Thu. Feb 2nd, 2023

Skill for job adalah program yang bertujuan memberikan literasi digital, keterampilan digital, dan persiapan kerja gratis kepada sedikitnya satu juta masyarakat Indonesia sampai dengan tahun 2024 mendatang. Program ini diusung oleh microsoft yang bekerja sama dengan  Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

 

Ajar Edi selaku Direktur Corporate Affairs Microsoft Indonesia, mengatakan cara terbaik untuk mengetahui apakah dunia kita berkembang secara positif adalah melalui pertumbuhan ekonomi yang inklusif: melibatkan setiap negara, kelompok, organisasi, dan individu di dalam roda ekonomi. Guna mewujudkan inklusivitas tersebut, peningkatan akses terhadap keterampilan digital pun menjadi fundamental.

 

Didukung oleh perusahaan sosial Biji-biji Initiative dan Mereka Academy sebagai mitra pelaksana, Skills for Jobs Indonesia sudah mulai dapat dimanfaatkan oleh pencari kerja melalui aka.ms/SfJIndonesia.

 

Sistemasi program Skill For Job Indonesia 

Untuk bisa bergabung dan mendapatkan modul secara gratis, pengguna wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu. Selain itu, pengguna juga bisa mengikuti Kick-off Webinar: The Importance of Digital Skills in the Dynamic Workforce, diadakan pada 12 Januari 2022, sebelum mendaftar program Skills for Jobs Indonesia.

 

Dalam program ini, terdapat dua platform pembelajaran daring yang dapat diakses secara gratis, yaitu Pijar Mahir dari Kartu Prakerja dan e-Training dari Kementerian Ketenagakerjaan, dengan modul meliputi literasi digital dasar, penggunaan Microsoft Office untuk pemula, analisis data, project management, kewirausahaan, dan lain sebagainya.

 

Ketika pencari kerja telah menyelesaikan modul-modul pelatihan dan berhasil lulus untuk mendapatkan sertifikasi Microsoft, mereka pun dapat bergabung di SATU Talenta (aka.ms/SATUTalenta). Ini merupakan komunitas LinkedIn tempat bertemunya talenta-talenta digital Indonesia yang telah memiliki sertifikasi Microsoft dengan perusahaan, di mana mereka dapat mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia kerja, mulai dari keterampilan digital yang relevan dengan kebutuhan industri, networking dengan perusahaan atau institusi, hingga berbagi lowongan pekerjaan.

 

Sejumlah perusahaan, seperti Telkomsigma, PT Intikom Berlian Mustika, PT Mitra Integrasi Informatika, dan Metrodata Academy—salah satu divisi MII yang berkaitan dengan pendidikan, khususnya dalam pelatihan dan sertifikasi di bidang TI—telah bergabung di SATU Talenta untuk membidik talenta digital yang dibutuhkan di perusahaannya masing-masing.

 

Selain ditujukan untuk masyarakat dalam angkatan kerja secara umum, program ini juga merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan keterampilan dan produktivitas 500 pegawai pemerintah, widyaiswara, dan pegawai negeri sipil. Menurut Rizal Edwin yang merupakan staf ahli, program ini akan menguatkan literasi dan keterampilan digital yang nantinya menjadi langkah utama dalam mendukung proses transformasi digital di Indonesia.

By roket