Tata Cara Pembuatan Aplikasi IOS Yang Perlu Kamu Ketahui

Sistem IOS menjadi sistem kedua yang paling banyak digunakan di dunia setelah Android. IOS dan Android memiliki pasar yang sedikit berbeda, tetapi dalam pembuatan aplikasinya tetap mengutamakan keinginan pasar atau user. Dalam perjalanannya, aplikasi dalam sistem IOS maupun Android selalu berkembang. Setiap proses perkembangannya tentu terdapat hal-hal unik yang bisa menjadikannya sebagai aplikasi yang viral atau populer.

Pembuatan aplikasi berbasis IOS dianggap memiliki kesulitan yang lebih tinggi daripada aplikasi berbasis Android. Ketika membuat aplikasi IOS, mempelajari bahasa pemrograman adalah hal yang wajib. Hal ini juga dikarenakan bahasa pemrograman IOS berbeda dengan Andorid. Selain itu, dapat merancang interface engan memanfaatkan peralatan grafis juga harus dikuasai.

Selain hal teknis seperti di atas, dalam pembuatan aplikasi IOS diperlukan kesabaran karena biasanya membutuhkan waktu yang agak lama. Namun, jika berhasil membuat aplikasi IOS, tentu akan sangat mudah bagi kamu untuk membuat aplikasi IOS selanjutnya.

Cara Mudah Membuat Aplikasi IOS

Bagi kamu yang baru pertama kali ingin terjun di dunia pembuatan aplikasi berbasis IOS, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

  1. Menggunakan aplikasi Xcode

Kamu bisa membuat proyek aplikasi baru di Xcode. Langkah-langkahnya yaitu membuat template kosong melalui menu ‘application’. Kemudian masuk ke menu template untuk menemukan pilihan ‘Empty Application’. Kamu bebas memilih template atau desain sesuai keingananmu, loh.

  1. Merancang dan menerapkan stroyboard

Stroyboard dibuat untuk menggambarkan keseluruhan tampilan atau visual dari aplikasi yang akan dibuat. Tools yang ada di dalam storyboard akan mempermudah kamu dalam membangun aplikasi yang baik. Setelah merancang stroyboard, maka kamu sebaiknya langsung menggunakannya sebagai dasar pembuatan aplikasi.

  1. Memasukkan layar utama dengan kontroler tampilan dan menambahkan obyek interface.

Langkah ini berfungsi untuk mengatur konten dan tampilan aplikasi dari sisi pengguna. Setelah itu, bisa menambahkan obyek antarmuka atau interface sehingga dapat mengisi kekosongan layar utama.

  1. Melakukan uji coba aplikasi.

Setelah semua desain dimasukkan, selanjutnya adalah mencoba aplikasi dan menentukan apa saja kekurangan atau sudah dapat dirilis.

  1. Aplikasi siap dirilis

Kesimpulan

Baiklah teman-temanku semua, cukup sampai sini saja pembahasan kita kali ini mengenai Tata Cara Pembuatan Aplikasi IOS yang wajib banget untuk kamu ketahui.

Ngomong-ngomong soal pembuatan aplikasi, saat ini kamu bisa loh dengan mudah menemukan Jasa Pembuatan Aplikasi Android yang dibandrol dengan harga terjangkau.

Semoga artikel mengenai Tata Cara Pembuatan Aplikasi IOS  ini bisa bermanfaat bagi kamu yah teman-temanku semua.