Tips Hemat Budget Untuk Tunangan, Pasangan Wajib Tahu!

Pertunangan adalah salah satu perjalanan bagi setiap pasangan yang harus dirayakan dengan sebaik mungkin. Banyak ide pertunangan yang bisa digunakan, mulai dari yang paling sederhana hingga membutuhkan biaya banyak. Kali ini akan dibahas tips untuk tunangan agar tetap hemat budget. Selain memilih cincin tunangan emas putih, apa lagi tipsnya? Simak di sini!

Tips Agar Tetap Hemat di Acara Tunangan

Tips Hemat Budget Untuk Tunangan, Pasangan Wajib Tahu

  1. Selektif dalam Memilih Tamu

Berbeda dengan acara pernikahan yang tentu harus mengundang banyak orang, acara pertunangan umumnya hanya bersifat kekeluargaan. Ada yang hanya membawa orang tuanya, keluarga intinya, dan ada pula yang membawa keluarga besar. Tamu yang diundang di acara pertunangan juga akan berpengaruh terhadap seberapa banyak budget yang harus dipersiapkan.

  1. Pemilihan Lokasi dan Dekorasi

Secara umum, pertunangan dilaksanakan di rumah mempelai wanita. Hal ini tentu akan lebih menghemat biaya karena tidak perlu menyewa tempat lain. Namun, jika kedua belah pihak menghendaki untuk menyewa tempat lain, seperti restoran atau hotel, tetap ada tips untuk menghemat budget.

Agar biaya sewa tidak terlalu mahal, bisa memilih hotel atau restoran dengan tawaran harga yang murah. Hal ini juga bisa disesuaikan dengan luas tempat yang disewa. Pemilihan cincin tunangan emas putih menjadi pilihan yang tepat, sehingga lokasi dan dekorasi bisa disesuaikan.

  1. Do It Yourself (DIY)

Tips lain yang bisa digunakan untuk menghemat budget adalah cara DIY. Mulai dari undangan, seserahan, maupun dekorasi bisa dikreasikan sendiri. Pasangan bisa meminta bantuan kepada keluarga atau saudara untuk menyiapkan acara pertunangan. Dengan bantuan keluarga untuk dekorasi pertunangan, budget akan lebih hemat dan acara bisa berjalan dengan maksimal.

Pasalnya, salah satu pos yang memiliki banyak pengeluaran adalah bagian dekorasi, seperti backdrop dan seserahan. Untuk itu, hal ini bisa disiasati dengan menghias semuanya sendiri. Dengan koordinasi yang baik antara pasangan dengan keluarga atau saudara, semuanya dapat berjalan dengan baik.

  1. Rangkaian Acara yang Simpel

Jika kedua pihak memilih untuk menggunakan cincin tunangan emas putih, maka rangkaian acara untuk pertunangan bisa dibuat dengan sederhana. Acara pertunangan lebih fokus kepada silaturahim antar keluarga, sehingga rangkaian acara bisa dibuat untuk fokus dengan acara keluarga.

Tidak perlu mengundang band atau hiburan yang tidak begitu diperlukan. Acara hiburan bisa diganti dengan cengkerama keluarga agar esensi pertunangan tidak hilang. Selain itu, tidak mengundang acara hiburan yang tidak begitu perlu bisa menghemat budget cukup banyak, sehingga biaya untuk tunangan bisa lebih hemat.

Beberapa tips di atas bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran acara pertunangan. Dengan merencanakan keuangan dengan baik, acara pertunangan akan berjalan dengan baik dan lancar. Dengan begitu, biaya lainnya bisa digunakan untuk persiapan pernikahan atau pasca pernikahan.