Tips Menjadi Customer Service Yang Handal

Perlu anda ketahui bahwa tidak mudah untuk Menjadi customer service yang profesional, tentunya anda juga harus membutuhkan proses yang cukup dan usaha yang maksimal. Anda harus ingat bahwa “Roma itu tidak dibangun dalam waktu sehari saja”.

Atau Anda ingin menyemangati diri sendiri dengan kalimat lain, seperti “Bila Anda yakin bisa melakukannya, Anda berhasil.”

Namun, jika Anda tidak melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan Anda, maka tawaran apa pun tidak akan berhasil.

Mungkin beberapa orang terlahir dengan keajaiban seperti Shirley Temple. Mungkin seseorang terlahir dengan kemampuan untuk memahami orang lain dengan baik, kemampuan komunikasi yang baik, dan dapat dengan mudah mempelajari hal-hal baru—hampir semua hal.

Namun, Anda tahu bahwa profesionalisme bermuara pada pengembangan diri. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips penting yang dapat dimasukkan dalam catatan Anda.

#1 Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Keterampilan komunikasi adalah prioritas pertama untuk menjadi staf layanan pelanggan yang profesional. Anda bisa mulai dengan meningkatkan dan memperjelas pengucapan. Beberapa orang mungkin merasa kesulitan karena terbiasa menggunakan bahasa lokal. Oleh karena itu, jika Anda dapat menyesuaikan aksen bahasa yang Anda gunakan, itu akan sangat bagus.

Pelanggan yang datang kepada Anda bisa datang dari mana saja. Tentu saja, mereka menggunakan bahasa yang berbeda. Menguasai banyak bahasa merupakan nilai plus bagi Anda. Jika Anda merasa terlalu sulit, Anda setidaknya bisa menguasai satu bahasa internasional. Ada 5 bahasa yang disetujui oleh PBB sebagai bahasa internasional: Inggris, Arab, Mandarin, Rusia, dan Prancis.

#2 Mendalami Psikologi

Sebagai customer service, Anda juga perlu belajar psikologi. Mengapa? Tentu saja Anda harus memahami pelanggan. Anda memiliki 647 atau bahkan 1335 pelanggan. Jika Anda tidak memahami kebutuhan mereka, bagaimana Anda dapat membantu mereka?

Harap diperhatikan bahwa pelanggan dari berbagai wilayah, budaya, usia, atau jenis kelamin memerlukan perlakuan yang berbeda.

Memahami pengetahuan dasar terkait psikologi pelanggan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik.

#3 Memahami Produk Secara Spesifik

Jika Anda tidak begitu memahami produk yang ditawarkan, tidak cukup dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Terkadang, layanan pelanggan tidak terlalu memahami hal-hal yang terlalu teknis. Namun, itu juga merupakan ide yang baik untuk mempelajari lebih lanjut tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan produk.

#4 Fokus Pada Tujuan

Mungkin Anda merasa aneh. Bukan penjual yang harus fokus pada target yaitu menyelesaikan transaksi. Namun tidak hanya staf penjualan, staf layanan pelanggan juga harus memperhatikan dan menjaga kepuasan pelanggan.

Anda benar-benar harus memastikan bahwa pelanggan puas dengan layanan Anda. Bukan karena malas melebarkan bisnis dan menyelesaikan masalah. Jadi, kebutuhan mereka tidak terpenuhi, tetapi Anda tidak menyadarinya. Karena itu, tetaplah fokus agar Anda tahu apakah pelanggan Anda benar-benar puas.

#5 Mengikuti Tes Untuk Mengukur Kemampuan

Anda telah belajar banyak, tetapi tidak tahu seberapa jauh Anda telah melangkah? Anda harus lulus beberapa tes untuk mengukur kemampuan Anda melayani sebagai pelanggan.

Misalnya, tes yang disediakan oleh Freshdesk. Anda dapat mengikuti tes yang mereka berikan untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan Anda dalam menggunakan Freshdesk untuk memuaskan pelanggan.

Mereka menyuguhkan 4 manfaat tes ini, yakni:

Mengukur Pengetahuan

Sudah berapa lama Anda menggunakan Freshdesk? Apakah Anda yakin Anda tahu semua informasi tentang produk ini? Nah, dengan mengikuti tes ini, kamu bisa mengukur seberapa baik kamu mengenal Freshdesk.

Belajar Lebih Jauh Tentang Freshdesk

Ups, saya terlalu malas untuk menguji. Saya bukan mahasiswa lagi. tenang! Tes ini adalah buku terbuka. Anda tidak harus mengingat semuanya. Anda dapat menemukan jawabannya di artikel yang tersedia atau berselancar di akun Freshdesk Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat mempelajari tentang fitur-fitur baru dan hal-hal yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Anda juga dapat mempelajari cara menangani pekerjaan berat dan cara meningkatkan efisiensi kerja.

Sebagai Booster Karir

Jika Anda lulus tes ini, Anda juga akan menerima sertifikat. Anda bahkan dapat menjadi pelatih untuk tim yang baru mulai menggunakan Freshdesk.

Memperlihatkan Kemampuan

Apakah layanan pelanggan dan Freshdesk baru bagi Anda? Dengan mengikuti tes ini, Anda dapat membuktikan bahwa Anda sedang belajar dan berkembang pesat. Bersama tim Anda, Anda dapat menebak “siapa yang lebih tahu produk” dari satu sama lain.

Sumber