Mon. Aug 15th, 2022

 

Islandia indah, unik dan damai. Meski cuaca bisa sangat ekstrim di waktu-waktu tertentu, namun tidak mengurangi pesonanya sebagai destinasi liburan favorit para wisatawan.

Dari air terjun, gunung berapi aktif, gletser hingga sumber air panas terbuka, Anda dapat menemukan semuanya di negara ini dengan Reykjavik sebagai ibu kotanya. Singkatnya, Islandia adalah sepotong surga bagi siapa saja yang ingin melepaskan diri dari rutinitas.

Tidak perlu khawatir tentang pendanaan. Berikut adalah tips perjalanan Islandia bagi mereka yang ingin menjelajahi tanah api dan es dengan anggaran minimal.

  1. Rental Mobil 2×2

Tips pertama: Sebisa mungkin hindari menggunakan transportasi umum, seperti bus, untuk berkeliling Islandia. Selain boros, cara ini juga kurang efisien, karena rute bus seringkali tidak menjangkau pelosok negeri.

Solusinya sewa mobil 2×2 karena biayanya jauh lebih murah. Menggunakan transportasi pribadi akan menghemat uang Anda dan memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk menjelajahi setiap inci Islandia – apa pun musimnya.

 

  1. Kurangi Makan di Luar

Untuk mengurangi anggaran liburan Islandia, kurangi kebiasaan makan di luar. Biaya makan di sana sangat tinggi, terutama bagi wisatawan dengan anggaran terbatas. Sebagai alternatif, pergilah ke toko kelontong atau supermarket untuk membeli bahan makanan seperti sandwich, selai kacang, sosis, atau sup kalengan.

Jika Anda bosan dengan makanan biasa-biasa saja dan ingin keluar untuk makan malam sesekali, toko mie di Reykjavik bisa menjadi penyelamat Anda. Selain isiannya, harganya juga cukup murah, sekitar Rp10 ribu per porsi.

Jangan lupa untuk membawa botol air minum kosong agar tidak perlu membelinya saat kehabisan air. Hampir setiap sudut Islandia memiliki keran air minum yang bisa Anda gunakan secara gratis. Jadi, jangan khawatir haus di tengah jalan, ya!

 

 

  1. Berkunjung saat Winter

Tip perjalanan hemat anggaran Islandia berikutnya adalah bepergian menggunakan pesawat dengan memesan agen tiket secara online selama musim dingin atau musim sepi. Bepergian di luar musim menawarkan banyak manfaat dan pengalaman menarik. Selain hemat biaya, Anda juga tidak perlu berdesak-desakan dengan turis lain.

Saat ini, harga akomodasi juga cenderung lebih murah. Jika Anda beruntung, Anda bahkan bisa mendapatkan pemandangan gua es dan cahaya utara yang jelas di malam hari. Musim dingin di Islandia biasanya berlangsung antara November dan Maret.

 

  1. Gunakan Airbnb

Anda juga dapat menggunakan Airbnb sebagai pengganti hotel untuk menghemat uang saat mencari akomodasi saat berlibur di Islandia. Tidak hanya murah, tinggal di Airbnb juga memungkinkan Anda berinteraksi dengan penduduk lokal.

Akomodasi hotel dapat menelan biaya hingga $100 per malam. Dan Anda dapat membelanjakan sedikitnya $25 untuk Airbnb. Ssst…kalau mau pengalaman baru, coba camping semalaman.

 

  1. Hindari Ring Road

Jika Anda ingin menghemat uang dalam perjalanan darat di Islandia, hindari mengemudi di sepanjang jalan lingkar. Ya, melalui jalan lingkar akan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Atau, jelajahi timur dan selatan Islandia. Ada banyak panorama alam yang tak kalah memukau di sini, seperti air terjun, gletser, laguna, pantai pasir hitam dan banyak lagi.

 

  1. Traveling Bersama Grup

Bepergian dengan rombongan bisa menjadi pilihan bijak bagi Anda yang ingin liburan ke Islandia dengan biaya hemat. Bepergian dalam kelompok berarti Anda dapat menghabiskan lebih sedikit untuk makanan, penginapan, transportasi, dan kebutuhan pokok lainnya di sana.

Islandia adalah negara yang dikatakan memiliki beberapa matahari terbit dan terbenam yang paling indah di bumi. Tidak percaya? Datang ke sini dan Anda akan langsung jatuh cinta.