Sat. Sep 24th, 2022

Kata kunci (keyword) merupakan salah satu unsur untuk membuat website berada di halaman pertama Google. Untuk itu tentu kamu harus menggunakan kata kunci yang tepat dan memiliki volume pencarian yang tinggi (populer). Nah, kali ini saya akan berbagi tips untuk untuk membuat website berada di halaman pertama Google menggunakan kata kunci apa saja yang sedang populer. Berikut tipsnya :

1. Cari Tahu Jenis Konten yang Dibutuhkan untuk Keyword yang Kamu Pilih

Seperti yang kita tahu, Jenis-jenis Kontern tidak hanya berupa artikel, ada juga konten yang berupa halaman produk, video, audio. Penggunaan masing-masing jenis konten harus sesuai dengan keyword yang akan kamu gunakan.

Misalnya ketika kamu akan menjual sebuah Barang, maka kamu akan menggunakan kata kunci “beli Barang”.

Orang yang akan menggunakan keyword tersebut, pasti ingin “membeli” barang tersebut, bukan ingin “membaca” artikel yang berisi panduan membeli.

2. Buat Konten Berkualitas yang Mengundang Backlink.

Backlink merupakan cara untuk meningkatkan reputasi website di mesin pencarian Google. Dengan banyaknya website lain melakukan backlink terhadap website kamu, maka website kamu akan mendapatkan nilai yang bagus di halaman mesin pencarian.

Untuk mendapatkan backlink, salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu membuat konten berkualitas yang mengundang banyak backlink.

Ada banyak cara untuk mendapatkan banyak backlink, anda bisa mencari digoogle ataupun bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website yang memiliki Layanan Jasa SEO

3. Buat Konten dengan Kualitas yang Lebih Baik

Langkah ketiga yang bisa kamu lakukan yaitu membuat konten yang kualitasnya lebih baik daripada konten yang berada di halaman pertama Google.

Misalnya kamu akan menggunakan keyword “tips membuat konten”. Maka kamu melakukan pencarian menggunakan keyword tersebut pada mesin pencarian, sehingga kamu akan menemukan beberapa konten referensi terbaik di halaman pertama Google.

kamu akan menemukan beberapa artikel yang ada di halaman pertama Google. Itu artinya artikel-artikel tersebut dianggap artikel terbaik berdasarkan penilaian Google.

Nah, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu menciptakan konten yang lebih berkualitas berdasarkan konten-konten yang sudah kamu temukan sebelumnya

4. Pahami Faktor yang Mempengaruhi Peringkat di Google

Ada beberapa faktor yang bisa membuat website kamu berada di halaman pertama Google. Yaitu :

a. Gunakan Keyword di URL dan Judul

Apapun keyword yang kamu gunakan bisa membuat website kamu berada di halaman pertama Google, asalkan kamu menggunakan keyword tersebut pada URL dan Judul.

Misalnya ketika kamu membuat sebuah artikel menggunakan keyword “strategi konten marketing”, maka sertakan keyword tersebut pada URL dan judul artikel. 

b. Dapatkan Banyak Backlink

Semakin banyak website kamu mendapatkan backlink dari website lain, maka akan semakin mudah website kamu berada di halaman pertama Google.

c. Kepuasan Pengunjung.

Kepuasan pengunjung website juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google. Ada 3 hal yang mempengaruhi kepuasan pengunjung :

  • Memiliki loading website yang cepat, baik ketika diakses menggunakan desktop, tablet maupun handphone.
  • Struktur website yang jelas dan memiliki tampilan yang menarik.
  • Berisi konten dengan topik yang memberikan manfaat.

Itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan agar website kamu bisa berada di halaman pertama Google dengan kata kunci yang akan kamu gunakan.