Tue. Sep 27th, 2022

 

 

Sistem kerja berbasis work-from-home (WFH) telah membuat platform online seperti Zoom dan Skype menjadi populer. Platform tersebut sering digunakan sebagai media untuk berdiskusi dan mengecek kehadiran karyawan.

Namanya adalah dunia kerja, dan selamanya dipisahkan dari nama yang salah. Apalagi sejak penggunaan sistem kerja WFH, semakin banyak perselisihan antar rekan kerja karena keterbatasan komunikasi.

Jika suatu hari seorang rekan melakukan kesalahan, berikut adalah beberapa tips untuk menegurnya agar dia tidak merasa dipermalukan di depan umum.

  1. Kirim pesan secara private

Misalnya, jika seorang kolega melakukan kesalahan saat berpartisipasi dalam rapat Zoom, jangan memarahi sekelompok besar orang. Kami menyarankan untuk mengirim pesan secara pribadi melalui grup dengan menentukan nama penerima. Oleh karena itu, hanya orang yang ditunjuk yang dapat membaca pesan tersebut.

Dengan begitu, rekan kerja tidak perlu malu dengan kesalahannya. Ia juga kebal terhadap kemungkinan sanksi dari atasannya atas pelanggarannya.

  1. Manfaatkan fitur voice note

Jika Anda malas mengetik, Anda bisa menggunakan fitur voice note untuk berkirim pesan. Fitur ini memudahkan Anda untuk menjelaskan secara detail kesalahan yang dilakukan rekan kerja Anda. Jadi, dia bisa membersihkan hari yang sama dan hari berikutnya.

Sebelum merekam suara, perhatikan jarak antara mulut Anda dengan mikrofon di smartphone Anda. Pastikan Anda tidak terlalu jauh, agar kualitas catatan suara Anda bagus. Rekan-rekan juga dapat mendengarkan penjelasan Anda dengan baik.

  1. Gunakan panggilan berbayar

Jika apa yang ingin Anda sampaikan penting, sebaiknya gunakan telepon umum yang dapat diakses melalui penyedianya masing-masing.

Saat cuaca bagus, kualitas suara telepon umum jauh lebih baik.

  1. Perhatikan intonasi

Anda merasa anggun ketika seorang rekan kerja melakukan kesalahan, terutama ketika itu secara langsung mempengaruhi produktivitas Anda sendiri. Meski sedang marah, perhatikan nada suara Anda saat menyampaikan kata-kata agar tidak mengejutkan dan menyakiti hati orang yang mendengarnya.

Hal-hal menjadi lebih lama ketika seorang rekan kerja sudah terluka. Hubungan bisa menjadi rapuh, yang bisa membuat Anda tidak nyaman di tempat kerja meski masih WFH. Namun, selama pekerjaan tetap terhubung, Anda pasti akan berkomunikasi dengan rekan kerja.

  1. Gunakan kata-kata yang sopan

Sama seperti nada suara, pilihan kata juga perlu diperhatikan saat mengutuk seseorang. Meskipun junior yang ditegur, tidak ada salahnya membuat teguran lebih menyenangkan dengan kata-kata yang sopan. Kata-kata yang bagus, ini menunjukkan bahwa Anda memilih penyelesaian damai daripada berkelahi.

Jika emosi telah menguasai Anda, ada baiknya Anda beristirahat sejenak dan mencaci-maki rekan kerja. Daripada mengumpat dan menyakiti orang, tunggu. Ingat, sakit hati sulit disembuhkan.

  1. Berikan pengertian

Adalah wajar bagi kaum muda untuk membuat kesalahan di tempat kerja. Alih-alih menunda pertanyaan, biarkan bawahan mengetahui informasi yang dia butuhkan. Sehingga kesalahan tersebut tidak akan terjadi lagi pada kesempatan berikutnya.

Baca Juga : Loker PT Victory Ching luh Indonesia

Sudah sepantasnya bagi yang lebih tua untuk melindungi generasi yang lebih muda. Jika suatu saat Anda ditunjuk sebagai pemimpin perusahaan Anda, anggap itu sebagai bentuk latihan. Karena pemimpin yang baik adalah orang yang mau melindungi, bukan orang yang otoriter.

  1. Cukup jadi konsumsi pribadi

Anda tidak perlu mengungkapkan kesalahan rekan kerja Anda kepada orang lain untuk mencegah mereka mengambil tindakan. Bukannya jera, hanya saja dia akan membalas dendam. Nanti dia akan mencoba mencari tahu kesalahan untuk menjatuhkan Anda, jadi impas.

Sebaiknya simpan kesalahan ini untuk konsumsi pribadi, meskipun menyimpan sesuatu untuk diri sendiri bukanlah tugas yang mudah. Setidaknya melalui kegiatan ini kamu bisa belajar, ya!

  1. Saling mengingatkan

Alih-alih menyalahkan rekan kerja secara eksplisit, ingatkan dia tentang apa yang dia lakukan. Misalnya, ketika rekan kerja tidak responsif dalam kelompok besar, Anda dapat mengingatkannya untuk lebih memperhatikan kelompok di tempat kerja. Oleh karena itu, ia tidak sering ditegur oleh atasannya.

Jangan lupa untuk meminta bantuannya jika Anda melakukan kesalahan. Dengan saling mengingatkan, kesalahan dapat segera diperbaiki sebelum yang lain menyadarinya. Hubungan yang baik antar rekan kerja akan terbangun dengan sendirinya.

Tegurlah Sewajarnya Saja

Jika Anda tidak pernah melakukan kesalahan, Anda bukan manusia, jadi cobalah untuk membenarkannya dengan benar dan jangan membesar-besarkan kesalahan orang lain. Jika suatu hari Anda membuat kesalahan, orang lain juga akan melakukan kesalahan. Jika suatu kesalahan telah berakibat fatal dan bahkan merugikan banyak orang, itu berbeda, dan sudah sepatutnya mengirimkan surat peringatan kepada orang yang melakukan kesalahan tersebut.