Sun. Dec 4th, 2022

Bacaan Doa Pengantin Baru yang Menikah Islam | Popmama.com

Seorang muslim yang sudah mencapai usia dewasa serta mampu lahir dan batin dianjurkan untuk segera menikah.

Menikah sendiri merupakan prose diucapkannya ijab kabul secara mutlak oleh mempelai laki-laki yang disaksikan oleh wali dari pihak mempelai perempuan ditambah adanya dua orang saksi yang bisa dipercaya.

Ada beberapa alasan seorang laki-laki menikahi seorang perempuan. Hal ini tercantum dalan sebuah hadits.

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Perempuan itu dinikahi karena empat hal, karena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan agamanya. Maka perhatikanlah agamanya kamu akan selamat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bicara pernikahan dalam kesempatan kali ini akan coba membahas seputar pernikahan mulai dari syarat dan rukun nikah, fadilah nikah, hingga doa untuk pengantin.

Syarat Nikah Dalam Islam

  • Kedua Pengantin Beragama Islam
  • Bukan Laki-Laki Mahram Bagi Calon Istri
  • Mengetahui Wali Nikah
  • Tidak Sedang Melaksanakan Haji
  • Tidak Ada Paksaan

Rukun Nikah Dalam Islam

  • Ada Mempelai Laki-Laki
  • Ada Mempelai Perempuan
  • Ada Wali Nikah Bagi Perempuan
  • Ada Saksi Nikah Dua Orang Laki-Laki
  • Ijab dan Kabul

Fadilah Menikah

Selain menyatukan dua insan dalam membina rumah tangga, menikah memiliki fadilah atau keutamaan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Ibadah Kepada Allah

Perlu diketahui bahwa menikah bisa menjadi ‘ladang’ yang subur untuk beribadah dan beramal sholeh. Bahkan, melakukan hubungan intim juga bisa dihitung sebagai ibadah yang bernilai pahala.

 

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 

“…..seseorang di antara kalian bersetubuh dengan istrinya adalah sedekah!” (Mendengar sabda Rasulullah, para sahabat keheranan) lalu bertanya : “Wahai Rasulullah, apakah salah satu seorang dari kita melampiaskan syahwatnya terhadap istrinya akan mendapat pahal?” Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam menjawab : “Bagaimana menurut kalian jika ia (seseorang suami) bersetubuh dengan selain istrinya, bukankah ia berdosa? Begitu pula jika ia bersetubuh dengan istrinya (di tempat yang halal), dia akan memperoleh pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

  1. Dapat Membentengi Diri dan Menundukkan Pandangan

Salah satu tujuan menikah adalah untuk menjaga kehormatan diri agar terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh agama. Selain itu, menikah juga bisa membuat seseorang lebih mudah untuk menundukkan pandangan sehingga terhindar dari perzinahan.

 

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 

“Wahai para pemuda! Barangsiapa di antara kalian berkemampuan untuk menikah, maka menikahlah, karena nikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia shaum (puasa), karena shaum dapat membentengi dirinya.” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi).

 

  1. Mendapatkan Ketenangan Hati

Allah subhana wa ta’ala berfirman :

Artinya : “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan=Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya.” (QS. Ar-Ruum : 21).

Doa Pengantin Baru

Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Ketika bersalaman dengan pengantin, anda juga bisa membaca doa:

Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair

Artinya: Semoga Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan.

By Drajad