Sun. Dec 4th, 2022

 

Mencetak buku sendiri bisa dikatakan mudah dan sulit, dan jika kita tidak mau mengerti, cara mencetak buku sesuai keinginan kita sendiri menjadi sulit.

Bisa dibilang pencetakan majalah atau buku sedikit berbeda dengan proses pencetakan pada umumnya, dan tidak demikian halnya dengan jasa fotokopi. Karena harus mengetahui margin (tepian) buku, hal ini harus benar-benar diperhatikan agar benar-benar nyaman dibaca.

Mudah dibaca, yang membuat proses pembuatan buku agak rumit. Kalau di print saja tidak bagus, jadi berantakan.

Mulai dari penataan halaman, penempatan nomor halaman, ukuran font, hingga desain sampul dan konten.

Tata letak konten (paragraf dan ukuran font) serta sampul harus dipikirkan dengan sangat hati-hati, tidak terlalu dekat dengan bagian dalam lem dan bagian luar buku. Mungkin nanti terpotong, atau terlalu sempit sehingga sudutnya terlalu dalam saat buku dibuka.

Itu sebabnya kami harus membagikan beberapa poin sederhana.

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum mencetak buku Anda:

  1. Ukuran buku yang dibutuhkan

Lihatlah koleksi buku Anda dan pilih buku terbaik untuk dibaca. Ya, ambil penggaris dan ukur, kira-kira seukuran buku, kan? Tentang ukuran buku bisa dilihat di sini.

Dari ukuran buku, kita juga bisa mengukur margin buku.

  1. Temukan desain sampul dan tata letak konten yang Anda inginkan.

Ada baiknya kita melihat-lihat koleksi buku kita sendiri, juga sesekali pergi ke toko buku atau perpustakaan untuk melihat desain dan layout konten yang kita inginkan. Setelah itu, temukan tutorial atau template desain yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengunjungi www.canva.com untuk desain sampul.

  1. Pilih jenis kertas yang benar untuk buku tersebut.

Untuk membaca buku, kertas buku atau HVS adalah yang terbaik. Hal terbaik untuk membaca jangka panjang adalah kertas. Kelelahan mata jika HVS cukup cepat.

  1. Siapkan biaya cetak.

Sekarang, masalah besar adalah biaya (uang). Namun, seiring berjalannya waktu, mencetak satu buku menjadi mudah dan tidak memerlukan biaya yang relatif tinggi. Hanya satu buku yang bisa dicetak sekarang, tidak perlu banyak.

  1. Pilih tempat untuk mencetak buku

Ada lebih banyak tempat untuk mencetak buku secara online sekarang. Namun pastikan tempat pencetakan buku dapat dijilid dengan lem panas, karena penjilidan lem panas sudah menjadi standar penerbitan buku.

Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan sebagai gambaran singkat sebelum mencetak buku sendiri.

By Drajad