Sun. Dec 4th, 2022

 

 

Surabaya tidak hanya terkenal dengan keindahan bunga tabebuya. Berkunjung ke Kota Pahlawan memungkinkan Anda untuk mengunjungi tempat wisata di Surabaya yang lebih beragam dan instagramable.

Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata instagram unik, wahana permainan, eco tour, aneka wisata malam, wisata belanja hingga wisata kuliner surabaya.

Kota dengan luas 326,8 kilometer persegi ini tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya di Pulau Jawa. Kota ini merupakan wilayah metropolitan terbesar kedua setelah Jabod Tabek.

Nah, bagi yang berencana berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan mengunjungi tempat wisata unik tersebut. Berikut daftar tempat wisata populer di Surabaya yang bisa Anda kunjungi:

Surabaya North Quay

Anda bisa menemukan tempat wisata yang unik di kota Surabaya. Namanya Dermaga Surabaya Utara. Tempat ini merupakan dermaga persinggahan kapal pesiar mewah, dan dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi tempat wisata yang menarik.

Tempat ini terletak di daerah adat Utara Cantian, Perak. Melalui terminal ini, Anda dapat menyaksikan kapal pesiar mewah bersandar pada Anda, dan menyaksikan matahari terbenam sore hari dari lantai 3.

Tidak hanya itu, tempat ini juga menawarkan berbagai hidangan lezat dari kota Surabaya. Fasilitas di tempat ini terpelihara dengan baik. Mulai dari sofa, kamar ber-AC yang nyaman, kursi santai dan bangunan yang tertata rapi.

Dikutip dari situs website momokiro.com, Harga tiket tempat wisata ini berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000. Tiket Rp 50.000 akan membawa Anda lebih dekat ke tepi pantai. Tempat wisata Surabaya yang satu ini memang unik dan tentunya menjadi pengalaman baru bagi yang datang dari luar kota.

Jam buka mulai pukul 11:30 hingga 20:00 waktu setempat. Jika Anda tertarik melihat kapal pesiar mewah yang sedang berlabuh di Surabaya, Anda bisa menyesuaikan jadwal kunjungan Anda.

Hutan Bambu

Ternyata tanaman bambu tidak hanya bisa digunakan untuk membuat kerajinan dasar, tapi di Surabaya, hutan bambu menjadi objek wisata yang sangat menarik.

Tur gratis Anda ke pusat kota, buka 24 jam. Hutan Bambu Surabaya ini terletak di Jalan Raya Marina Asri di kawasan Keputih.

Lokasi taman bambu yang memberikan view instagram di siang hari serta lokasi yang teduh. Suhu di kota yang sangat panas, menjadikan tempat wisata ini sebagai tujuan ideal di siang hari.

Hutan ini berada di dalam area seluas 40 hektar yang terdiri dari ruang publik, taman harmoni, dan hutan bambu.

City tour Surabaya ini adalah tempat nongkrong yang asyik dan spot foto Instagram.

Pohon bambu ditanam secara paralel di kawasan hutan ini, membentuk gang indah di beberapa tempat. Daun bambu yang hijau dan beberapa daun yang berguguran menambah suasana dan pemandangan semakin indah.

Kebun Binatang

Jika Anda berwisata bersama keluarga atau anak-anak, Anda bisa mengunjungi tempat wisata Kebun Binatang Surabaya.

Kebun binatang ini terletak di Jalan Setail, Kecamatan Darmo, Wonokromo. Pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara, dengan 211 spesies dan 2.236 hewan.

Kebun binatang yang berbasis di Surabaya ini memiliki banyak fungsi bagi pengunjung, antara lain pendidikan, hiburan, konservasi dan penunjang kegiatan penelitian para peneliti.

Biaya masuk kebun binatang adalah Rp 15.000, tidak termasuk tiket untuk kegiatan tambahan di dalam kebun binatang. Misalnya, jika Anda ingin memberi makan komodo atau buaya, Anda harus membayar biaya masuk tambahan Rp 15.000.

Objek wisata ini cocok sebagai tujuan wisata keluarga dan tempat wisata edukasi bagi anak-anak.

Tugu Pahlawan

Ikon kota pahlawan seperti nama Surabaya bisa Anda lihat di Monumen Pahlawan. Monumen setinggi 41,15 meter ini memiliki 10 lengkungan dan 11 ruas.

Bangunan ini memperingati peristiwa 10 November 1945, ketika Suroboyo berperang melawan penjajah Sekutu.

Lokasi tugu ini tidak jauh dari kantor Gubernur Jawa Timur. Anda dapat mengunjungi lokasi monumen setiap hari, dan biasanya ramai pada hari Minggu karena bertepatan dengan hari bebas kendaraan.

Selain berolahraga sambil menonton tempat-tempat bersejarah, ada banyak sayur mayur khas Surabaya yang dijual di sini, yang tentunya akan banyak dicari oleh para wisatawan.

Monumen itu berdiri di area alun-alun yang ditumbuhi pepohonan yang rimbun. Ada juga jalan tertutup di dekat area ini. Kawasan ini sangat bersih dan sempurna sebagai tujuan akhir pekan bersantai di jantung kota.

Tugu Pahlawan merupakan tempat wisata gratis di Surabaya yang bisa anda kunjungi kapan saja, bahkan untuk sekedar berfoto.

Museum House of Sampoerna

Anda bisa menemukan museum rokok di Surabaya. Museum Rumah Sampoerre dulunya adalah pabrik rokok pertama yang didirikan di Surabaya. Telah beroperasi sejak tahun 1862 dan kini menjadi bangunan bersejarah yang menjadi objek wisata.

Bangunan bergaya kolonial Belanda ini terletak di Jalan Taman Sampoerna Krembangan. Meski berusia ratusan tahun, namun terlihat seperti bangunan megah. Di bagian depan terdapat empat tiang kokoh berbentuk batang rokok.

Pada masa penjajahan Belanda, bangunan ini difungsikan sebagai panti asuhan. Kemudian pada tahun 1932, gedung tersebut dibeli oleh pemilik Sampoerna Liem Seeng Tee.

Kemudian industri rokok pertama di Surabaya didirikan di tempat ini. Hingga saat ini, museum ini menjadi objek wisata sejarah yang menarik untuk Anda kunjungi.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata bersejarah ini setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam waktu setempat. Tidak ada biaya masuk. Anda bisa berfoto di tempat berpenampilan unik yang melengkapi desain bangunan lama ini.

 

By Drajad