

Kemudian ada juga skala validitas tes MMPI online disebut sebagai skala K. Terkadang skala ini juga menjadi skala pertahanan.

Cara yang efektif tapi kurang jelas untuk mendeteksi upaya guna menampilkan diri sebaik mungkin dengan cara yang sebelumnya tidak dilaporkan. Orang mungkin juga tidak kamu laporkan karena mereka merasa khawatir akan dihakimi oleh yang lain. Selain itu bisa jadi orang tersebut meminimalisir masalah.

Berbeda dengan skala yang satu ini karena nama skala validitas ini juga sangat unik. Tepat sekali skala ?. Merupakan suatu Skala yang tidak bisa mengatakan. Uniknya lagi Skala yang satu ini menilai jumlah item yang tidak terjawab. Tetapi dalam menjalankan tes MMPI  apabila terdapat 30 pertanyaan yang belum terjawab maka sudah pasti hasilnya tidak akan valid.

Trin dan Vrin

Ada juga skala validitas tes MMPI online trin. Atau skala true response inkonsistensi, yang bertujuan untuk mendeteksi Apakah responden yang menggunakan respon tetap, metode mengerjakan tes tersebut tanpa memperhatikan pertanyaan.

Contohnya adalah mungkin mereka menandai terdapat 10 pertanyaan yang mereka anggap benar ataupun salah. Respon tersebut juga bisa tetap untuk berfungsi apabila responden tidak mampu membaca ataupun memahami materi tes dengan cara yang baik.

Lalu untuk skala variabel respon inkonsistensi merupakan metode lain yang berfungsi mendeteksi respon dan secara acak yang tidak konsisten. Hal ini bisa saja sengaja ataupun tidak sengaja karena memang responden tidak bisa memahami materi ataupun membacanya.

Bukan hanya harus mengetahui mengenai apa saja macam-macam dari tes MMPI, nyatanya skala validitas tes MMPI online juga membantu menentukan hasil akhirnya nanti. Untuk mempermudah dalam melakukan pemahaman ataupun tes MMPI secara online gunakan saja NS Development.

Skala Validitas Tes MMPI Online yang Berpengaruh Terhadap Hasil Akhir