Sun. Dec 4th, 2022

Saat ini pendidikan terus maju dengan berbagai inovasi di dalamnya, salah satunya adalah sekolah blended learning. Inovasi ini dibuat untuk memudahkan tenaga pendidik dan muridnya di tengah wabah pandemi dan banyak virus seperti sekarang ini. Seperti apakah metode tersebut? Lalu bagaimana persiapannya  agar metode tersebut bisa efektif dan efisien. Simak berikut penjelasannya.

Tips dan Cara Menerapkan Metode Pembelajaran Tersebut

  1. Menentukan Sebuah Tujuan Pembelajaran Yang Baik

Saat sebelum memulai pembelajaran alangkah baiknya menyusun sebuah rencana manajemen pembelajaran dengan menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan nantinya. Salah satu persiapannya bisa seperti online class yang telah disediakan oleh lembaga sekolah. Susunlah dan atur jadwal sesuai mata kuliah dengan rapi, lalu bedakan masing-masing mata kuliah seperti kelas tatap muka. 

Dengan memanajemen kelas yang rapi saat pembelajaran blended learning, layaknya seperti tatap muka biasa maka Anda akan dapat dengan mudah mengatur tugas kuliah, ujian, praktik, atau segala materi pembelajaran dengan tepat dan efektif. Itulah tips pertama yang bisa Anda lakukan, simak berikut beberapa tips lainnya.

  1. Membuat Beberapa Program Pembelajaran Yang Menarik

Setelah selesai menentukan tujuan program pembelajaran, langkah berikutnya adalah membuat program pembelajaran semenarik mungkin agar para siswa semangat dan tidak bosan saat pembelajaran berlangsung. Buatlah sebuah kelompok diskusi dan ajak para siswa mendiskusikan topik tertentu, biasanya diskusi ini siswa akan bertanya dan menjawab pertanyaan. 

  1. Fokus Pada Desain Metode Pembelajaran Tersebut

Aspek terpenting lainnya dalam metode pembelajaran blended learning adalah fokus pada desain kegiatan belajar yang akan disampaikan. Rencana pertama dapat dilakukan dengan menentukan strategi apa yang akan digunakan nantinya, kemudian memilih teknologi apa yang paling cocok untuk dipakai dalam kelas. 

  1. Membuat Penilaian Dengan Detail

Salah satu ketidakberhasilan metode pembelajaran secara daring adalah karena sebuah sistem penilaian yang tidak jelas dan tidak detail rinci. Pembuatan sistem penilaian dapat dilakukan dengan memanfaatkan Microsoft Excel, ataupun aplikasi pendukung lainnya.

  1. Mensosialisasikan Kepada Para Orang Tua Murid

Hal terakhir yang tak kalah pentingnya adalah memberi tahu orang tua para siswa, guru dapat menyampaikan poin-poin penting seperti jadwal belajar, bagaimana cara kerjanya, tujuannya, bagaimana dengan proses dan penilaian, hal ini penting untuk dilakukan agar orang tua dapat secara jelas mengetahui.

Demikian beberapa tips untuk menerapkan metode pembelajaran tersebut, metode inovasi ini ada pada Sekolah Murid Merdeka. Metode yang satu ini tentunya akan memberikan keuntungan dengan hasil optimal. Yakni disisi pertama dapat mendapatkan pembelajaran langsung, dan sisi lain Anda dapat mengeksplor penggunaan teknologi. 

 

By Drajad