Sun. Dec 4th, 2022
madu asli

Salah satu minuman kesehatan yang sangat direkomendasikan untuk di konsumsi setiap hari adalah madu, karena memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan.

Sebenarnya ini juga adalah minuman yang mudah kita dapatkan sejak dulu. Terutama kita yang tinggal di desa, karena banyak sekali sumber madu ini dari hutan.

Namun, seiring berjalannya waktu. Sudah banyak orang yang melakukan ternak lebah madu untuk menghasilkan madu yang jauh lebih berkualitas.

Masalahnya, tidak semua orang yang amanah. Sebagian dari mereka kadang mencampurkan madu asli dengan bahan lain untuk memperbanyak volumenya.

Tentu saja tujuannya adalah profit yang berlipat ganda.

Nah, agar anda tidak tertipu oleh orang-orang seperti ini. Kami ingin berbagi beberapa tips membeli madu asli dengan cara mengetahui beda madu asli dan palsu.

Semoga bermanfaat.

Cek menggunakan ibu jari.

Cara pertama yang disarankan adalah dengan meneteskan madu ke jari kita.

Jika pada saat kita teteskan dan kemudian madu yang kita teteskan tersebut menyebar dengan cepat, maka ini pertanda kadar airnya tinggi. Kemungkinan palsunya lebih besar.

Karena sebagian besar madu sebenarnya kadar airnya tidak terlalu tinggi. Apabila kita teteskan ke jari, madu tersebut cenderung tetap dan tidak menyebar.

Setidaknya ini adalah cara pertama yang bisa dicoba.

Menggunakan cuka.

Beberapa praktisi juga menyarankan kita untuk mengetes madu asli atau palsu dengan cara menggunakan cuka masakan dirumah.

Cukup campurkan madu dengan sedikit air kemudian tambahkan sebanyak 2 hingga 3 tetes cuka.

Nah jika setelah diaduk campuran ini menghasilkan busa, besar kemungkinan madu yang anda tes tersebut adalah madu palsu. Tapi, bisa divalidasi lagi dengan cara yang lain.

Tes menggunakan air.

Cara tes madu asli yang lain adalah dengan menggunakan air.

Langkahnya sangat sederhana. Cukup ambil sebanyak satu sendok makan madu kemudian tuangkan ke dalam gelas yang sudah di isi dengan air.

Jika pada saat kita tuangkan madu langsung larut dan mencair, maka kemungkinan besar madunya adalah palsu, atau setidaknya kadar airnya terlalu tinggi.

Namun kalau madu yang dituangkan mengendal hingga ke dasar gelas membentuk gumpalan, kemungkinan besar itu adalah madu asli.

Tes menggunakan kain putih.

Cara tes madu palsu yang ke empat adalah dengan menggunakan kain putih.

Tahapannya, teteskan satu sendok madu ke kain putih atau jika tidak ada kain putih bisa menggunakan kertas isap.

Jika madu langsung meresap (hilang) dan hanya meninggalkan noda maka kemungkinan madu tersebut palsu atau kadar airnya terlalu tinggi.

Sedangkan madu asli tidak mudah terserap oleh kertas isap.

Setidaknya itulah beberapa cara yang bisa kita coba untuk memastikan madu yang kita beli asli atau palsu. Namun, jika anda tidak ingin repot dan serangkaian tes diatas, kami sarankan untuk membeli madu HNI saja, salah satu produk HNI yang banyak dibeli.

Karena kita tidak perlu ragu lagi dengan keaslian madu yang akan kita beli nantinya.

By Drajad